DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 29 July 2018
Oleh: Natasha Tanga

Pentingnya Pola Makan 'Clean Eating' Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JURNAL

Banyak sekali sumber makanan yang dapat ditemukan di berbagai tempat. Khususnya di kota-kota besar, pilihan kafe serta restoran tentulah sangat banyak, dan tren makanan juga terus bergulir tanpa jeda. Akan tetapi, diantara pilihan makanan tersebut, berapa banyak yang termasuk dalam kategori makanan sehat? Tidak sering anda jumpai, bukan? Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas tentang pentingnya 'clean eating' untuk kesehatan tubuh.

Apabila anda ingin menurunkan berat badan ataupun ingin menjaga kesehatan tubuh, 'clean eating' merupakan salah satu komponen penting dari gaya hidup sehat yang tak boleh terlewatkan. Dengan tujuan untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat, tentunya 'clean eating' bukan berarti diet ketat, pola makan yang tidak realistis, ataupun membuat diri kelaparan. Sebaliknya, kebiasaan ini merupakan langkah tepat untuk memperoleh energi lebih besar, menstabilkan pikiran, serta menyehatkan tubuh dari dalam.

Lalu bagaimana 'clean eating' dilakukan? Dengan memakan makanan yang segar dan berasal dari bahan alami, bukan olahan maupun kaya pengawet. 'Clean eating' merupakan salah satu cara untuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Berikut ini beberapa manfaat melakukan 'clean eating':

1. Menjaga kesehatan peredaran darah

Beberapa resiko kesehatan yang banyak mengintai dewasa ini adalah diabetes, serangan jantung, serta stroke. Ini bukanlah hal yang mengejutkan, mengingat banyak makanan di luar sana yang terbuat dari gula, tepung terigu, serta mengandung minyak dan lemak trans.

'Clean eating' mempromosikan konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan lemak sehat. Buah dan sayuran membantu melindungi tubuh dari potensi terkena serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Vitamin C yang terkandung dalam buah dan sayur juga merawat pembuluh darah agar terhindar dari stroke dan tetap menjaga kesehatan jantung. Selain itu, lemak sehat yang terkandung dalam ikan, kacang-kacangan, dan alpukat membantu menurunkan LDL dan menaikkan kandungan HDL dalam tubuh.

2. Membantu mencegah kanker

Makanan olahan, gorengan, dan lemak jenuh adalah penyumbang utama pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Maka dari itu, 'clean eating' dapat membantu anda menghindari kanker. Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung nutrisi dari tumbuhan serta antioksidan yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker. Brokoli, kale, dan tomat banyak mengandung zat-zat tersebut dan menjadi konsumsi wajib apabila anda mengamalkan gaya hidup sehat.

3. Membantu menstabilkan tingkat energi sehari-hari

Konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi, tentu saja membantu tubuh menjadi lebih energetik dan produktif. Beberapa vitamin seperti vitamin B-kompleks dan zat besi, membantu transportasi nutrisi ke sel-sel tubuh agar mereka dapat berfungsi secara optimal.

  Mengonsumsi makanan sehat juga dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan membantu menghindari keletihan yang disebabkan ketidakseimbangan gula darah. Seringkali, hal ini terjadi akibat konsumsi karbohidrat dan gula. Maka dari itu, ingatlah juga untuk mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan dan biji-bijian untuk sarapan, agar energi anda terus terjaga hingga makan siang.

4. Membantu kesehatan mental

Tidak hanya membantu kesehatan fisik, diet makanan sehat juga akan membantu kesehatan mental anda. Nutrisi yang didapatkan dari makanan, seperti vitamin B6 membantu produksi dopamin, zat yang mempengaruhi rasa bahagia. Asam lemak Omega-3 juga penting bagi kesehatan mental, karena kekurangan zat ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan mood serta depresi.

5. Membantu istirahat malam anda

Ketika anda tidur, tubuh memperbaiki jaringan dan sel-sel yang rusak saat tubuh masih terbangun. Ketika proses ini terjadi, pikiran juga mendapatkan istirahat dan otot juga terbentuk. 'Clean eating' dapat membantu kualitas tidur malam anda agar tubuh dapat melakukan reparasi secara maksimal, sehingga membuat anda tetap sehat dan tidak cepat merasa stress.

OK
OK