DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 4 September 2020
Oleh: Natasha Tanga

Manfaat Daun Kelor Dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

BACA JURNAL

Sebagai lini utama yang melindungi tubuh dari serangan penyakit, sistem imunitas merupakan salam satu sistem tubuh yang paling krusial. Oleh karena itu, melemahnya daya tahan tubuh perlu ditangani secara serius agar tidak mudah terinfeksi virus maupun bakteri. Salah satu caranya, yakni dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan vitamin dan mineral. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan salah satu fungsi dari daun kelor, yakni manfaatnya dalam menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima.

1. Kaya vitamin dan mineral

Tanpa nutrisi yang cukup, tubuh tentu tidak dapat berfungsi seperti seharusnya, termasuk melemahnya daya tahan tubuh. Kaya akan vitamin dan mineral, daun kelor didapuk sebagai salah satu superfood yang layak dikonsumsi apabila anda sedang menjaga imunitas. Daun kelor kaya vitamin A, B kompleks, C, serta mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan zinc.

Vitamin C bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, karena fungsinya yang dapat meningkatkan produksi antibodi. Selain itu, mineral seperti zinc membantu mempercepat penyembuhan luka dan mengatur imunitas. Daun kelor memiliki kandungan zinc yang setara dengan biji-bijian, bahkan 2 kali lebih banyak. Konsumsi daun kelor juga dapat membantu mengurangi keletihan dan meningkatkan energi dalam tubuh, oleh karena kandungan zat besi serta vitamin A.

2. Kaya antioksidan

Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas serta mengurangi kerusakan sel akibat oksidasi, yang dapat berpengaruh terhadap vitalitas tubuh, berkurangnya resiko kanker, serta penyakit degeneratif lainnya.

Konsumsi makanan yang kaya antioksidan penting untuk menjaga daya tahan tubuh, sekaligus meningkatkan sel darah putih yang penting untuk melawan penyakit. Selain itu, daun kelor juga mengandung vitamin C, beta-karoten, serta quercetin, yang berperan sebagai antioksidan.

3. Sumber protein yang baik

Dalam usaha menjaga kesehatan, protein diperlukan untuk regenerasi sel, membangun otot, menjaga jaringan tubuh, serta memproduksi berbagai enzim dan hormon. Sistem imunitas juga sangat memerlukan protein, terutama strain yang membentuk protein yang disebut asam amino.

Daun kelor kaya akan asam amino; tepatnya ada 18 jenis asam amino, dimana 8 diantaranya merupakan asam amino esensial. Itulah alasan mengapa kandungan protein pada daun kelor layak dibandingkan dengan daging merah. Bagi orang-orang yang menjalani diet vegan, daun kelor dapat menjadi pilihan sumber protein yang baik.

OK
OK