DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 4 September 2020
Oleh: Natasha Tanga

7 Langkah Mudah Mengurangi Sakit Tenggorokan

BACA JURNAL

Perubahan cuaca tentunya dapat mempengaruhi kondisi tubuh, termasuk lebih rentan terhadap flu, sakit tenggorokan, dan panas dalam. Hal ini tergolong normal sebagai pertanda reaksi tubuh melawan infeksi apabila disebabkan oleh virus. Sakit tenggorokan juga dapat disebabkan oleh panas berlebih dalam tubuh, dan tentunya hal ini dapat membuat anda tidak nyaman untuk menelan makanan atau minuman. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi gejala panas dalam dan sakit tenggorokan.

1. Kurangi konsumsi makanan yang menyebabkan sakit tenggorokan

Ada banyak jenis makanan di Indonesia yang menggunakan cabai sebagai salah satu bumbu utamanya. Hal ini tentunya mempengaruhi selera orang Indonesia yang rata-rata menyukai makanan pedas, dan menjadi tambahan wajib bagi masakan yang tidak menggunakan cabai. Meski begitu, apabila digabungkan dengan cuaca panas dan konsumsi air yang tidak rutin, hal ini dapat memicu panas dalam ataupun sakit tenggorokan. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menghindari jenis makanan yang pedas saat anda tengah mengalami hal tersebut.

2. Minum air yang cukup

Cuaca Indonesia yang panas dan lembab sepanjang tahun mengharuskan anda untuk mengonsumsi air yang cukup agar tidak dehidrasi. Kebiasaan ini juga teramat penting saat anda sakit tenggorokan, karena hidrasi yang cukup dapat membantu mengurangi inflamasi. Sebaiknya juga tingkatkan konsumsi air hangat  agar lebih membantu pemulihan sakit tenggorokan.

3. Konsumsi minuman hangat

Melanjutkan poin sebelumnya, minuman hangat dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan. Hidangan seperti sup ayam hingga teh hangat dapat digunakan sebagai variasi air hangat. Konsumsi teh hangat juga dapat ditambahkan madu yang mengandung antibakteri dan dapat mempercepat penyembuhan. Selain itu, anda juga dapat menambahkan perasan lemon untuk memperkuat imunitas.

4. Berkumur dengan air garam

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam secara konsisten dapat membantu mengurangi penyebab sakit tenggorokan dan bakteri yang menyebabkan inflamasi. Larutkan setengah sendok teh garam pada air hangat, dan pastikan untuk membuang air garam tersebut setelah berkumur.

5. Hindari udara kering

Sakit tenggorokan dapat diperparah dengan keadaan udara kering. Oleh karena itu, hindari terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Indonesia termasuk negara yang memiliki cuaca panas dan lembab, oleh karena itu baik untuk menyempatkan waktu sejenak di luar ruangan. Bila benar-benar diperlukan, anda juga dapat menggunakan humidifier untuk menjaga kelembaban di dalam ruangan.

OK
OK