DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 9 May 2018
Oleh: Natasha Tanga

Pentingnya Memperhatikan Kesehatan Pencernaan

BACA JURNAL

Tahukah anda bahwa ada miliaran bakteri yang terkandung dalam tubuh, dan mayoritas terletak pada sistem pencernaan? Makanan dan minuman yang anda konsumsi akan masuk ke dalam pencernaan dan mempengaruhi level kesehatan. Maka dari itu, sangat penting untuk menyadari bahwa apa yang anda konsumsi, berpengaruh besar terhadap kesehatan anda secara jangka panjang.

Kesehatan pencernaan sangatlah penting bagi kelangsungan fungsi vital tubuh, seperti penyerapan vitamin dan mineral dari makanan, regulasi hormon, respons imun/daya tahan tubuh, kemampuan membuang racun dari tubuh, dan tidak terkecuali kesehatan otak.

Pada jurnal Herbana minggu ini, kami akan membahas tentang pentingnya menjaga dan memiliki pencernaan yang sehat untuk kesehatan tubuh.

1. Kesehatan pencernaan mempengaruhi kinerja otak dan kesehatan mental

Pernahkah anda berpikir, mengapa orang-orang mendapatkan rasa menggelitik di dalam perut mereka ketika merasa gugup? Hal tersebut terjadi karena adanya korelasi mayor antara otak dan sistem pencernaan manusia. 

Dengan maraknya gaya hidup yang kurang sehat, terutama pada kalangan urban, tentunya banyak hal yang dapat memperburuk kesehatan pencernaan. Namun, penting diperhatikan bahwa bukan hanya kesehatan pencernaan saja yang terancam, namun kesehatan otak dan mental jugalah teramat beresiko.

Lalu apakah cara yang efektif untuk menjaga kesehatan otak melalui sistem pencernaan? Tentu saja dengan mengonsumsi makanan bergizi agar otak bekerja dengan lebih baik. Bakteri baik yang terdapat dalam sistem pencernaan ditemukan dapat membantu memperbaiki dan menjaga kesehatan otak seiring berjalannya waktu.

2. Kesehatan pencernaan mempengaruhi kekebalan tubuh

Sistem pencernaan merupakan pertahanan utama tubuh untuk melawan bakteri yang menyebabkan penyakit. Selain itu juga berrfungsi sebagai tempat penyerapan vitamin dan mineral dan menyimpan bakteri baik. Oleh karena itu, korelasi antara pencernaan dan daya tahan tubuh penting untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit serta memelihara organ internal.

Meski begitu, pengobatan serta pilihan makanan yang kurang bergizi memiliki pengaruh yang kurang baik bagi daya tahan tubuh. Probiotik dapat menjadi jawaban untuk memperbaiki sistem pencernaan. Kandungan bakteri baik dalam probiotik juga dapat memperbaiki fungsi imunitas tubuh.

Apa yang sebaiknya anda lakukan untuk memperbaiki kesehatan pencernaan?

1. Atur makanan yang anda konsumsi

Nutrisi yang anda dapatkan dari makanan memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh, terutama bagi organ pencernaan. Makanan tinggi serat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena perannya yang penting bagi pencernaan. Pilihan bijak anda terhadap makanan akan berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.

2. Minumlah banyak air

Hal yang paling sederhana dan efektif untuk memperbaiki kesehatan pencernaan adalah dengan meminum banyak air. Sistem pencernaan adalah satu lorong panjang dimana makanan akan dicerna, oleh karena itu, merupakan masukan logis untuk menjaganya tetap terhidrasi dengan baik. Namun, penting diingat untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung gula karena akan mempengaruhi kelangsungan bakteri baik di dalam pencernaan.

3. Perbanyak konsumsi makanan berprobiotik

Makanan yang memiliki kandungan probiotik akan membantu menambah jumlah bakteri baik yang terdapat pada sistem pencernaan. Jika anda kurang suka makanan asam, anda tidak diharuskan untuk mengonsumsi yogurt, makanan fermentasi maupun sumber probiotik lainnya setiap hari. Namun, mengonsumsinya sesekali secara rutin tentu akan memberi pengaruh positif bagi pencernaan anda.

4. Konsumsilah suplemen yang baik bagi kesehatan pencernaan

Jahe diketahui sebagai salah satu tumbuhan yang dapat mengurangi gangguan gastrik dan dapat membantu pencernaan makanan dalam perut. Selain itu, jahe juga menjaga agar makanan tidak kembali masuk ke dalam saluran gastrointestinal dan menyebabkan acid reflux. Dengan mengonsumsi suplemen Relief Sari Jahe Merah dari Herbana, anda dapat mendapatkan manfaat tersebut dan menjaga sistem pencernaan anda secara alami.

5. Beristirahat cukup

Meregulasi kebiasaan tidur anda sangat penting bagi kesehatan tubuh, tidak terkecuali bagi kesehatan pencernaan. Usahakanlah untuk tidur selama minimal 7 jam setiap hari tanpa cahaya maupun gangguan lainnya, agar anda tubuh dapat beristirahat dan dapat meregenerasi sel-sel tubuh dengan optimal.

OK
OK