DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 15 May 2018
Oleh: Natasha Tanga

8 Langkah Untuk Menyiapkan Diri Sebelum Berpuasa

BACA JURNAL

Tidak terasa bulan suci Ramadhan telah di depan mata. Penting bagi umat Muslim untuk mempersiapkan diri secara rohani maupun fisik untuk menghadapi bulan puasa. Pada jurnal Herbana minggu ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk mempersiapkan diri secara fisik untuk melancarkan kegiatan berpuasa anda!

1. Aturlah waktu tidur anda

Langkah ini merupakan salah satu permulaan penting yang seringkali dianggap enteng. Usahakan untuk tidak tidur terlalu malam karena keesokan paginya, anda harus bangun untuk makan Sahur. Jika waktu Sahur terlewatkan karena anda tidak bisa bangun, tentunya hal ini akan membuat anda tidak memiliki energi untuk beraktifitas keesokan harinya dan beresiko dapat membatalkan puasa.

2. Rencanakan menu sahur & berbuka

Mempersiapkan menu untuk sahur dan berbuka setiap minggunya dan rincilah setiap bahan-bahan yang anda perlukan. Kebiasaan ini akan sangat berguna bagi anda agar tidak bingung memilih menu untuk disantap setiap harinya dan juga berpengaruh terhadap gizi makanan yang anda dapatkan.

3. Biasakan diri untuk sarapan awal di pagi hari

Jika anda memiliki kebiasaan untuk melewati makan pagi, maka poin ini tertuju pada anda. Biasakan diri untuk bangun pagi dan makan Sahur agar puasa anda tetap lancar dan tetap mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas. Awali Sahur dengan buah-buahan, karena serat dapat membantu melancarkan proses pencernaan anda selama berpuasa.

4. Perhatikan makanan yang anda konsumsi

Seperti hari-hari lainnya, tubuh membutuhkan nutrisi untuk berfungsi seperti seharusnya. Terlebih selama bulan puasa, tubuh akan menyimpan energi dari makanan yang disantap agar anda dapat beraktifitas. Oleh karena itu, konsumsilah sumber protein dan kalsium seperti daging, susu, yogurt, dan telur. Selain itu, serat dari sayur dan buah-buahan juga sangat diperlukan agar kesehatan pencernaan anda tetap terjaga.

Cemilan setelah buka puasa tentu saja diperbolehkan, selama tidak berminyak maupun berlemak, karena memiliki efek yang kurang baik bagi pencernaan setelah seharian berpuasa. Konsumsilah makanan seperti kurma, buah-buahan kering maupun kacang-kacangan untuk menambah energi sekaligus memberikan nutrisi tambahan bagi tubuh. Selain itu, makanan pedas dan terlalu asin tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat Sahur karena dapat membuat anda dehidrasi.

5. Hindari makan berlebih

Berlawanan dengan kepercayaan pada umumnya, makan berlebihan sebelum dan saat bulan puasa hanya akan meningkatkan nafsu makan dan mempersulit kemampuan untuk berpuasa. Makanlah 3 kali sehari dan hindari cemilan diantara makan berat untuk mempermudah transisi saat bulan puasa.

Selain itu, meskipun lapar, ingatkan diri untuk makan perlahan agar perut dapat mencerna makanan dengan mudah. Membutuhkan waktu kira-kira 15-20 menit untuk memberi sinyal kenyang ke otak.

6. Minumlah air secara rutin untuk menghindari dehidrasi

Melanjutkan poin ke-4 di atas, sadarilah bahwa anda akan menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam setiap hari selama 1 bulan. Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya konsumsilah 2 liter atau 8-10 gelas air per harinya.

Untuk menghindari dehidrasi selama Ramadhan, mulailah mengurangi konsumsi kafein dan menggantinya dengan teh herbal.

7. Ubahlah pola olahraga anda

Olahraga yang tidak terlalu menitikberatkan kekuatan fisik cocok dilakukan selama bulan Ramadhan agar tingkat energi anda tetap terjaga. Selain itu, olahraga juga menjaga kecepatan metabolisme selama puasa agar tubuh tetap membakar kalori secara normal. Beberapa pilihan olahraga selama bulan puasa diantaranya, berjalan kaki sebelum buka puasa, berenang, yoga dan senam di pagi hari.

8. Jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen

Agar tubuh tetap sehat selama bulan Ramadhan, sebaiknya anda tetap selalu mengonsumsi makanan sehat yang dibarengi dengan suplemen. Dengan cara ini, tubuh anda akan tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan. Untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh anda di bulan suci ini, konsumsilah Relief Sari Herbana Jinten Hitam yang dibuat dari ekstrak alami, untuk melindungi anda dari serangan penyakit. 

Relief Sari Jinten Hitam

OK
OK