DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 12 August 2019
Oleh: Natasha Tanga

8 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

BACA JURNAL

Moringa, atau yang dikenal sebagai Daun Kelor di Indonesia, merupakan salah satu varian terbaru Relief Sari dari Herbana yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dimulai dari memelihara kesehatan kulit hingga menjaga fungsi pencernaan dan hati, ekstrak tumbuhan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa alasan mengapa anda selayaknya mengonsumsi ekstrak tumbuhan ini setiap hari.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun kelor merupakan tumbuhan yang kaya akan vitamin A, B, C & E, serta mineral seperti kalsium, potassium, dan zat besi, yang dapat membantu anda agar terhindar dari berbagai serangan penyakit. Mengonsumsi ekstrak daun kelor setiap hari tentunya dapat membantu anda memiliki pertahanan tubuh yang lebih optimal.

2. Membantu menyeimbangkan kestabilan gula darah

Tingkat gula darah yang stabil dapat menyeimbangkan asupan energi yang anda gunakan sepanjang hari, membuat mood anda stabil, serta mengurangi keinginan makan makanan manis. Hal ini tentunya juga dapat mengurangi resiko diabetes. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kestabilan gula darah dengan mengonsumsi makanan yang rendah gula dan tidak mengalami pemrosesan berlebih. Riset juga menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu anda menyeimbangkan kadar gula darah dan membantu mencegah diabetes tipe 2.

3. Membantu mengurangi inflamasi

Daun kelor memiliki banyak kandungan anti-inflamasi yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit kardiovaskuler lainnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan vitamin C dan E dalam daun kelor dapat membantu mengatasi stress oksidatif, sedangkan komponen bioaktif yang terkandung di dalamnya membantu mencegah perkembangan penyakit kronis dalam tubuh.

4. Memelihara kesehatan dan keremajaan kulit

Kandungan antibakterial dan antimikrobial yang digabungkan dengan kandungan antioksidan serta anti-inflamasi yang tinggi membuat daun kelor menjadi salah satu tumbuhan yang efektif dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit. Antioksidan dalam daun kelor dapat membantu memperbaiki, melindungi, serta mencegah kerusakan sel, sehingga dapat meminimalisir penuaan pada kulit. Selain itu, kandungan anti-inflamasinya juga dapat mengatasi stress oksidatif pada kulit dan mencegah kerusakan dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit kering, garis halus, kerutan, serta tanda penuaan pada wajah.

5. Meningkatkan kerja pencernaan

Berkat kandungan anti-inflamasi yang tinggi, daun kelor memiliki kemampuan untuk mengurangi gangguan pencernaan seperti rasa kembung, gas, serta sembelit. Kandungan anti-oksidan lainnya juga dapat meningkatkan bakteri baik serta mengurangi bakteri jahat dalam saluran pencernaan agar makanan dapat diserap secara optimal dalam tubuh.

6. Melindungi kerja hati  

Salah satu organ yang penting bagi kesehatan sistem tubuh adalah hati, dimana lemak, fruktosa diolah dan dicerna, serta sebagai filter dari racun dan toksin yang terdapat dalam tubuh. Oleh karena itu, hati sangat rentan terhadap inflamasi. Mengonsumsi ekstrak daun kelor dapat membantu mencegah hal ini, khususnya mengurangi kandungan toksin dalam tubuh dan stress oksidatif.

7. Membantu mengurangi stress

Daun kelor merupakan salah satu adaptogen alami yang dapat menghindarkan tubuh dari efek buruk stress. Digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Cina dan Ayurveda, daun kelor dapat membantu mengurangi kadar stress, meningkatkan konsentrasi dan atensi, serta mengurangi rasa letih pada tubuh. Riset menunjukkan bahwa adaptogen alami seperti daun kelor tidak hanya dapat membantu mengurangi stress, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan dan performa tubuh secara keseluruhan.

8. Meningkatkan produksi ASI

Beberapa studi menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Diperkaya dengan vitamin, asam amino, dan zat besi, daun kelor aman dikonsumsi bagi ibu hamil maupun menyusui. Akan tetapi, konsumsi daun kelor yang berlebih tidak diperkenankan bagi wanita yang hendak hamil karena kandungan dalam daun kelor dapat membuat upaya mengandung cukup sulit.

OK
OK