DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 5 August 2019
Oleh: Natasha Tanga

5 Cara Alami Untuk Mengatasi Konstipasi

BACA JURNAL

Sistem pencernaan yang lancar seringkali menjadi tolak ukur kesehatan secara keseluruhan. Akan tetapi, bagaimanakah jika kesehatan pencernaan tidak sebaik yang anda inginkan? Konstipasi, atau yang dikenal dengan sembelit merupakan masalah yang umum ditemui pada banyak orang dan seringkali menjadi tanda bahwa anda mengalami dehidrasi ataupun kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa kebiasaan yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya sembelit.

1. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Langkah pertama yang dapat anda capai untuk mencegah sembelit ialah dengan meningkatkan konsumsi serat. Serat dapat memperbaiki pergerakan usus besar dan memastikan sistem pembuangan yang lancar. Ada 2 jenis serat yang penting bagi kesehatan, yaitu serat larut air dan serat tidak larut air. Kedua jenis serat ini sama pentingnya bagi kesehatan dan sebaiknya dikonsumsi setiap hari untuk mencegah terjadinya sembelit. Serat larut air banyak ditemukan dalam oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan. Sedangkan serat tidak larut air dapat ditemukan pada gandum, biji-bijian, serta sayuran. Apabila anda belum terbiasa mengonsumsi serat setiap hari, biasakan untuk melakukan penambahan serat secara bertahap agar anda tidak merasa kembung. Jangan lupa juga untuk meminum banyak air agar serat dapat bekerja dengan baik.

2. Minum banyak air

Seperti telah disebutkan secara singkat pada poin sebelumnya, kurang minum air juga dapat menyebabkan dehidrasi yang menjadi akar permasalahan dari sembelit. Air dapat membuat konsistensi feses menjadi lebih lunak dan lebih mudah untuk bergerak dalam usus besar. Oleh karena itu, pastikan untuk meminum setidaknya 2 liter air dalam sehari. Anda juga dapat meminum air kelapa, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, serta sup.

3. Mengonsumsi makanan kaya probiotik

Jumlah bakteri baik yang ada dalam sistem pencernaan menandakan seberapa bagus kesehatan pencernaan anda. Bakteri-bakteri ini dapat melawan bakteri jahat yang ada dalam pencernaan, melindungi dinding pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu proses pembuatan Vitamin K.

Ketidakseimbangan bakteri yang ada dalam pencernaan juga menjadi salah satu penyebab sembelit. Oleh karena itu, konsumsilah makanan berprobiotik, seperti yogurt, acar, dan kimchi, yang berguna untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Perbanyak konsumsi kafein

Sebuah studi menunjukkan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu pergerakan otot pada saluran pencernaan dan melancarkannya. Hal tersebut dapat menjadi salah satu alasan mengapa anda merasa ingin ke toilet setelah meminum kopi di pagi hari. Selain itu, kopi juga memiliki sedikit kandungan serat larut air yang dapat mencegah konstipasi. Meski begitu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air putih setelah meminum kopi agar anda tidak dehidrasi.

5. Mengonsumsi suplemen alami

Suplemen alami dapat menjadi pilihan utama anda untuk memelihara fungsi tubuh, karena bahan-bahannya yang terbuat dari tumbuhan dan memiliki efek samping yang minimal. Beberapa suplemen yang dapat anda konsumsi, yakni Relief Sari Jahe Merah dan Relief Sari Kunyit dari Herbana. Dibuat dari ekstrak tumbuhan alami, suplemen ini merupakan solusi tepat untuk memelihara kesehatan pencernaan secara menyeluruh.

OK
OK