DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 29 July 2019
Oleh: Natasha Tanga

7 Alasan Mengapa Bangun Pagi Bermanfaat Bagi Kesehatan

BACA JURNAL

Bagi kebanyakan orang, bangun pagi merupakan suatu kebiasaan yang wajib dilakukan setiap hari untuk mempersiapkan diri sebelum beraktifitas. Namun, tahukah anda bahwa bangun pagi juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan? Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa manfaat yang dapat anda peroleh ketika mengamalkan kebiasaan bangun di pagi hari.

1. Memiliki energi lebih untuk memulai aktivitas

Perlu diketahui bahwa bangun pagi erat kaitannya dengan tidur malam yang tidak terlalu larut. Apabila anda ingin merasa segar saat bangun pagi, maka hal ini sepatutnya anda lakukan. Jika anda bangun pagi, tetapi juga tidur larut malam, tak ayal anda akan merasa cepat lelah keesokan harinya. Selain itu, anda juga dapat mengalami gangguan emosional dan nafsu makan yang lebih besar untuk mencukupi tingkat energi yang rendah. Oleh karena itu, tidurlah setidaknya selama 7 hingga 8 jam sehari agar fungsi tubuh seperti metabolisme dan regenerasi sel-sel tidak terganggu dan tingkat energi anda selalu terbarukan.

2. Meningkatkan fungsi kerja otak

Beberapa riset telah menunjukkan bahwa kebiasaan tidur lebih awal dan bangun lebih awal dapat membantu meningkatkan kerja otak. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis serta pemecahan masalah. Selain itu, orang-orang yang memiliki kebiasaan bangun lebih awal juga memiliki daya ingat dan konsentrasi yang lebih tinggi, membuat mereka jauh lebih produktif ketika belajar maupun bekerja.

3. Meningkatkan produktivitas

Apabila anda seseorang yang memiliki kebiasaan bangun lebih awal, anda tetntunya memiliki waktu ekstra untuk melakukan hal-hal yang diperlukan di pagi hari. Hal ini tentunya membuat anda lebih produktif dan terhindar dari gangguan, dikarenakan kondisi lingkungan yang cenderung tidak ramai. Selain itu, anda juga dapat menyusun rencana harian dan menentukan gol-gol apa saja yang akan anda capai pada hari tersebut. Kebiasaan ini tentunya akan membuat anda lebih fokus dalam mengerjakan pekerjaan harian dan lebih efektif dalam menggunakan waktu anda untuk bekerja.

4. Menurunkan tingkat stress

Bangun lebih awal dapat memberikan anda waktu tenang yang sulit didapatkan sepanjang hari. Riset menunjukkan bahwa keadaan hening dan tenang dapat memberi manfaat positif bagi otak karena dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam otak, menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko migrain, serta membantu meningkatkan kesehatan mental.

Selain itu, dengan bangun lebih awal anda memiliki waktu tambahan untuk menghindari macet ataupun keramaian yang terjadi di pagi hari. Ini tentunya dapat mengurangi stress yang anda alami, membuat anda lebih rileks dan dapat memfokuskan diri kepada pekerjaan dan hal-hal penting lainnya.

5. Menyediakan waktu untuk sarapan

Penting adanya bagi anda untuk memulai hari dengan mengonsumsi sarapan yang bergizi seimbang agar kebutuhan energi anda terpenuhi. Oleh karena itu, bangun lebih awal membuat anda memiliki waktu lebih untuk menyiapkan sarapan yang lebih sehat dan dapat memberikan anda energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Selain itu, mengonsumsi sarapan setiap hari juga memberikan anda manfaat kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi resiko diabetes dan penyakit kardiovaskuler lainnya, mengurangi resiko obesitas, serta memperbaiki keadaan emosi.

6. Menyediakan waktu untuk berolahraga

Pagi hari merupakan waktu yang ditengarai paling tepat untuk melakukan olahraga. Oleh karena itu, bangunlah lebih awal agar anda dapat melakukan olahraga sebelum beraktivitas dan tingkatkan energi tubuh untuk menghadapi hari. 

7. Membuat anda terhindar dari berbagai penyakit

Banyak penyakit yang disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang kurang bijaksana, termasuk kebiasaan tidur larut malam dan bangun menjelang siang hari. Ketika anda memperbaiki kebiasaan tersebut, maka kesehatan anda akan meningkat, termasuk kemampuan untuk meregulasi produksi hormon dalam tubuh. Oleh karena itu, biasakan untuk bangun pagi agar fungsi tubuh anda normal dan selalu terjaga dengan baik setiap saat.

OK
OK