DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 6 December 2019
Oleh: Natasha Tanga

7 Langkah Mudah Untuk Melindungi Kulit Anda dari Polusi

BACA JURNAL

Hidup di kota besar meningkatkan kecenderungan para penduduknya terekspos pada polutan yang tersebar di udara. Padahal, polutan tersebut dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan, termasuk pada kulit. Partikel mikroskopis seperti debu dan asap yang disebut radikal bebas, dapat menembus lapisan kulit dan merusak sel-sel kulit melalui oksidasi. Hal ini dapat menyebabkan kulit kering, hiperpigmentasi, inflamasi, serta menurunkan kadar kolagen pada kulit dan mempercepat penuaan, terutama apabila dibarengi dengan paparan sinar UVA dan UVB dari matahari. Oleh karena itu, usaha melindungi kulit tentunya sangat penting untuk mencegah hal-hal ini. Pada jurnal minggu ini, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat anda praktekkan untuk melindungi kulit dari polusi.

1. Menggunakan lapisan proteksi

Melakukan rutinitas skincare yang cocok bagi kulit dan gaya hidup anda tentunya penting untuk memberikan lapisan proteksi bagi kulit anda. Menggunakan tabir surya, misalnya, dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Selain itu, tabir surya juga dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegahnya terserap ke dalam kulit.

Apabila anda seorang individu yang sering menggunakan makeup, cobalah untuk menggunakan setting spray yang dapat mempertahankan tata rias wajah sekaligus melindungi kulit dari polutan. Dream Setter dari Studio Tropik diformulasikan dengan ekstrak Marrubium vulgare yang dikenal dapat mencegah debu, asap, dan partikel lainnya meresap ke dalam kulit. Selain itu, teknologi micro-mist nya juga dapat membuat riasan wajah awet hingga 16 jam.

2. Rajin membersihkan kulit wajah

Membersihkan wajah anda secara menyeluruh setiap hari sangat penting untuk menghilangkan sisa-sisa riasan wajah, minyak, debu, serta kotoran yang menempel pada kulit. Beberapa orang bahkan melakukan double cleansing untuk saat mencuci muka. Kebiasaan ini sebaiknya dilakukan untuk mengurangi residu polutan dan kotoran lain yang dapat berpengaruh kurang baik bagi kesehatan kulit.

3. Eksfoliasi kulit wajah

Apabila tidak dibersihkan secara rutin dan menyeluruh, polusi dan debu dapat menumpuk pada kulit wajah dan menyebabkan inflamasi. Oleh karena itu, membersihkan wajah di pagi hari dan malam hari setelah anda beraktifitas wajib dilakukan untuk mencegah terbentuknya jerawat dan menjaga keindahan kulit. Selain itu, langkah eksfoliasi juga penting dilakukan untuk membersihkan pori-pori wajah, menghindari kesan kusam dan pengaruh polusi lainnya.

4. Gunakan pelembab

Jika jenis kulit anda kering, berminyak, maupun kombinasi, menggunakan pelembab wajah tentunya perlu dilakukan agar kulit wajah tetap lembab dan terhidrasi dengan baik, serta memberikan perlindungan ekstra pada permukaan kulit wajah dari polutan. Beberapa produk pelembab bahkan mengandung antioksidan yang dapat melawan inflamasi yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Minum air putih yang cukup

Apabila pelembab bekerja sebagai hidrasi eksternal bagi kulit, hidrasi internal yang diperoleh dari dalam tubuh juga tak kalah pentingnya. Minumlah setidaknya 2 liter air putih setiap harinya untuk membantu membuang racun dari dalam tubuh sekaligus menjaga kesehatan kulit dan fungsi organ lainnya. Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan agar dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral setiap harinya dan kesehatan kulit tetap terjaga.

6. Konsumsi makanan kaya antioksidan

Antioksidan yang dapat ditemukan pada makanan seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengurangi efek dari radikal bebas dan membantu memperbaiki tampilan kulit dari dalam. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi diet seimbang dengan buah-buahan dan sayuran setiap harinya. Selain itu, antioksidan juga dapat ditemukan pada beberapa produk kecantikan, seperti pembersih wajah, pelembab, maupun serum yang mengandung teh hijau dan vitamin C dan E, dapat membantu melindungi kulit dari pengaruh radikal bebas.

7. Konsumsi suplemen untuk kulit

Seperti telah disebutkan pada poin sebelumnya, mengonsumsi antioksidan dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Antioksidan juga dapat dikonsumsi melalui suplemen alami seperti Relief Sari Kulit Manggis dari Herbana, yang dapat membantu mengurangi inflamasi di dalam tubuh. Kandungan antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasinya juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan kulit dari dalam.

OK
OK