DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 29 November 2019
Oleh: Natasha Tanga

5 Tips Agar Anda Siap Menghadapi Rutinitas Pergi Kerja di Pagi Hari

BACA JURNAL

Berangkat kerja merupakan salah satu rutinitas yang dihadapi sehari-hari, terutama bagi anda yang harus pergi ke kantor setiap paginya. Meski begitu, apabila anda tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, rutinitas pergi kerja bisa menjadi merepotkan apabila tidak direncanakan dengan baik. Contohnya, rentang waktu yang sempit dan kondisi jalan yang tidak bisa diprediksi dapat menjadi halangan untuk anda sampai kantor tepat waktu. Oleh karena itu,  pada jurnal minggu ini, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat anda lakukan agar rutinitas anda di pagi hari semakin membaik.

1. Peroleh tidur yang cukup di malam hari

Kebanyakan orang berusaha untuk bangun sepagi mungkin dan mengurangi waktu yang harusnya digunakan untuk beristirahat demi berangkat lebih awal. Meski begitu, sebenarnya kebiasaan ini kurang baik bagi kesehatan dan dapat mengganggu performa kerja, bahkan menimbulkan kecelakaan apabila anda menyetir dalam keadaan mengantuk. Oleh karena itu, tidurlah lebih awal agar anda bisa memperoleh waktu setidaknya 7 hingga 8 jam untuk tidur di malam hari. Kurangi juga penggunaan gawai atau kegiatan menonton TV sebelum tidur agar anda bisa beristirahat lebih baik.

2. Bangun lebih pagi

Apabila anda termasuk orang-orang yang tidak suka melakukan kegiatan dengan terburu-buru, anda bisa bangun lebih pagi agar mendapatkan lebih banyak waktu untuk bersiap-siap sebelum pergi kerja. Ketika anda memiliki banyak waktu, faktor lain seperti kemacetan dan penumpukan penumpang di kendaraan umum dapat diatasi lebih baik. Oleh karena itu, berangkatlah lebih pagi agar anda dapat mengurangi tingkat stress yang disebabkan oleh tekanan waktu dan keramaian.

3. Biasakan makan pagi sebelum pergi kerja

Ketika anda memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan diri di pagi hari, hal ini juga memampukan anda untuk sarapan sebelum berangkat kerja. Sarapan adalah hal yang penting agar anda merasa nyaman dan bertenaga saat berangkat kerja dan dapat berkonsentrasi lebih baik pada pekerjaan tanpa gangguan rasa lapar. Konsumsilah makanan kaya protein saat sarapan agar anda merasa kenyang hingga waktu makan siang.

4. Bersantai di perjalanan

Salah satu keuntungan menggunakan transportasi umum untuk pergi kerja adalah mendapatkan waktu lebih untuk bersantai. Waktu ini dapat anda pergunakan untuk menenangkan diri dan mempersiapkan pikiran sebelum menghadapi pekerjaan di kantor. Selain itu, jangan lupa untuk membawa air untuk dikonsumsi selama perjalanan agar anda tidak dehidrasi akibat cuaca panas.

5. Gunakan waktu perjalanan untuk melakukan kegiatan produktif

Apabila anda menggunakan transportasi umum, anda juga dapat mempergunakan waktu kosong di perjalanan untuk melakukan hal-hal yang produktif. Misalnya saja, membaca buku, menonton video, mempelajari hal-hal baru, maupun bercengkrama dengan penumpang lain. Menemukan hal-hal positif yang dapat anda lakukan untuk menghabiskan waktu dapat membantu anda untuk lebih menikmati waktu berangkat kerja.

Apabila anda menyetir sendiri, tenangkan pikiran dengan mendengarkan musik ataupun radio. Kegiatan tersebut tidak terlalu mengganggu konsentrasi berkendara dibandingkan dengan berbicara di telepon maupun menggunakan gawai untuk chatting dan mengecek media sosial. Riset menunjukkan bahwa pengemudi yang memakai gawai saat berkendara memiliki resiko empat kali lebih tinggi untuk mengalami kecelakaan lalu lintas.

OK
OK