DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 3 June 2019
Oleh: Natasha Tanga

7 Tips untuk Bekerja Lebih Efektif Setelah Kembali dari Liburan

BACA JURNAL

Saat liburan berakhir, tentunya anda kembali dihadapkan dengan tumpukan pekerjaan yang tengah menunggu untuk diselesaikan. Akan menjadi sulit untuk menumbuhkan rasa semangat itu kembali apabila anda tidak menyiapkan diri. Oleh karena itu, pada jurnal minggu ini kami akan memberikan beberapa tips yang dapat anda terapkan agar dapat menyelesaikan pekerjaan setelah liburan dengan semangat yang terbaharui.

1. Urutkan to-do-list anda

Setelah meninggalkan pekerjaan dalam waktu yang cukup lama, kemungkinan akan sulit untuk kembali memfokuskan pikiran dan kembali bekerja seperti sediakala. Oleh karena itu, buat skala prioritas pada to-do-list anda untuk menentukan mana pekerjaan yang penting untuk segera dikerjakan hari ini, maupun yang dapat menunggu hingga minggu depan. Setelah itu, anda dapat kemudian membereskan inbox email dan merapihkan dokumen dan kertas-kertas yang mungkin berserakan di meja anda. Hal ini tentunya dapat membantu anda bekerja lebih efisien dan mengatur waktu sedemikian rupa agar tidak terbuang sia-sia.

2. Atur waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan

Meskipun anda memiliki kebiasaan sering menunda pekerjaan, sebaiknya hindari hal tersebut ketika anda sedang mengejar waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Aturlah kuota waktu setiap pekerjaan anda agar dapat terselesaikan tepat waktu dan sesuai target, jika perlu, pasanglah alarm agar anda dapat menghitung waktu yang digunakan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan. Dengan memberikan diri anda tantangan seperti ini, waktu anda akan lebih terorganisir dan menjadi lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan lain yang tersisa sebelum akhirnya bisa bersantai. 

3. Jangan lupa untuk beristirahat di antara waktu bekerja

Meskipun anda telah membuat perkiraan untuk menyelesaikan sekian banyak pekerjaan, waktu istirahat tetap diperlukan agar anda tidak merasa kelelahan. Oleh karena itu, beristirahatlah 10-15 menit setelah menyelesaikan setiap pekerjaan sebelum melakukan pekerjaan selanjutnya. Selain itu, dengan mengatur skala prioritas pada to-do-list, anda juga dapat merencanakan bagaimana anda dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang memakan waktu banyak dan mengaturnya sedemikian rupa agar dapat diselesaikan dengan cara dicicil.

4. Hindari kebiasaan multitasking

Meskipun anda berpikir bahwa anda dapat mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus, hal ini kurang baik untuk dijadikan sebuah kebiasaan karena dapat mengurangi tingkat konsentrasi anda. Oleh karena itu, fokus untuk menyelesaikan satu demi satu pekerjaan anda. Selain itu, anda juga bisa mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah sebelum mengerjakan yang lebih besar agar tidak merasa terlalu terbebani.

5. Hindari melakukan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan

Menghabiskan waktu melihat profil media sosial tentunya telah menjadi kebiasaan hampir setiap orang. Namun, sadarkah anda berapa banyak waktu yang terbuang akibat kebiasaan tersebut? Anda dapat menggunakan waktu tersebut dengan lebih baik, tentunya untuk mengerjakan pekerjaan yang tengah menumpuk. Ingatlah, waktu liburan telah berakhir, dan sudah saatnya anda kembali ke dalam rutinitas dan mengerjakan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab anda.

6. Jangan memaksakan diri untuk lembur

Pernahkah anda berpikir untuk lembur agar dapat menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk? Sejujurnya, hal itu belum tentu diperlukan. Dengan manajemen waktu yang bijaksana, seperti telah disebutkan pada beberapa poin sebelumnya, anda tidak harus tetap tinggal di kantor dan mengambil waktu bekerja lebih lama. Malah, tendensi ini dapat menjadi bumerang bagi produktivitas anda pada keesokan harinya, karena anda akan merasa bosan dan kelelahan setelah seharian berada di kantor dan bekerja non-stop.

7. Rencanakan kegiatan yang menyenangkan sepulang kantor

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan diri anda reward setelah seharian bekerja. Misalnya, aturlah rencana makan malam bersama teman-teman anda, maupun maraton film seri yang anda sukai. Hal-hal kecil seperti ini dapat membuat sebuah keseimbangan dalam work-life balance anda, oleh karena itu pakailah waktu setelah pulang kantor sebijak mungkin agar anda dapat kembali bekerja keesokan harinya dengan semangat yang tetap berkobar.

OK
OK