DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 5 July 2018
Oleh: Natasha Tanga

7 Cara Mudah Untuk Kembali Fit Setelah Liburan

BACA JURNAL

Apakah anda merasa kesulitan untuk kembali ke dalam pola makan sebelum liburan? Jangan khawatir, anda bukan satu-satunya yang merasa demikian. Maka dari itu, pada minggu ini kami akan memberikan beberapa tips mudah untuk membantu menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan anda pasca liburan.

1. Konsumsilah banyak sayuran

Dengan mengurangi konsumsi daging dan menggantinya dengan sayur-sayuran, anda telah membantu tubuh untuk bekerja lebih efektif serta menambahkan vitamin, mineral, serta nutrisi penting lainnya ke dalam tubuh. Sayuran diproses lebih cepat oleh tubuh, sehingga membuat anda merasa lebih bertenaga serta merasa lebih "ringan" sepanjang hari.

2. Kurangi konsumsi gula, garam, dan makanan berlemak

Ingatkan diri anda untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi gula karena dapat menyebabkan kecanduan, membuat berat badan cepat naik, serta mengacaukan kadar gula darah anda. Kalori cair, seperti minuman manis, memiliki resiko lebih buruk daripada makanan manis karena ia langsung terserap ke dalam tubuh tanpa proses pencernaan terlebih dahulu. Anda tidak merasa kenyang dan malah membuat semakin ketagihan untuk mengonsumsinya. Gantilah minuman anda dengan air, teh tawar, maupun kopi hitam untuk mengurangi kadar gula. Selain itu, kandungan gula alami dalam buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Garam/sodium juga menjadi salah satu komponen makanan yang patut diperhatikan karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, keinginan makan berlebih, serta kandungan air berlebih dalam tubuh. Sodium banyak ditemukan dalam makanan, terutama makanan olahan seperti camilan dan makanan ringan.

Terakhir, konsumsilah lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, serta ikan kaya omega-3 dibandingkan dengan mengonsumsi minyak olahan seperti margarin maupun minyak sawit. 

3. Mulailah mengonsumsi probiotik & suplemen alami

Ada jutaan mikroorganisme yang hidup dalam sistem pencernaan yang sehat. Penting adanya untuk menjaga flora tersebut agar tubuh dapat menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dan melindungi tubuh dari serangan bakteri jahat. Anda bisa mendapatkan probiotik dari sumber makanan seperti yogurt dan makanan fermentasi lainnya, disamping suplemen probiotik.

Pencernaan yang sehat membantu anda meregulasi sistem tubuh dan mengurangi stress serta keletihan. Maka dari itu, penting adanya untuk memelihara kesehatan pencernaan. Anda dapat mengonsumsi suplemen alami dari Herbana, seperti rangkaian Relief Sari Jahe Merah dan Relief Sari Kunyit. Dibuat dari ekstrak tumbuhan alami, suplemen ini dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

4. Tingkatkan konsumsi magnesium

Magnesium merupakan sumber yang baik untuk mengurangi stress maupun keletihan. Selain itu, ia juga dapat memelihara kesehatan jantung dan tekanan darah. Setelah mengonsumsi banyak makanan saat Idul Fitri, merasa cepat lelah mungkin menjadi suatu kebiasaan yang umum dialami.

Magnesium dapat diperoleh dalam biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, serta sayuran hijau. Selain itu, suplemen magnesium juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan harian anda.

5. Banyak minum air

Agar dapat membuang racun dari dalam tubuh, pastikan anda mengonsumsi air yang cukup setiap hari. Konsumsilah setidaknya 8 gelas (sekitar 2 liter) dalam sehari untuk menghindari dehidrasi.

6. Berolahraga ringan

Apabila anda bukan seorang individu yang senang berolahraga, ingatlah bahwa aktifitas fisik diperlukan untuk membakar kalori dan membuat metabolisme tubuh tetap lancar. Anda dapat mendisiplinkan diri untuk berjalan kaki selepas makan untuk membantu membakar kalori serta memperoleh oksigen bagi tubuh. 

7. Jangan memaksakan diri dalam berdiet

Sama seakli tidak mengonsumsi lemak dan gula pasca Idul Fitri dapat lebih beresiko bagi kesehatan. Hal ini terjadi karena tubuh dapat merasa kekurangan dan menyebabkan ketagihan saat mengonsumsi gula maupun makanan berlemak. Selain itu, melakukan diet bukan berarti membuat diri kelaparan ataupun mengurangi makan secara drastis. Agar diet anda berhasil, penting untuk mengingat bahwa keseimbangan antara konsumsi makanan bernutrisi serta gaya hidup sehat merupakan 2 faktor yang sangat berpengaruh.

OK
OK