DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 27 June 2018
Oleh: Natasha Tanga

Langkah Mudah untuk Memulihkan Kesehatan Pasca Mudik

BACA JURNAL

Idul FItri telah berakhir; itu artinya sebagian besar dari kita akan segera kembali beraktifitas dan bekerja seperti sediakala. Tidak sedikit dari umat Muslim yang merayakan lebaran kembali dari kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tidak jarang, berkendara dalam waktu yang panjang menyebabkan tubuh menjadi kelelahan dan terasa kurang fit. Ini dapat menjadi masalah apabila anda butuh kembali bekerja pada keesokan harinya. Lalu apakah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi hal ini? Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas langkah mudah yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan kebugaran tubuh!

1. Pastikan anda kembali dengan keadaan tidak stress

Hal utama yang perlu diingat pasca arus balik mudik adalah memastikan bahwa anda tidak memiliki pekerjaan yang terburu waktu. Tidak dapat dielakkan bahwa pekerjaan kantor dan rumah akan menumpuk, namun anda juga seharusnya dapat melakukan langkah pencegahan sebelum mudik. Dengan kondisi fisik yang kurang prima setelah kembali dari kampung halaman, alangkah lebih baik untuk bersantai dan mempersiapkan diri sebelum memulai rutinitas sehari-hari.

Anda juga dapat mencari tahu tentang pekerjaan yang anda hendak lakukan sebelum masuk kantor. Hal ini dilakukan agar anda dapat mencegah stress yang akan memperparah keadaan fisik. Dengan begitu, anda akan jadi lebih siap ketika kembali bekerja.

2. Berikan diri anda waktu cukup untuk pemulihan

Kembali dari perjalanan jauh dan langsung bekerja pada keesokan harinya merupakan salah satu hal yang seharusya tidak anda lakukan. Agar kinerja anda menjadi lebih efektif, sebaiknya anda memberikan diri waktu untuk pemulihan agar dapat beradaptasi kembali dengan rutinitas. Hal ini sangatlah bermanfaat agar anda dapat kembali bekerja dengan baik dan efektif.

3. Beristirahat yang cukup

Meskipun terdengar ssederhana, nyatanya banyak orang yang menyepelekan istirahat bagi kesehatan tubuh. Perjalanan jauh, terutama bila anda mengemudikan kendaraan sendiri, dapat menyebabkan keletihan. Tidur adalah salah satu cara efektif untuk mengembalikan stamina tubuh, maka dari itu tidurlah setidaknya 8 jam di malam hari.

Ketika anda mendapatkan tidur yang cukup, anda akan merasa rileks dan tidak gelisah. Maka dari itu, keadaan tidur pun menjadi faktor penting untuk tidur nyenyak. Misalnya, pastikan bahwa anda tidak menyalakan telepon genggam maupun perangkat elektronik lainnya saat tidur. Selain itu, mandi air hangat sebelum tidur, makan dengan porsi ringan, serta tidak berolahraga sebelum tidur juga dapat membuat anda menjadi rileks dan tidur nyenyak.

4.  Berolahraga & minum air yang cukup

Rasa letih pasti akan membuat anda merasa lelah untuk melakukan hal lain dan memilih untuk bersantai, namun nyatanya, berolahraga justru dapat membuat anda lebih bersemangat. Ini tidak berarti bahwa anda harus memaksakan diri untuk berolahraga saat fisik benar-benar tidak mendukung, namun ketahuilah bahwa olahraga dapat membangun kembali stamina dan mengembalikan energi anda. Selain itu, terekspos matahari juga dapat membantu anda pulih lebih cepat dari keletihan.

Selain itu, pastikan juga anda meminum cairan yang cukup saat berolahraga. Dengan begitu, anda dapat membantu metabolisme tubuh tetap berjalan dengan normal. Dehidrasi, kafein, dan alkohol dapat memperparah keadaan apabila anda merasa letih, oleh sebab itu jauhilah jenis-jenis minuman tersebut.

5. Lakukan pijat pada tubuh

Salah satu cara mudah untuk mengurangi rasa pegal dan letih pada tubuh adalah dengan melakukan pijat. Mendapatkan tubuh yang lebih rileks akan membantu anda tidur lebih baik, oleh karena itu, pijat menjadi pilihan sebagai cara yang tepat untuk memulihkan fisik pasca mudik, terutama apabila anda mengemudi kendaraan dalam jarak yang panjang.

Jangan lupa untuk menggunakan minyak esensial saat memijat karena kandungan anti-inflamasi yang dikandungnya dapat membantu anda mengurangi pegal-pegal. Selain itu, minyak esensial yang dibarengi dengan pijatan juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

OK
OK