DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 10 January 2020
Oleh: Natasha Tanga

7 Kebiasaan Makan yang Patut Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

BACA JURNAL

Sebagai organ terbesar pada tubuh, kulit menjadi salah satu tolak ukur utama terhadap kesehatan tubuh. Kesehatan kulit ditentukan tidak hanya dengan rutinitas perawatan topikal, namun juga tergantung makanan yang anda konsumsi. Oleh karena itu, ada banyak manfaat yang dapat anda lakukan terkait mengonsumsi makanan sehat, termasuk untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa kebiasaan sehat yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Batasi konsumsi gula

Pola makan yang kaya karbohidrat dan gula tidak hanya dapat meningkatkan resiko obesitas dan diabetes, namun juga dapat menimbulkan reaksi inflamasi pada kulit. Konsumsi gula juga dapat menyebabkan masalah kulit seperti penuaan dini, kulit sensitif, kemerahan, serta jerawat. Ketika anda mengonsumsi gula buatan seperti aspartam secara berlebih, hal tersebut juga dapat memicu reaksi histamin (gatal) dan kemerahan pada kulit. Oleh karena itu, utamakan konsumsi gula alami yakni yang berasal dari buah-buahan.

2. Kurangi konsumsi sodium

Selain dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, konsumsi garam atau sodium dalam jumlah banyak dan berkelanjutan juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Sodium membuat air banyak terperangkap di dalam sel kulit (water retention), sehingga membuat kulit, termasuk kulit wajah di bagian bawah mata, terlihat sedikit membengkak. Oleh karena itu, batasilah konsumsi makanan bersodium tinggi seperti cemilan maupun gorengan, serta perbanyak konsumsi air putih untuk melarutkan garam dalam tubuh.

3. Pastikan minum cukup air

Konsumsi air yang cukup, setidaknya 2 liter sehari, penting agar anda terhindar dari dehidrasi. Selain itu, minum air putih merupakan langkah yang paling mudah untuk menjaga kesehatan kulit, karena air dapat membantu membuang toksin yang ada dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi penampilan kulit dan membuatnya terawat dari dalam.

4. Kurangi konsumsi kafein dan alkohol

Apabila anda seseorang yang rutin mengonsumsi kafein maupun alkohol, mengurangi konsumsi minuman tersebut akan membantu anda merawat tampilan kulit. Kedua jenis minuman tersebut cenderung dapat membuat anda dehidrasi apabila tidak dibarengi dengan konsumsi air putih yang konstan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa alkohol mengganggu penyerapan vitamin A yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Konsumsi kafein, seperti kopi dan teh, meski berkhasiat untuk memberikan anda energi yang diperlukan sehari-hari juga harus dibatasi. Meminum lebih dari 2 cangkir kopi setiap harinya dapat merangsang produksi hormon kortisol, yang dapat menyebabkan kulit kering dan kerutan.

5. Kurangi konsumsi produk olahan susu

Meskipun susu dan produk olahannya merupakan salah satu sumber utama kalsium, kandungan hormon hewani juga terkandung di dalamnya. Kandungan inilah yang menyebabkan sebagian orang mengalami reaksi kulit, seperti jerawat, ketika mengonsumsi produk susu dan olahannya. Hormon ini menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak sebum sehingga membuat kulit lebih berminyak dan menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, batasilah konsumsi susu dan produk olahannya dalam batas yang wajar agar kesehatan kulit tetap terjaga.

6. Perbanyak konsumsi lemak sehat

Lemak merupakan salah satu komponen makanan yang sering dipandang sebelah mata, meskipun manfaatnya terhitung banyak bagi kesehatan. Lemak sehat yang bersumber dari ikan seperti salmon dan kacang-kacangan, memiliki asam lemak esensial yang berguna menjaga kulit tetap lembab dan mencegah jerawat. Selain itu, sumber lemak sehat lainnya seperti minyak zaitun, mengandung asam oleat yang membantu menyempurnakan penyerapan omega-3, mencegah resiko penyakit jantung, serta melawan penyebab kanker kulit.

7. Konsumsi suplemen alami

Usaha merawat kulit secara holistik tentunya tergantung pada asupan makanan yang anda konsumsi. Bagi anda yang tergolong individu aktif, tentunya suplemen menjadi bagian yang tak boleh terlewatkan dalam usaha menjaga kesehatan. Mengonsumsi suplemen alami seperti Relief Sari Kulit Manggis dari Herbana dapat membantu meningkatkan daya tubuh sekaligus menjaga kesehatan kulit dari dalam. Dibuat dari ekstrak tumbuhan alami, suplemen ini tentunya aman untuk dikonsumsi setiap harinya.

OK
OK