DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 6 November 2020
Oleh: Natasha Tanga

7 Cara Sederhana untuk Mengurangi Nyeri Haid

BACA JURNAL

Nyeri saat haid merupakan hal yang umum bagi setiap wanita. Bagi beberapa wanita, hal ini tidak mengganggu keseharian mereka. Sedangkan bagi wanita lainnya, nyeri haid dapat membatasi kemampuan mereka beraktifitas. Oleh karena itu, patut anda ketahui beberapa cara sederhana untuk menanganinya.

1. Pastikan mengonsumsi air secara berkala

Mengonsumsi air putih secara rutin tentunya penting bagi kesehatan tubuh. Tidak terkecuali ketika haid, konsumsi air putih yang cukup dapat membantu meredakan rasa kembung. Konsumsi air hangat juga dapat membantu mengurangi kram perut dan rasa sakit akibat haid.

Konsumsi kafein saat haid mungkin dapat dikurangi, karena efek kafein yang mempersempit pembuluh darah dan dapat mempengaruhi rasa kram yang anda rasakan. Bila anda memerlukan konsumsi kafein rutin, pilihlah kopi dengan kadar kafein yang lebih rendah (decaffeinated coffee) atau menggantinya dengan teh. Beberapa jenis teh herbal, seperti teh jahe atau chamomile, memiliki kandungan anti inflamasi yang juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh datang bulan.

2. Mengonsumsi makanan anti-inflamasi

Beberapa jenis makanan juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi sakit yang disebabkan kram otot pada daerah sekitar rahim. Jahe, seperti telah disebutkan sebelumnya, kaya akan komponen anti inflamasi. Sama seperti halnya makanan bernutrisi lainnya, seperti buah beri, tomat, nanas, kacang almond, salmon, dan beberapa jenis sayur-sayuran hijau.

Bagi sebagian wanita, haid meningkatkan keinginan mereka untuk mengonsumsi makanan manis dan kaya karbohidrat. Meski begitu, jenis makanan seperti ini meningkatkan potensi kembung dan kram perut. Untuk menghindari hal itu, gantilah cemilan anda dengan buah-buahan atau kacang-kacangan saat haid.

3. Mengonsumsi suplemen sebagai pendamping makanan bernutrisi

Selama masa datang bulan, anda disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan bernutrisi. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang dapat mendukung asupan nutrisi bagi tubuh. Meningkatkan konsumsi vitamin D misalnya, dapat mengurangi resiko inflamasi dan membantu penyerapan kalsium. Kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin E, magnesium, serta omega 3 juga berguna untuk melawan inflamasi. Untuk hasil yang optimal, tingkatkan konsumsi nutrisi tersebut untuk mengurangi rasa sakit yang dialami saat haid.

4. Gunakan penghangat pada daerah yang sakit

Saat rasa nyeri mendera akibat datang bulan, solusi sederhana seperti kompres hangat dapat meredakannya. Gunakan koyo menstruasi, heat pad, ataupun air panas yang telah dimasukkan ke dalam wadah kaca, dan taruh pada lokasi nyeri. Selain dapat mengurangi kram, cara ini juga membantu melancarkan jalan darah. Mandi air hangat juga direkomendasikan untuk merilekskan otot tubuh.

5. Menyempatkan diri untuk bergerak maupun berolahraga

Melakukan aktifitas fisik saat menstruasi mungkin merupakan hal yang sulit dilakukan bagi sebagian wanita. Padahal, olahraga ringan ataupun sekedar bergerak dapat membantu menghindarkan serta mengurangi kram perut akibat datang bulan. Selain itu, aktifitas fisik juga dapat membantu memproduksi hormon endorfin, yang berperan penting untuk meregulasi mood anda.

6. Kurangi stress

Sebagian besar wanita mengalami PMS sebelum datang bulan, dan hal ini mempengaruhi kestabilan emosi serta tingkat stress. Saat menstruasi, gangguan fisik seperti kram perut juga dapat menjadi penyebab meningkatnya stress. Oleh karena itu, lakukan aktifitas yang menenangkan diri untuk meredakan stress dan menghindarkan anda dari rasa nyeri.

7. Konsumsi obat pereda nyeri

Rasa nyeri akibat haid dipengaruhi oleh hormon prostaglandin yang menyebabkan kontraksi otot pada rahim. Bagi sebagian wanita, rasa nyeri ini tidak tertahankan atau mengganggu rutinitas sehingga harus diatasi menggunakan obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. Apabila anda memilih untuk tidak mengonsumsi obat-obatan tersebut, anda juga dapat menggunakan alternatif yang lebih alami. Rangkaian Balance Madia Menstrual Comfort dari Herbana dibuat dari ekstrak tumbuhan alami, seperti kunyit, daun seribu, serta jinten hitam, dapat membantu anda mengurangi rasa nyeri akibat haid.

OK
OK