DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 30 November 2020
Oleh: Natasha Tanga

5 Pertanda Peredaran Darah Anda Kurang Lancar

BACA JURNAL

Sistem kardiovaskuler merupakan salah satu sistem yang paling penting dalam tubuh manusia. Terdiri dari jantung dan pembuluh darah, sistem ini berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk berbagai macam organ, lewat darah. Selain itu, sistem kardiovaskuler juga berperan penting dalam pembuangan toksin ke luar tubuh.

Peredaran darah dapat terganggu apabila pembuluh darah tersumbat, yang banyak disebabkan oleh plak akibat penumpukan lemak. Hal ini tentunya dapat menjadi hal yang serius bila berlangsung dalam jangka waktu yang lama, karena dapat meningkatkan resiko stroke (pecahnya pembuluh darah di otak) hingga serangan jantung. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi gejala yang anda alami ketika peredaran darah kurang lancar. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa simptom yang mungkin anda rasakan ketika mengalami gangguan peredaran darah.

1. Sering mengalami kram dan mati rasa

Rasa kebas/mati rasa biasanya terjadi ketika anda mempertahankan suatu posisi gerak pada jangka waktu tertentu, dan kram biasanya terjadi ketika anda tidak melakukan pemanasan yang benar saat berolahraga. Hal-hal ini merupakan sebuah tanda bahwa ada gangguan pada sirkulasi darah pada suatu daerah tertentu dalam tubuh. Oleh karena itu, kram dan mati rasa biasanya terjadi pada daerah tubuh yang jauh dari jantung, seperti bagian tangan dan kaki.

Meskipun hal ini terbilang umum dan dialami semua orang dari berbagai rentang usia, sering mengalami kram dan/atau mati rasa merupakan hal yang harus diperhatikan, apabila anda merasa memiliki gangguan kelancaran peredaran darah.

2. Rasa dingin pada tangan dan kaki

Suplai darah yang cukup ke seluruh tubuh membuat anda dapat mencapai suhu tubuh normal. Meski begitu, apabila jalan darah anda kurang lancar, terkadang dapat membuat anda merasa dingin pada bagian tubuh yang jauh dari jantung (tangan dan kaki). 

3. Kelelahan secara fisik dan mental

Kelancaran peredaran darah tentunya juga mempengaruhi kebugaran yang anda rasakan secara fisik maupun mental. Peran darah dalam mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh sangatlah krusial, dan bila terhambat, hal ini dapat menyebabkan anda merasa cepat lelah dan kurang fit. Jika anda terus-menerus merasa mudah lelah ataupun letih meski tidak melakukan aktivitas fisik yang berat, kelancaran peredaran darah dalam tubuh anda patut diperhatikan.

Selain itu, anda mungkin juga merasakan kesulitan berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan. Otak memerlukan suplai darah yang cukup untuk dapat bekerja dengan optimal. Oleh karena itu, penting untuk memastikan peredaran darah anda tidak terganggu dengan melakukan gaya hidup yang aktif.

4. Daya tahan tubuh yang kurang baik

Sistem imunitas tubuh yang baik juga sangat bergantung pada sistem peredaran darah yang lancar. Untuk memastikan daya tubuh anda selalu terjaga, tubuh memerlukan asam amino dan mineral yang didistribusikan melalui darah ke seluruh organ dan jaringan tubuh. Gangguan pada peredaran darah tentunya dapat mengganggu distribusi nutrisi ini, membuat tubuh kesulitan untuk melawan infeksi dan mencegah penyakit.

5. Gangguan pada kulit akibat peredaran darah yang kurang lancar

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia, dan seringkali menjadi tolak ukur kesehatan tubuh. Pada umumnya, bagian tungkai kaki akan terpengaruh apabila terjadi gangguan sirkulasi, khususnya gangguan peredaran darah. Hal-hal yang dapat terjadi, misalnya kulit kaki yang menggelap, pemulihan luka yang lambat, pembengkakan pada bagian kaki, hingga varises. Kondisi yang lebih serius dapat mencakup peripheral artery disease (PAD), yang dapat menyebabkan dermatitis stasis, gangguan kulit yang sejenis dengan eksim.

OK
OK