DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 30 August 2019
Oleh: Natasha Tanga

5 Cara Untuk Menjaga Kelembaban Kulit Secara Alami

BACA JURNAL

Kulit merupakan organ tubuh manusia yang paling luas dan berguna sebagai pelindung tubuh. Oleh karena itu, penting untuk merawatnya agar tetap sehat dan menjaga kelembabannya. Cara yang paling mudah ialah dengan merawatnya secara eksternal, dengan perawatan topikal menggunakan rangkaian produk perawatan kulit. Merawat kulit dari dalam juga tidak kalah penting, dan hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk menjaga kelembaban alami kulit dari dalam.

1. Mengonsumsi makanan kaya kandungan Omega-3

Makanan yang mengandung Omega-3 sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit pecah-pecah. Omega-3 berperan untuk melindungi lapisan utama kulit dan memerangkap kelembaban. Selain itu, Omega-3 juga menyerap masuk ke dalam sel-sel kulit dan membuatnya menjadi lebih halus. Karena jenis asam lemak esensial ini hanya bisa didapat dari bahan makanan, maka konsumsilah makanan seperti salmon, mackerel, walnut, serta flaxseed.

2. Mengonsumsi lemak

Banyak orang yang justru menghindari konsumsi lemak untuk hidup sehat. Namun, sebenarnya anda memerlukan lemak untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit dari dalam. Diet rendah lemak justru menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kelembaban tersebut. Oleh karena itu, konsumsilah lemak sehat yang berasal dari alpukat, salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak zaitun untuk menutrisi sel kulit dan meningkatkan kelembaban kulit dari dalam.

3. Mengurangi konsumsi gula

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi tidak disarankan apabila anda ingin menjaga kesehatan kulit. Gangguan kulit seperti jerawat terjadi karena ketidakstabilan insulin setelah mengonsumsi gula, yang juga dapat menyebabkan aktivitas berlebih pada kelenjar minyak dan terbentuknya jerawat. Selain itu, anda juga dapat mengalami penuaan dini dan kerutan karena menurunnya kandungan kolagen dan elastin pada kulit yang disebabkan oleh konsumsi gula yang berlebihan.

4. Rajin minum air putih 

Meminum air putih merupakan cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Mengonsumsi 8 gelas sehari juga berpengaruh baik bagi kesehatan kulit. Taruhlah botol air atau tumbler di meja kerja anda ataupun lokasi yang mudah terjangkau agar anda tidak lupa untuk mengonsumsinya.

Anda juga dapat meningkatkan konsumsi air dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti semangka, ketimun, apel, pir, melon, sayur-sayuran hijau, serta jenis buah-buahan lainnya. Penting untuk diingat, waktu terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan ialah saat perut anda kosong, agar pencernaan dan penyerapan nutrisinya optimal.

5. Hindari konsumsi kafein dan alkohol berlebih

Membatasi konsumsi kafein dan alkohol penting untuk menjaga kelembaban kulit secara alami. Hal ini disebabkan karena kafein dan alkohol cenderung menyerap air yang ada dalam tubuh dan sebagai hasilnya, mengurangi tingkat kelembaban kulit. Anda dapat mengganti konsumsi kopi anda dengan teh herbal maupun minumal non-kafein dan non-alkohol lainnya. Anda juga bisa mencampurkan rangkaian Relief Sari bubuk kami ke dalam minuman favorit anda, untuk menjaga kesehatan dengan cara yang mudah dan praktis.

OK
OK