GET 20% OFF WITH MIN. PURCHASE 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Kesehatan 14 January 2022
Oleh: Natasha

5 Trik Sederhana Untuk Meningkatkan Asupan Gizi dari Makanan

BACA JURNAL

Di tahun yang baru ini, tentunya banyak resolusi kesehatan yang hendak anda capai. Resolusi yang anda miliki pastilah membutuhkan waktu dan usaha yang konsisten agar dapat dicapai dengan baik. Jika anda ingin memperbaiki pola makan, misalnya, tidak hanya perubahan kebiasaan yang drastis saja yang dapat membuahkan hasil. Pada jurnal minggu ini, kami telah menuliskan beberapa tips sederhana yang dapat membantu meningkatkan kesehatan anda asal dilakukan secara rutin.

1. Mengonsumsi buah saat sarapan

Buah-buahan merupakan sumber serat alami yang baik bagi tubuh, selain kandungan vitamin dan mineralnya yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Seringkali dikonsumsi sebagai snack atau makanan selingan, buah-buahan juga baik untuk sarapan karena kandungan gula alaminya dapat memberikan tubuh asupan energi ekstra. Selain itu, kandungan serat pada buah-buahan juga dapat mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan anda.

2. Mengonsumsi sayuran saat makan siang dan malam

Seperti buah-buahan, sayuran juga patut menjadi sumber pangan yang anda konsumsi setiap harinya. Berbagai jenis sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda, serta kandungan seratnya juga baik bagi kelancaran saluran pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi variasi sayuran pada makan siang dan makan malam anda tentunya dapat menjaga kesehatan tubuh untuk jangka panjang.

3. Mengonsumsi protein setiap hari

Tak hanya bermanfaat bagi mereka yang ingin menjaga ataupun menaikkan massa otot, protein penting untuk dikonsumsi setiap hari karena ia juga merupakan bahan utama yang digunakan untuk memelihara dan meregenerasi sel-sel tubuh. Asam amino yang terkandung dalam protein juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan otot, tulang, kulit, kuku, serta rambut.

4. Mengubah cara memasak

Faktor lain yang sering dilewatkan ketika mencoba menjaga berat badan ialah memperhatikan cara memasak anda. Seperti halnya mengontrol porsi makan, cara memasak juga sangat mempengaruhi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Menggoreng, misalnya, akan membuat makanan yang anda olah menjadi lebih tinggi kalori dibandingkan dengan membakar, menumis, ataupun merebus. Memilih peralatan masak yang mendukung juga dapat mempermudah anda melakukan hal ini, misalnya dengan membeli wajan anti lengket yang akan mengurangi keperluan anda menggunakan minyak saat mengolah makanan.

5. Mengurangi konsumsi gula

Faktor lain yang tak kalah pentingnya ialah memperhatikan asupan gula yang anda dapatkan dari makanan maupun minuman yang anda konsumsi. Seringkali, peningkatan berat badan terjadi karena anda tidak terlalu menyadari bahwa makanan ataupun minuman yang anda konsumsi sebenarnya mengandung gula yang cukup tinggi. Terlebih apabila anda memiliki gaya hidup yang kurang aktif, hal ini akan menyebabkan anda jauh lebih rentan mengalami kenaikan berat badan serta lebih beresiko terkena diabetes apabila kebiasaan ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Meski begitu, hal ini bukan berarti anda sama sekali tidak boleh mengonsumsi kudapan manis favorit anda. Hanya saja, diperlukan kesadaran untuk tidak terlalu sering mengonsumsinya serta membatasi porsi yang anda konsumsi.

OK
OK