DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Kesehatan 7 January 2022
Oleh: Natasha

5 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Kulit dari Dalam

BACA JURNAL

Sebagai organ paling luas yang dimiliki tubuh, penting untuk selalu menjaga kesehatan kulit karena fungsinya yang penting, dari melindungi tubuh dari infeksi, hingga meregulasi suhu tubuh. Kebiasaan yang anda lakukan sehari-hari tentunya akan mempengaruhi kesehatan kulit anda, karena kulit yang terjaga dengan baik tidak hanya membutuhkan perawatan dari luar saja. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa kebiasaan yang dapat anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit, khususnya dari dalam tubuh.

1. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin

Usaha anda menjaga kesehatan tubuh tentunya dapat dilakukan melalui konsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan. Manfaat yang anda dapatkan dari kebiasaan ini bukan hanya organ-organ tubuh yang berfungsi dengan baik, tetapi juga dapat terlihat secara eksternal melalui keadaan kulit yang sehat.

Oleh karena itu, bijaklah dalam mengonsumsi makanan dan usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda. Mengonsumsi seporsi sayuran saat makan siang dan makan malam dapat meningkatkan asupan vitamin dan mineral yang baik bagi pemeliharaan sel-sel di dalam tubuh.

2. Mengurangi konsumsi beberapa jenis makanan

Makanan yang anda konsumsi tentunya tidak semua bermanfaat bagi kesehatan. Ada makanan yang hanya enak di lidah, tetapi kurang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh dan sebaliknya. Hal ini bukan berarti anda harus berhenti mengonsumsi kudapan yang anda sukai, seperti gorengan ataupun makanan manis. Namun mengurangi konsumsi jenis makanan seperti ini tentunya dapat menghindarkan anda dari resiko penyakit. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan berminyak dan tinggi karbohidrat dapat menyebabkan timbulnya jerawat akibat inflamasi yang terjadi dalam tubuh. Lemak jenuh yang terkandung pada jenis makanan ini juga cenderung dapat merusak struktur sel kulit pada bagian dermis dan epidermis.

3. Konsumsi air putih yang cukup

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah jumlah air yang anda konsumsi setiap harinya. Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi 6 hingga 8 gelas air atau setara 2 liter agar terhindar dari dehidrasi, sendi-sendi terlubrikasi dengan baik, serta menjaga kesehatan organ-organ dalam tubuh.

Selain itu, konsumsi kafein juga perlu anda jaga. Meskipun tidak secara langsung mempengaruhi kesehatan kulit, konsumsi kafein dalam jangka waktu panjang dapat mempercepat penuaan pada kulit akibat penurunan produksi kolagen. Hal ini juga menyebabkan kekencangan kulit menurun seiring berjalannya waktu.

4. Memperoleh tidur yang cukup

Penelitian menunjukkan bahwa mengurangi jam tidur selama 1 hingga 2 jam setiap harinya dapat mempengaruhi tingkat kesehatan anda. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit, karena kurang tidur dapat menghambat regenerasi sel-sel kulit. Di sisi lain, istirahat yang cukup setiap malam dapat melancarkan pembuangan toksin dari dalam tubuh, meregulasi hormon, serta meningkatkan produksi kolagen. Hal ini tentunya dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan kerutan halus.

5. Mengatur tingkat stress

Seperti halnya makanan dapat mempengaruhi kesehatan kulit anda, jerawat dan gangguan lain pada kulit juga dapat terjadi ketika anda mengalami masa stress. Tubuh sangat terpengaruh oleh keadaan psikologis anda, dan hal inilah yang membuat keadaan kulit anda terganggu apabila merasa tertekan atau dalam kondisi mental yang kurang stabil. Stress memicu tubuh untuk memproduksi kortisol, hormon yang berfungsi mengatur produksi sebum (minyak pada permukaan kulit). Peningkatan produksi hormon tersebut juga meningkatkan produksi sebum, yang dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan timbulnya jerawat. Selain itu, stress juga meningkatkan terjadinya inflamasi dalam tubuh, yang menjadi salah satu penyebab jerawat.

Oleh karena itu, penting untuk mengatur tingkat stress anda sebaik mungkin agar terhindar dari gangguan kesehatan. Rutin berolahraga dan melakukan hal-hal yang anda senangi merupakan aktifitas yang baik untuk menurunkan tingkat stress. Selain itu, mendapatkan tidur yang cukup setiap malam juga dapat membantu meregulasi mood dan tingkat stress, yang tentunya berpengaruh baik bagi kondisi kulit anda.

OK
OK