DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 19 June 2020
Oleh: Natasha Tanga

5 Tips Kesehatan untuk Menjalani Rutinitas Selama Pandemi

BACA JURNAL

Seiring dengan berjalannya masa transisi setelah PSBB yang telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia, kegiatan di luar rumah kini kembali diperbolehkan, seperti melakukan perjalanan dengan transportasi umum, bekerja di kantor, maupun mengunjungi pusat perbelanjaan dan tempat umum lainnya. Hal ini tentunya dilakukan dengan mengikuti standar kesehatan yang berlaku. Tentunya, hal ini juga penting untuk diikuti agar kesehatan anda selalu terjaga. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa tips kesehatan yang dapat anda lakukan apabila melakukan kegiatan di luar rumah selama masa transisi ini.

1. Memperhatikan kebersihan diri

Kebersihan merupakan salah satu kunci utama agar anda terlindungi dari serangan penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Misalnya saja, dengan membersihkan diri/mandi setelah beraktivitas di luar rumah, serta mencuci tangan setelah menyentuh berbagai hal di tempat umum. Meski begitu, hindari juga mencuci tangan secara berlebihan, karena bagi sebagian orang, hal ini justru dapat mengakibatkan kulit kering dan bahkan eksim pada telapak tangan. Oleh karena itu, anda dapat menggunakan pelembab pada tangan di malam hari sebelum tidur, ataupun di waktu tertentu jika anda merasa kulit tangan terasa kasar dan kering.

Banyak juga faktor kebersihan lain yang diimplementasikan akibat pandemi ini, seperti menggunakan masker dan pelindung wajah. Keseimbangan dan kewajaran selalu menjadi kunci dalam penggunaan hal-hal ini, misalnya apabila pekerjaan anda mengharuskan anda berinteraksi dengan orang lain dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, sebaiknya anda tidak menggunakan masker terlalu lama, karena kecenderungan untuk merasa sesak napas akibat mulut dan hidung yang tertutup. Pastikan untuk melepas masker sesekali agar anda bisa bernapas dengan normal dan mencukupi kebutuhan oksigen dalam tubuh. Pemilihan bahan masker kain yang anda gunakan juga sangat penting, seperti masker kain dari katun yang memudahkan anda bernapas dan cenderung tidak membuat kulit iritasi.

2. Berada di lingkungan yang memiliki sirkulasi udara yang baik

Temuan awal para peneliti mengenai COVID-19 adalah bahwa virus ini memiliki waktu hidup yang pendek di cuaca panas ataupun ketika berada di udara luar ruangan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek sirkulasi udara di ruangan anda agar selalu lancar dan tidak pengap. Apabila anda bekerja di ruangan ber-AC, luangkan waktu sesekali untuk berjalan-jalan di luar ruangan agar anda dapat menghirup udara yang lebih segar, sekaligus mendapatkan sinar matahari yang baik bagi daya tahan tubuh.

3. Memperoleh tidur cukup setiap malam

Banyak orang yang terpaksa mengurangi waktu tidurnya akibat pekerjaan yang menumpuk, ataupun faktor lainnya seperti main game dan mengecek media sosial. Padahal, penting bagi anda untuk memperoleh tidur cukup setiap harinya agar kesehatan tetap terjaga. Kurang tidur dapat mengakibatkan gangguan, seperti menurunnya kemampuan tubuh memperbaharui sel, metabolisme yang kurang lancar, hingga gangguan hormon. Oleh karena itu, tidur selama 7-9 jam sehari direkomendasikan untuk menjaga daya tahan tubuh anda agar tetap optimal.

4. Melakukan olahraga secara teratur

Beberapa bulan terakhit, himbauan pemerintah agar masyarakat melakukan sebagian besar kegiatan sehari-harinya di rumah tentunya berpengaruh besar terhadap gaya hidup. Sebagian orang tetap menjaga gaya hidupnya agar tetap aktif dengan berolahraga rutin di kawasan rumah, namun ada juga yang merasa kurang bersemangat dan menjadi kurang aktif secara fisik. Di masa transisi ini, anda sebaiknya mencoba kembali berolahraga dan usahakan untuk melakukannya secara rutin. Kebiasaan berolahraga baik bagi metabolisme tubuh, yang tentunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Alangkah lebih baik apabila anda berolahraga di luar ruangan, karena sinar matahari memberikan anda asupan vitamin D yang penting bagi daya tahan tubuh.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Terakhir, memperkuat daya tahan tubuh menjadi salah satu hal yang krusial untuk mengurangi resiko jatuh sakit akibat bakteri maupun virus. Selain poin-poin yang telah disebutkan di atas, ada beberapa hal yang juga dapat anda lakukan untuk meningkatkan imunitas. Salah satunya dengan makan makanan bergizi. Sayur dan buah-buahan misalnya, kaya akan vitamin dan mineral yang berperan penting untuk membangun imunitas dan menghindari defisiensi dalam tubuh. Selain itu, mencukupi konsumsi protein juga penting untuk membantu regenerasi sel tubuh.

Apabila anda memilih untuk mengonsumsi suplemen, pilihlah suplemen yang terbuat dari bahan-bahan alami. Selain lebih aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang, suplemen alami juga memiliki efek samping minimal. Relief Sari dari Herbana dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda, seperti varian Jinten Hitam, Meniran, serta Kulit Manggis. Suplemen ini terbuat dari 100% ekstrak tumbuhan alami dan cocok untuk dikonsumsi sehari-hari, terutama jika anda memiliki gaya hidup aktif.

OK
OK