DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 4 October 2019
Oleh: Natasha Tanga

5 Langkah Mudah untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

BACA JURNAL

Sistem imun tubuh berperan untuk melindungi tubuh dari potensi penyakit. Ketika imunitas menurun, tubuh menjadi rentan terhadap penyakit dan tidak dapat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Oleh karena itu, kebiasaan sehat dalam menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk diterapkan. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa tips sederhana yang dapat anda lakukan untuk memelihara daya tahan tubuh. 

1. Peroleh tidur yang cukup

Hubungan antara waktu tidur dan tingkat imunitas memang telah diketahui, namun beberapa studi menunjukkan pentingnya mendapatkan waktu tidur yang cukup agar daya tahan tubuh senantiasa terpelihara. Apabila anda kurang tidur, tubuh tidak dapat melakukan reparasi sel-sel dalam tubuh dan memberikan energi baru. Saat anda sakit, tentunya istirahat sangat dianjurkan agar tubuh dapat pulih lebih cepat. Oleh karena itu, mendapatkan tidur yang cukup setiap malam merupakan hal yang penting bagi tingkat kesehatan anda.

2. Berolahraga rutin

Gaya hidup aktif memang ideal bagi anda yang mengutamakan kesehatan, karena studi telah menunjukkan bahwa individu yang rutin berolahraga tidak mudah terjangkit virus. Hal ini disebabkan karena olahraga rutin membantu sirkulasi dalam tubuh, termasuk pembaharuan sel-sel serta imun dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh dan melindungi anda dari serangan bakteri dan virus. Selain itu, olahraga juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menurunkan tingkat stress.

3. Minum air secara rutin dan mengurangi konsumsi makanan olahan

Tentunya, banyak manfaat yang dapat anda peroleh dengan mengonsumsi air secara rutin, salah satunya adalah menjaga daya tahan tubuh. Mencukupkan keperluan air pada tubuh membuatnya dapat bekerja lebih optimal dan melawan penyakit secara efektif. Oleh karena itu, ingatlah selalu untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air sehari.

Selanjutnya, makanan yang anda konsumsi juga mempengaruhi daya tahan tubuh anda, karena sistem pencernaan memiliki hubungan erat dengan sistem imun. Dinding usus terlindungi membran protektif yang dinamakan sel epitel dan tergabung dengan jalinan yang erat agar bakteri dan toksin yang terkandung dalam makanan tidak mudah terserap oleh tubuh. Konsumsi makanan olahan dapat membuat kesehatan jalinan ini terganggu, membuat bakteri dan toksin lebih mudah menembus dinding usus dan menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, batasilah konsumsi makanan olahan agar kesehatan pencernaan tetap terjaga dan imunitas tubuh selalu dalam keadaan optimal.

4. Manajemen stress

Daya tahan tubuh juga dapat terpengaruh oleh tingkat stress. Misalnya, beberapa orang memiliki penyakit autoimun, yang seringkali disebabkan oleh stress. Oleh karena itu, manajemen stress diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Sebagai contoh, berolahraga rutin, seperti yang telah disebutkan pada poin di atas, juga dapat membantu meregulasi produksi hormon stress dan mengontrol energi anda. Anda juga dapat melakukan hal-hal yang dapat mengurangi stress, misalnya melakukan meditasi, menulis buku harian, traveling, serta melakukan kegiatan yang anda senangi. Meski begitu, hindari mengatasi stress dengan berpaling pada minuman beralkohol maupun obat-obatan terlarang karena dapat menyebabkan kecanduan dan tidak menyelesaikan masalah anda. Cobalah untuk menenangkan diri dan menyalurkan stress kepada hal-hal yang positif.

5. Mengonsumsi suplemen alami

Apabila anda memerlukan bantuan ekstra dalam meningkatkan daya tahan tubuh, mengonsumsi suplemen alami dapat menjadi alternatif yang baik. Seperi Relief Sari Jinten Hitam dan Relief Sari Meniran dari Herbana, dapat menjadi pilihan tepat bagi anda dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dibuat dari ekstrak tumbuhan alami, suplemen ini mengandung nutrisi dan antioksidan yang aman untuk dikonsumsi setiap hari tanpa efek samping yang berarti.

OK
OK