DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 30 September 2019
Oleh: Natasha Tanga

5 Alasan Mengapa Menjaga Postur Tubuh Penting Bagi Kesehatan

BACA JURNAL

Salah satu kebiasaan yang sering terlupakan oleh banyak orang adalah menjaga postur tubuh. Padahal, kebiasaan ini penting untuk selalu dilakukan karena dapat menghindarkan anda dari rasa kaku dan pegal, serta menjaga kesehatan tulang belakang. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dengan menjaga postur tubuh.

1. Terhindar dari nyeri punggung dan resiko pengeroposan tulang

Ketika anda tidak duduk maupun berdiri secara tegak, tubuh tidak berada dalam posisi lurus dan dapat meningkatkan tekanan pada tulang belakang. Otot-otot pada bagian belakang tubuh juga terpengaruh, karena postru yang buruk dapat membuat otot-otot menjadi tegang.

Salah satu manfaat memiliki postur yang baik adalah berkurangnya resiko nyeri pada punggung, leher, bahu, serta rahang. Setiap komponen tubuh, seperti otot, tulang, dan sendi akan berfungsi lebih optimal apabila anda memiliki postur yang baik. Selain itu, duduk atau berdiri dengan postur yang baik juga dapat mengurangi resiko osteoporosis di kemudian hari. Apabila anda secara tidak sadar sering membungkuk, tekanan pada otot punggung akan semakin besar dan membuat nyeri.

2. Mengurangi resiko sakit kepala dan memperbaiki peredaran darah

Postur yang kurang baik seringkali terjadi dewasa ini, apalagi dengan bertambahnya penggunaan smartphone dan gadget yang mengharuskan anda menundukkan kepala. Kebiasaan ini dapat mempengaruhi keseharan, khususnya pada peredaran darah di bagian bahu, leher, dan kepala. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Oleh karena itu, jagalah postur tubuh anda agar peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar.

3. Meningkatkan energi dan kadar oksigen dalam tubuh

Manfaat lainnya yang dapat anda peroleh dengan menjaga postur tubuh ialah peningkatan energi. Beberapa studi menunjukkan bahwa individu yang memiliki postur buruk cenderung lebih cepat letih dan sulit untuk bergerak. Tentunya, berada dalam posisi bungkuk membuat otot-otot di bagian punggung harus bekerja keras untuk menahan postur tubuh dan membuat anda merasa pegal.  Oleh karena itu, menjaga postur tubuh agar selalu tegap dapat membantu otot-otot bekerja secara optimal dan tidak membuat tubuh cepat letih.

4. Meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh

Memiliki postur tubuh yang baik juga berpengaruh pada jumlah oksigen yang beredar dalam tubuh. Ketika anda menjaga postur untuk tetap tegak, paru-paru dapat menarik lebih banyak oksigen dan membantu anda untuk mendapatkan oksigen yang lebih banyak. Hal ini dapat memberikan pengaruh yang baik bagi fungsi otak, karena asupan oksigen bermanfaat untuk memelihara neuron dalam otak dan meningkatkan konsentrasi anda.

5. Memperbaiki tampilan anda       

Jika anda memiliki postur tubuh yang kurang tegak, maka bagian torso dan perut akan cenderung terlihat lebih besar. Apabila anda membiasakan diri untuk duduk dan berdiri dengan tegak, anda akan terlihat lebih proporsional dan bahkan lebih langsing, karena berat tubuh tersebar secara merata. Selain itu, postur yang baik juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anda.

OK
OK