DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 12 February 2021
Oleh: Natasha Tanga

5 Alasan Mengapa Kebiasaan Bangun Pagi Bermanfaat Bagi Kesehatan

BACA JURNAL

Bagi sebagian orang, membiasakan diri untuk bangun pagi merupakan hal yang sulit, khususnya bila mereka belum terbiasa melakukannya. Ketika anda tidur larut malam, akan lebih sulit untuk membiasakan diri untuk bangun awal di pagi hari. Meski begitu, bangun pagi tidak hanya bermanfaat agar anda mendapatkan waktu lebih untuk mengerjakan hal-hal yang perlu dikerjakan. Manfaat kesehatan, baik secara jasmani maupun psikis, juga didapatkan apabila anda terbiasa bangun pagi setiap harinya. Mulai dari waktu untuk mengonsumsi sarapan, tingkat energi yang lebih tinggi sepanjang hari, hingga mood yang lebih baik. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa alasan mengapa anda sebaiknya membiasakan diri untuk bangun pagi.

1. Waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri secara fisik maupun mental

Saat bangun tidur, tubuh memerlukan beberapa saat untuk mencapai kesadaran penuh. Hal ini akan terpenuhi dalam 1-2 jam, maka dari itu bangun lebih awal dapat membantu anda mempersiapkan diri agar siap menjalani kegiatan sehari-hari. Jika anda memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beradaptasi dan mendapatkan kesadaran penuh secara alami, anda mungkin tidak lagi memerlukan konsumsi kafein setiap paginya agar tidak mengantuk.

Selain itu, waktu yang anda peroleh di pagi hari dapat digunakan untuk mempersiapkan diri dan merencanakan kegiatan sepanjang hari. Dengan begitu, anda cenderung tidak mudah stress dan dapat membuat anda lebih produktif. Kekurangan tidur tidak hanya dapat membuat anda merasa kekurangan waktu, tetapi juga dapat membuat anda cepat lelah dan mudah stress.

2. Meningkatkan produktivitas

Seperti telah disebutkan pada poin pertama, bangun pagi merupakan salah satu langkah utama yang dapat anda implementasikan untuk memperbaiki produktivitas. Anda juga dapat menggunakan waktu tersebut untuk bersantai, ataupun menyelesaikan pekerjaan di tengah keheningan pagi hari. Hal ini tentunya dapat membantu anda lebih fokus pada pekerjaan, dengan minimalnya interupsi atau gangguan eksternal lainnya. Selain itu, tingkat konsentrasi anda di pagi hari juga masih tinggi, dibandingkan dengan waktu lainnya.

3. Memperbaiki tingkat energi

Memiliki waktu tambahan di pagi hari juga dapat digunakan untuk berolahraga. Waktu yang paling optimal untuk berolahraga adalah pada pagi hari, karena kegiatan fisik tersebut dapat memberikan tubuh energi ekstra yang diperlukan untuk beraktifitas. Selain itu, olahraga pagi juga bermanfaat untuk memperbaiki mood anda melalui produksi hormon endorfin.

Apabila olahraga dilakukan pada sore ataupun malam hari, tubuh tidak lagi memiliki tenaga yang cukup setelah seharian beraktifitas. Ketika anda mulai melakukan olahraga rutin di pagi hari, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga pada hari tersebut. 

4. Kebiasaan makan yang lebih sehat

Bangun pagi juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan sekaligus membantu mengontrol berat badan. Kebiasaan makan anda tentunya akan mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan dan menjaga kelancaran metabolisme tubuh.

Salah satu contoh yang paling mudah adalah waktu yang cukup untuk mempersiapkan sarapan setiap harinya. Sarapan dapat memenuhi kebutuhan energi anda setelah bangun tidur hingga waktu makan siang. Ketika anda melewatkan sarapan, tubuh akan semakin memerlukan tenaga yang berasal dari glukosa untuk berfungsi optimal, dan menyebabkan anda ingin makan makanan yang manis maupun tinggi kalori. Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan gulanya dapat membuat anda cepat lapar, dan makan lebih banyak dari yang seharusnya. Oleh karena itu, studi juga menunjukkan bahwa orang yang sering bergadang cenderung mengonsumsi 248 kalori lebih banyak dari orang yang bangun lebih awal. Mereka juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit asupan buah dan sayuran, serta mengonsumsi lebih banyak makanan cepat saji.

5. Kualitas tidur yang lebih baik

Terakhir, persiapan yang anda lakukan pada malam sebelumnya akan menentukan bagaimana anda akan menyambut hari berikutnya. Oleh karena itu, tidur yang cukup menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Kebiasaan ini membantu agar tubuh dapat memperbaiki dan memperbarui sel-selnya, agar performa tubuh tetap optimal. Selain itu, kekuatan daya tahan tubuh juga bergantung erat pada kebiasaan tidur yang baik. 

Orang-orang yang tidur lebih awal akan cenderung bangun lebih awal. Mereka umumnya memiliki waktu tidur yang teratur dan tidur selama 7-9 jam. Jika hal ini dilakukan, maka anda akan merasa lebih segar ketika bangun, karena tahapan tidur (sleep cycle) yang terpenuhi dengan baik.

OK
OK