DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 15 January 2021
Oleh: Natasha Tanga

 3 Alasan Mengapa Konsumsi Jahe Dianjurkan Saat Musim Penghujan

BACA JURNAL

Sebagai salah satu tanaman herba yang paling sering digunakan pada berbagai masakan dan minuman dari Indonesia, jahe memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Jahe bersifat menghangatkan, dan hal ini tentunya berguna terutama di musim penghujan di tengah pandemi ini. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa manfaat jahe yang dapat anda peroleh dengan konsumsi rutin.

1. Menghangatkan tubuh

Meski cuaca di musim penghujan mungkin tidak akan terasa sedingin musim salju, hal ini masih dapat membuat beberapa orang merasa kurang fit dan bahkan jatuh sakit. Terutama apabila orang tersebut kehujanan ataupun mengalami cuaca yang kurang baik dalam melakukan aktifitasnya. Menghangatkan tubuh dapat menjadi salah satu kunci untuk menghindari potensi pilek dan flu.

Tanaman herba seperti jahe cenderung menghangatkan tubuh dari dalam ketika dikonsumsi. Alasan ini jugalah mengapa beberapa jenis minuman hangat dari Indonesia menggunakan jahe sebagai salah satu bahan utamanya. Konsumsi jahe dapat membantu meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh, membuat tubuh terasa lebih hangat sekaligus menghindarkan anda dari masalah peredaran darah.

2. Melancarkan pencernaan

Alasan lainnya mengapa jahe banyak dikonsumsi, adalah manfaatnya dalam membantu melancarkan pencernaan. Sebagai salah satu herba yang banyak digunakan dalam pengobatan, jahe dapat membantu mengurangi masalah pencernaan seperti mual, kembung, serta konstipasi. Jahe bekerja melancarkan pergerakan makanan dalam usus, mengurangi produksi gas, hingga membantu sekresi enzim dalam saluran pencernaan. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa konsumsi jahe secara rutin juga dapat membantu mengurangi resiko luka pada usus yang disebabkan oleh bakteri maupun pengobatan.

3. Membantu menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh tentunya menjadi faktor penting dalam menjaga tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Terutama saat pandemi ini, banyak suplemen yang dipasarkan untuk menjaga imunitas menggunakan jahe sebagai salah satu bahan baku utama.

Komponen aktif yang terkandung dalam jahe, yakni gingerol, berperan besar dalam membantu menjaga daya tahan tubuh. Kaya akan antioksidan dan kandungan anti-inflamasi, gingerol dapat membantu mencegah stress oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, sekaligus mengurangi potensi berkembangnya penyakit kronis seperti kanker. Konsumsi jahe tentunya juga dapat menghindarkan anda dari penyakit umum seperti pilek dan flu. Dalam hal ini, jahe bekerja mengurangi gejala yang biasanya mengganggu pernapasan, seperti mengontrol produksi mucus, melegakan hidung mampet, serta mengurangi batuk dan radang tenggorokan.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, salah satu cara termudah untuk mengonsumsi jahe adalah melalui minuman hangat. Namun, tidak semua orang menyukai rasa minuman seperti ini, khususnya bagi generasi muda. Oleh karena itu, telah hadir banyak alternatif yang dapat anda gunakan demi mengonsumsi jahe. Tersedia dalam bentuk bubuk ataupun kapsul, Relief Sari Jahe Merah dari Herbana dapat membantu menjaga daya tahan tubuh tanpa efek samping. Dibuat dari ekstrak tumbuhan alami, suplemen ini aman untuk dikonsumsi rutin setiap hari. Konsultasikan dengan dokter apabila anda menggunakannya bersamaan dengan obat-obatan lain.

OK
OK