DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 4 January 2021
Oleh: Natasha Tanga

5 Langkah Mudah Untuk Menjaga Imunitas di Musim Penghujan

BACA JURNAL

Memasuki penghujung tahun 2020, puncak musim hujan di Indonesia juga semakin dekat. Bulan Januari hingga Februari merupakan bulan-bulan di mana intensitas hujan cukup tinggi, membuat temperatur udara sedikit menurun dan bahkan menyebabkan banjir di beberapa daerah. Oleh karena itu, penting untuk selalu mempersiapkan diri sebelum musim penghujan mencapai puncaknya, terutama kesehatan anda di kala pandemi ini. Pada jurnal minggu ini, kami akan membagikan beberapa tips mudah yang dapat anda lakukan untuk membangun daya tahan tubuh serta menjaga diri dari penyakit saat musim hujan datang.

1. Mengonsumsi makanan kaya gizi

Langkah awal untuk menjaga kesehatan anda sebenarnya sangatlah sederhana. Memulainya dari mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi merupakan salah satu langkah paling efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi dalam setiap hari, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serta serat. Apabila komponen ini terpenuhi, efek lainnya seperti penurunan berat badan dapat terjadi, tentunya jika dibarengi dengan gaya hidup aktif. Selain itu, beberapa jenis makanan, seperti bawang putih, jamur, salmon, jeruk, dan berbagai macam sayuran juga dapat membangun daya tahan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit saat musim hujan.

2. Mendapatkan tidur yang cukup setiap malam

Dewasa ini, semakin sulit bagi kebanyakan orang untuk mendapatkan tidur yang cukup. Mulai dari gaya hidup, hingga kebiasaan menggunakan gadget menjadi beberapa faktor pemicunya. Padahal, tidur merupakan aktifitas penting bagi setiap orang, dimana tubuh mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, membuang toksin, serta meregulasi hormon. Pakar kesehatan merekomendasikan untuk tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam. Dengan tidur yang cukup, anda tidak hanya akan merasa segar di pagi hari, tetapi juga selalu memiliki daya tahan tubuh yang prima.

3. Mencuci tangan secara rutin

Menjaga kebersihan sudah selayaknya menjadi kebiasaan yang selalu diterapkan pada kehidupan sehari-hari, dengan atau tidak adanya pandemi. Sebagai contoh, mencuci tangan dapat memperkecil kemungkinan anda terkena penyakit yang diakibatkan oleh bakteri maupun virus. Oleh karena itu, biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, menggosok telapak dan sela-sela jari sebelum dibilas dengan air.

4. Perbanyak konsumsi air putih

Mengingat cuaca yang cenderung lebih sejuk dan bahkan dingin saat musim penghujan, tubuh tidak sering berkeringat dan anda kemungkinan tidak mudah merasa haus dibandingkan saat musim kemarau. Meski begitu, hidrasi rutin selalu diperlukan tubuh demi kelancaran metabolisme dan distribusi mineral ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi setidaknya 2 liter air setiap harinya direkomendasikan oleh para pakar kesehatan. Apabila anda ingin menghangatkan tubuh saat cuaca hujan, minuman hangat seperti bandrek ataupun teh herbal juga direkomendaikan untuk menghindarkan anda dari resiko pilek dan flu.

5. Tetap melakukan olahraga rutin

Meskipun cuaca hujan seringkali menghambat aktivitas anda di luar ruangan, termasuk melakukan aktivitas olahraga, sebetulnya bukan menjadi alasan bagi anda untuk tidak berolahraga. Pilihan olahraga di dalam ruangan mungkin terbatas, namun perlu diingat bahwa olahraga rutin penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. 

Pada hari-hari dimana anda dapat keluar rumah dan cuaca tidak hujan, manfaatkan ruang waktu tersebut untuk mendapatkan sinar matahari. Sebagai salah satu sumber vitamin D yang memiliki manfaat bagi daya tahan tubuh, terekspos sinar matahari juga dapat membantu anda tidur lebih nyenyak dan memperbaiki mood. 

OK
OK