DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Kesehatan 13 August 2021
Oleh: Natasha Tanga

5 Langkah Mudah Untuk Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

BACA JURNAL

Daya tahan tubuh merupakan sebuah elemen yang penting dalam usaha menjaga kesehatan. Kebiasaan yang anda lakukan sehari-hari, tentunya memiliki pengaruh terhadap respons tubuh ketika dihadapkan pada infeksi virus maupun bakteri. Meski tidak ada cara cepat untuk meningkatkan imunitas anda, ada beberapa rutinitas yang layak anda terapkan pada kehidupan sehari-hari demi menjaga agar kesehatan anda selalu prima. Pada jurnal minggu ini, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat anda lakukan agar daya tahan tubuh selalu terjaga, terutama di masa pandemi ini.

1. Menambah aktifitas fisik

Tidak perlu diragukan lagi jika olahraga rutin dapat meningkatkan kesehatan anda secara menyeluruh. Selain menjaga berat badan dan mendukung kelancaran metabolisme tubuh, olahraga teratur juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh apabila dilakukan dalam takaran yang wajar. Berolahraga selama 30 menit sehari dapar melancarkan aliran darah, mengurangi produksi hormon penyebab stress, serta mengurangi inflamasi. Semua faktor ini berkontribusi pada tingkat imunitas dan dapat mengurangi resiko terpapar penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Usahakan tidak memforsir diri anda saat berolahraga, karena olahraga berlebih justru dapat menurunkan daya tahan tubuh.

2. Terpapar sinar matahari

Meskipun mayoritas kegiatan anda kini dilakukan dari rumah, penting untuk tetap mendapatkan paparan sinar matahari setiap harinya, setidaknya 5-10 menit setiap hari telah mencukupi kebutuhan vitamin D harian anda. Tentunya, pastikan waktu anda berjemur ataupun menghadapi matahari pada saat tingkat UV tidak pada puncaknya, seperti di pagi hari ataupun menjelang sore hari. Asupan vitamin D penting untuk meningkatkan imunitas serta membantu memelihara kesehatan tulang. Alangkah baiknya apabila hal ini dibarengi dengan aktifitas olahraga di luar ruangan karena dapat juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Mengurangi asupan gulaDiet anda tentunya menjadi salah satu faktor utama penentu kesehatan. Di masa pandemi ini, kegiatan fisik tentunya berkurang karena faktor mobilitas yang juga berkurang. Oleh karena itu, selain dengan memperbanyak olahraga atau kegiatan fisik lainnya, anda juga perlu memperhatikan asupan glukosa yang anda konsumsi. Kurangi konsumsi karbohidrat yang berlebihan, serta makanan olahan yang mengandung gula, seperti kue, biskuit, ataupun minuman manis seperti minuman ringan dan boba.

4. Mendapatkan tidur yang cukup

Bagi sebagian orang, tidur malam merupakan hal yang sulit dilakukan akibat insomnia, kurang terpapar sinar matahari, ataupun terlalu lama menggunakan gawai sebelum pergi tidur. Sebetulnya, tubuh memiliki jam alami yang mengatur kapan seharusnya anda pergi tidur dan kapan anda harus bangun di pagi hari. Meski begitu, apabila pengaturan ini terhambat akibat berbagai faktor yang telah disebutkan, tubuh tentunya akan kekurangan tidur dan berpengaruh pada perbaharuan sel-sel dan pembuangan toksin dari dalam tubuh. Selain itu, kurang tidur juga dapat menurunkan imunitas serta memperburuk mood anda. Oleh karena itu, pastikan anda mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya, setidaknya 7-9 jam setiap malam agar daya tahan tubuh anda selalu optimal.

5. Menjaga kesehatan mental

Terakhir, kondisi pikiran anda juga menentukan tingkat kesehatan anda, termasuk daya tahan tubuh. Stres misalnya, dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol serta menurunkan produksi sel darah putih. Meski sedikit kandungan kortisol dalam darah justru dapat meningkatkan imunitas, produksi kortisol berlebih dapat memperbesar potensi inflamasi dan melemahkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, pastikan anda memiliki langkah-langkah tersendiri dalam mengatasi stress, misalnya melakukan hobi anda ataupun melakukan meditasi.

OK
OK