DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 10 April 2020
Oleh: Natasha Tanga

5 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

BACA JURNAL

Langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19 secara fisik tentunya telah dilakukan berbagai pihak. Namun, langkah yang tak kalah pentingnya adalah untuk menjaga kesehatan pikiran anda, di tengah berita-berita mengenai pandemi tersebut yang malah dapat membuat pikiran anda kalut dan cenderung paranoid. Oleh karena itu, pada jurnal minggu ini, kami akan memberikan anda beberapa tips penting untuk menjaga kesehatan pikiran anda ditengah pandemi ini.

1. Saring informasi yang anda terima

Dengan penggunaan yang wajar dan terukur, alat komunikasi seperti smartphone dan media sosial tentu berguna untuk bertukar informasi antar individu. Namun, banyak dari konten dan pesan yang anda terima dapat memberi efek yang kurang baik bagi pikiran, terlebih jika anda tidak menyaringnya terlebih dahulu. Anda dapat selalu memverifikasi informasi yang anda terima dengan melakukan pencarian di Google, dan kemudian menentukan kebenaran informasi tersebut dan apakah informasi tersebut layak untuk dibagikan kembali kepada orang-orang yang anda kenal. Apabila informasi tersebut salah, anda juga dapat mengoreksi dan membagikan berita yang benar.

2. Jangan terlalu sering mengonsumsi berita

Tak bisa dipungkiri bahwa media telah menjadi bagian utama kehidupan sehari-hari, khususnya di jaman digital ini. Publik tak lagi harus mengakses berita lewat media cetak atau televisi, tetapi akses berita di situs online dan media sosial juga semakin mudah dijangkau. Meski begitu, berita yang anda konsumsi secara sadar maupun tidak sadar diserap masuk ke dalam pikiran anda, dan pikiran dapat memberikan kesimpulan-kesimpulan yang sebetulnya belum tentu benar ataupun dapat menjadi kenyataan. Rasa stress yang ditimbulkan ini dapat menyebabkan reaksi psikosomatis dalam tubuh dan membuat orang mengalami gejala suatu penyakit. Hal ini tentunya tidak anda inginkan untuk terjadi. Oleh sebab itu, kami menyarankan anda untuk mengurnagi konsumsi berita, apabila hal tersebut membuat anda merasa stress dan terbawa pikiran.

3. Fokuskan diri untuk menjaga kewarasan berpikir

Kebanyakan orang mungkin tidak terbiasa berada di rumah untuk jangka waktu yang panjang, terlebih lagi apabila kebiasaan sehari-harinya mengharuskan untuk selalu beraktifitas diluar rumah. Rasa bosan tentu cenderung menjadi umum pada waktu ini. Oleh karena itu, anda hendaknya tetap menjaga diri agar selalu aktif secara fisik maupun mental. Men sana in corpore sano, salah satu peribahasa Latin, yang memiliki arti bahwa di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat. Kedua faktor ini memiliki keterkaitan yang erat dan tentunya harus dijaga secara bersamaan. Sediakan waktu untuk berolahraga setiap harinya agar metabolisme tubuh berjalan lancar sekaligus menjaga pikiran anda tetap sehat.

4. Dukunglah komunitas terdekat anda

Di waktu yang sulit ini, setiap orang sedang melalui rintangan yang cukup berat dalam kehidupannya, baik dalam hal pekerjaan maupun hal ekonomi. Daripada merasa tertekan dan stress, anda dapat memilih untuk mengarahkan energi yang anda miliki untuk membantu orang-orang yang anda ketahui sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan anda. Sebagai contoh, anda dapat membantu membagikan sembako ataupun hal yang lebih sederhana, seperti memberikan tip pada orang yang mengantarkan makanan anda. Usaha-usaha ini tentunya dapat membantu sesama dalam keadaan yang tak menentu ini.

5. Tetap memegang teguh kepercayaan anda

Terakhir, apabila anda memiliki sebuah kepercayaan, penting untuk memegang teguh kepercayaan tersebut saat masa-masa sulit ini. Ketika hal-hal lain terlihat tidak mungkin untuk dilakukan, kepercayaan yang anda miliki dapat menjadi poros anda untuk terus melangkah maju dan menghadapi rintangan yang tengah melanda, khususnya ditengah pandemi COVID-19 ini.

OK
OK