DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 24 April 2020
Oleh: Natasha Tanga

3 Alasan Kunyit Baik Digunakan Untuk Mencegah Infeksi Virus

BACA JURNAL

Curcuma longa, atau yang biasa dikenal sebagai kunyit, merupakan tanaman herba yang banyak terdapat di Indonesian. Baunya yang khas dan warnanya yang kuning keemasan banyak digunakan untuk keperluan memasak. Selain itu, kunyit juga dikenal baik untuk membantu kesehatan pencernaan dan mengobati beberapa jenis penyakit. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa khasiat kunyit, sekaligus fungsinya dalam menangkal serangan virus.

1. Kaya antioksidan

Menurut riset, kunyit merupakan tanaman herba yang kaya kandungan antioksidan, antimikrobial, serta anti-inflamasi. Komponen aktif pada kunyit yang disebut curcumin memiliki fungsi untuk melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti dementia dan kerusakan akibat infeksi virus. Beberapa studi juga telah menunjukkan bahwa curcumin merangsang produksi salah satu antioksidan, yaitu bilirubin. Oleh karena itu, kunyit juga dapat menangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memperbaiki respon tubuh terhadap infeksi.

2. Mengurangi inflamasi

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus, serta mengurangi rasa sakit dari inflamasi kronis, seperti nyeri sendi pada penderita arthritis. Selain itu, kunyit juga dapat mengurangi rasa sakit pada otot akibat olahraga dan memperbaiki fungsi fisik secara keseluruhan. Beberapa riset juga menyatakan, kunyit dapat bekerja efektif untuk mengurangi inflamasi setaraf dengan ibuprofen dan aspirin.

3. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Di tengah pandemi ini, banyak orang memilih mengonsumsi suplemen yang meningkatkan imunitas tubuh dan mengurangi resiko paparan penyakit menular. Kunyit dapat menjadi salah satu pilihan anda untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Studi telah menunjukkan bahwa curcumin pada kunyit memiliki kandungan anti-viral dan dapat mengurangi gejala yang dialami akibat infeksi virus. Hal ini disebabkan karena curcumin membantu mengurangi replikasi virus hingga 90 persen dan melindungi sel-sel lain yang belum terinfeksi virus.

Kunyit dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk maupun kapsul, dan dapat digunakan sebagai suplemen maupun obat herbal. Rangkaian Relief Sari Kunyit dari Herbana dapat menjadi solusi suplemen alami yang aman untuk anda konsumsi setiap hari, demi menjaga kesehatan pencernaan dan imunitas tubuh.

OK
OK