Kemampuan untuk membeli dan memiliki banyak barang tentunya sering menjadi ukuran kemampuan finansial seseorang di mata orang lain. Namun, sadarkah anda berapa banyak barang yang anda perlukan untuk hidup. dan bukan sekedar keinginan? Selain itu, apakah anda menyadari faktor-faktor yang diperlukan untuk menjaga dan merawat barang yang menumpuk di rumah maupun kantor? Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa manfaat yang dapat anda peroleh apabila anda dapat menahan diri untuk tidak menjadi konsumtif dan membatasi jumlah barang-barang yang anda miliki.
1. Mengurangi stress yang disebabkan oleh menumpuknya barang
Seringkali kita menganggap enteng tumpukan barang yang berada di rumah maupun kantor. Padahal, secara tidak sadar, tumpukan tersebut dapat menjadi pemicu kegelisahan dan stress dalam hidup. Secara visual, apa yang kita pandang hanyalah tumpukan barang yang berantakan dan membuatnya tidak dapat beristirahat. Belum lagi ketika anda harus mencari sebuah barang di dalam tumpukan tersebut. Oleh karena itu, kurangilah barang-barang milik anda dan hanya simpan yang diperlukan agar tidak mengganggu keharmonisan hidup. Sisihkan waktu untuk membereskan barang-barang, baik di rumah maupun kantor sebelum menumpuk dan anda menjadi enggan untuk membereskannya.
2. Menciptakan lingkungan yang lebih sehat
Ketika anda memiliki banyak barang yang tercecer dan tidak rapi, tentunya akan memakan banyak waktu untuk merapikannya. Jika tidak dirapikan, barang-barang tersebut dapat menjadi berdebu dan lebih parahnya lagi, menjadi sarang binatang kecil seperti cicak dan tikus. Oleh karena itu, tatalah ruang aktivitas anda sedemikian rupa agar tidak tercemar oleh debu yang berlebihan dan kotoran lainnya. Hal ini juga dapat memperbaiki kualitas udara yang anda hirup agar tidak menimbulkan alergi maupun penyakit respiratori lainnya.
3. Menjadi lebih fokus pada hal-hal yang tengah dikerjakan
Tumpukan barang-barang yang tidak teratur dapat mengganggu kemampuan berkonsentrasi dan memproses informasi dalam pikiran anda. Hanya dalam keadaan bersih dan teratur, baru kemudian anda dapat kembali bekerja tanpa gangguan dengan lebih efektif. Selain itu, dengan berkurangnya barang, anda juga dapat mengurangi waktu berbenah agar dapat menggunakan waktu tersebut untuk melakukan hobi, bersantai bersama keluarga, maupun beristirahat.
4. Lebih efisien dalam melakukan pekerjaan
Anda tentunya tidak akan membuang waktu mencari-cari barang yang anda perlukan apabila lingkungan anda tertata rapi dan tidak terdapat tumpukan barang. Ini artinya, anda dapat memiliki waktu lebih banyak untuk berkonsentrasi terhadap pekerjaan kantor, kegiatan di rumah, maupun kegiatan lainnya. Jangan pernah menunda kegiatan merapikan barang ketika anda memiliki waktu agar tidak menumpuk semakin banyak barang yang kurang diperlukan.
5. Mengurangi pengeluaran anda
Poin terakhir ini merupakan yang paling nyata manfaatnya, karena memiliki sedikit barang berarti tingkat konsumsi anda rendah, dan tentunya membuat anda dapat menabung lebih banyak. Selain itu, dengan keterbatasan ruang penyimpanan yang anda miliki, baik di rumah maupun di kantor, ruang anda akan selalu kelihatan rapi karena tidak banyak barang yang memenuhi dan cenderung menumpuk. Hal ini akan berpengaruh pada pikiran anda, sehingga anda dapat hidup lebih efektif dengan mengutamakan kesederhanaan.