DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 15 July 2019
Oleh: Natasha Tanga

7 Manfaat Mengonsumsi Buah dan Sayuran Setiap Hari

BACA JURNAL

Gaya hidup sehat seringkali tercermin melalui kebiasaan anda sehari-hari, termasuk makanan apa yang anda konsumsi. Rutin mengonsumsi buah dan sayuran penting untuk memelihara kesehatan tubuh karena kedua bahan makanan tersebut telah terbukti manfaatnya bagi kesehatan. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa manfaat mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari demi kesehatan yang optimal.

1. Mencukupi kebutuhan serat harian

Kaya akan serat, buah dan sayuran penting untuk dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kelancaran pencernaan anda dan mengurangi resiko sembelit. Mengonsumsi buah-buahan saat sarapan juga bermanfaat bagi tubuh karena nutrisinya akan lebih efektif diserap pada perut kosong. Beberapa contoh buah dan sayuran yang kaya serat yakni sayuran hijau seperti bayam, buah beri, dan labu. Anda juga bisa mengonsumsi buah dan sayuran lain yang lebih umum seperti pisang, apel, pir, dan sayuran hijau lainnya agar kebutuhan serat tetap tercukupi.

2. Memperkuat daya tahan tubuh

Buah dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang berguna untuk membangun daya tahan tubuh anda terhadap penyakit. Contohnya, rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat membantu anda menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan serangan jantung, beberapa jenis kanker, menurunkan resiko penyakit mata dan pencernaan, serta menstabilkan gula darah.

3. Mengurangi resiko kolesterol

Apabila anda salah satu orang yang sering mengonsumsi makanan berlemak, kebiasaan mengonsumsi buah dan sayuran dapat membantu anda menurunkan lemak jenuh (LDL) dalam tubuh yang dapat menjadi penyebab kolesterol. Kaya akan antioksidan, 2 jenis makanan ini mencegah lemak jenuh tersebut beroksidasi dan membentuk plak dalam saluran arteri anda yang dapat menjadi penyebab penyakit kardiovaskuler.

4. Mengontrol nafsu makan anda

Mengonsumsi seporsi salad sebelum makan siang atau malam dapat membantu anda merasa kenyang lebih cepat agar anda terhindar dari resiko makan berlebih. Selain itu, gantilah snack anda dengan buah agar lebih kaya nutrisi dan membuat anda terhindar dari keinginan makan makanan yang kurang sehat.

5. Menstabilkan kadar gula darah

Secara umum, makanan yang kaya serat seperti sayur dan buah mengandung kadar glikemik (GI) yang rendah. Apabila anda memiliki diabetes maupun cenderung memiliki gula darah yang tidak stabil, anda tetap direkomendasikan untuk mengonsumsi buah-buahan, dengan catatan tidak berlebihan dan sesuai porsinya. Perlu diingat juga, buah-buahan sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk aslinya dan bukan dalam bentuk jus karena dapat mengurangi kandungan nutrisinya. Buah-buahan tidak mengacaukan kadar gula dalam darah seperti layaknya makanan berkarbohidrat seperti roti dan makanan olahan lainnya.

6. Menjaga kesehatan mental

Kebiasaan mengonsumsi buah dan sayuran tidak hanya dapat membantu memperbaiki tubuh secara jasmani, tetapi juga secara mental. Hal ini dapat dicapai apabila anda mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Kemudian, tubuh dapat memproduksi hormon serotonin yang meregulasi keadaan emosi, rasa kantuk, serta nafsu makan. Serotonin dibuat dalam saluran pencernaan, sehingga apabila anda menjaga kesehatan pencernaan, maka produksi hormon ini juga akan semakin lancar. Selain itu, mengonsumsi makanan kaya prebiotik seperti sayuran hijau juga dapat menurunkan kadar kegelisahan dan mencerahkan keadaan mental anda. Perlu diingat juga untuk mengurangi konsumsi makanan manis dan makanan olahan lainnya agar efek yang didapat dari sayuran dan buah-buahan bekerja dengan maksimal.

7. Merawat kesehatan rambut dan kulit secara alami.

Tentunya, ada alternatif alami yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut dari dalam tubuh. Dengan menjaga jenis makanan yang anda konsumsi dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, anda dapat memperbaiki kondisi diri tanpa memerlukan bantuan kosmetik. Kaya akan vitamin A, C, E, serta kandungan berbagai antioksidan dan karotenoid, sayur dan buah-buahan tentunya memiliki efek anti-inflamasi untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut dari dalam.

OK
OK