DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 1 January 2020
Oleh: Natasha Tanga

5 Alasan Pentingnya Menulis Jurnal Kesehatan Secara Rutin

BACA JURNAL

Kebanyakan dari kita seringkali merasa disibukkan dengan aktivitas sehari-hari hingga melupakan kesehatan. Ketika jatuh sakit, barulah kita menyadari pentingnya memperhatikan kesehatan tubuh. Perlu diingat bahwa kesehatan tidak hanya diukur dari kesehatan fisik saja, namun juga termasuk kesehatan mental dan kebiasaan hidup yang sehat. Hal-hal ini tentunya dapat dilakukan apabila kita memilki kesadaran untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, dan salah satu langkahnya adalah dengan memiliki jurnal kesehatan yang digunakan untuk memantau progress kesehatan anda setap harinya. Pada jurnal minggu ini, kami akan memberikan beberapa alasan pentingnya memantau kesehatan anda melalui jurnal kesehatan, serta manfaatnya.

1. Mencatat asupan makanan harian anda

Memiliki jurnal kesehatan ataupun jurnal makanan merupakan sebuah hal yang umum bagi khalayak yang ingin menurunkan berat badan. Meski begitu, apabila anda sedang tidak mengikuti program diet, jurnal makanan dapat membantu anda memantau jenis makanan yang anda konsumsi setiap harinya, termasuk kandungan kalori, lemak, sodium, gula, serta nutrisi lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan anda. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat membantu anda mengetahui apabila anda memiliki alergi atau sensitivitas terhadap bahan makanan tertentu. Memantau konsumsi air sehari-hari juga dapat membantu anda mengonsumsi air 2 liter setiap harinya.

2. Memantau kebiasaan olah raga

Tidak disiplin dalam memantau perkembangan adalah satu alasan mengapa banyak orang gagal mengikuti rutinitas olahraga dan tidak melihat adanya perubahan dari fisik mereka. Oleh karena itu, penting untuk mencatat setiap kebiasaan olahraga melalui jurnal agar anda dapat lebih termotivasi untuk membangun kebiasaan yang lebih baik bagi kesehatan.

3. Memantau gangguan kesehatan yang mungkin dialami

Untuk memantau keluhan kesehatan maupun sakit yang mungkin dialami di saat-saat yang tidak terduga, mencatat setiap pola yang terjadi pada jurnal kesehatan dapat membantu anda membandingkan pola konsumsi dengan alergi yang mungkin anda alami, maupun gangguan kesehatan lainnya. Informasi tersebut tentunya dapat anda pergunakan sebagai acuan untuk berkonsultasi dengan dokter.

4. Sebagai salah satu terapi bagi kesehatan emosi

Menuliskan jurnal keseharan juga penting untuk memelihara kesehatan mental dan kestabilan emosi. Menulis dapat digunakan sebagai kebiasaan terapeutik yang dapat membantu anda meluapkan segala perasaan yang mungkin terpendam dalam diri dan dapat mengganggu kesehatan mental dalam jangka panjang. Selain itu, menulis jurnal juga dapat membantu anda mengurangi rasa depresi, cemas, serta memberikan sudut pandang yang berbeda dalam mengatasi permasalahan yang mungkin anda hadapi dalam kehidupan.

5. Memantau siklus haid

Poin ini penting, khususnya bagi kaum perempuan. Memantau siklus menstruasi setiap bulannya baik untuk mengetahui pola ovulasi, terutama bagi perempuan yang sedang merencanakan kehamilan. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat membantu wanita mengetahui panjang siklus haidnnya agar dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak biasa, dan apabila terjadi dapat segera ditangani oleh dokter spesialis.

OK
OK