DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 26 March 2021
Oleh: Natasha Tanga

3 Manfaat Konsumsi Pegagan Bagi Kesehatan Kulit

BACA JURNAL

Sebagai tanaman herba adaptogenik, gotu kola atau yang dikenal di Indonesia sebagai pegagan memiliki banyak manfaat kesehatan. Tumbuhan yang kaya antioksidan ini dapat digunakan untuk membantu tubuh menanggulangi inflamasi dan melindungi sel-sel tubuh. Pegagan juga dikenal dapat memperbaiki kesehatan kulit dan digunakan sebagai bahan berbagai produk skincare (banyak dikenal dengan nama Latinnya Centella Asiatica). Mengonsumsi pegagan sebagai suplemen tidak hanya memiliki efek baik bagi tubuh, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa manfaat yang ditawarkan pegagan bagi kesehatan kulit anda.

1. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Perkataan "mengonsumsi perawatan kulit anda" dapat diartikan jika anda mengonsumsi makanan atau tumbuhan herba yang memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Berbagai jenis sayuran, buah-buahan, hingga tanaman herba tentunya memiliki manfaat kesehatan yang berbeda-beda, termasuk merawat kulit agar tetap sehat. Dalam hal ini, konsumsi pegagan dapat membantu meregulasi mood hingga merawat kulit anda dari faktor eksternal maupun internal.

Pegagan memiliki kandungan asam amino, beta karotin, asam lemak, dan bahan fitokimia lainnya untuk melindungi kulit dari stress eksternal dan melawan tanda-tanda penuaan. Konsumsi rutin ekstrak tumbuhan ini juga dapat memperbaiki jaringan kulit dan kulit kepala, serta memperkuat sel-sel kulit agar dapat meregenerasi dengan optimal.

2. Mengencangkan kulit

Pegagan kaya akan nutrisi, salah satunya disebut triterpene saponins. Komponen ini dapat melindungi sel-sel kulit dan membuatnya tetap kencang. Selain itu, antioksidan yang dikandung pegagan juga membantu melawan tanda-tanda penuaan akibat radikal bebas, membuatnya menjadi salah satu bahan utama yang digunakan dalam produk perawatan kulit yang mencegah penuaan.

Beberapa studi menunjukkan bahwa pegagan juga dikenal dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Komponen tersebut penting diperoleh tubuh untuk menjaga kulit tetap kenyal, serta mencegah dan mengurangi pembentukan selulit.

3. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Selain kaya akan antioksidan untuk melindungi sel kulit dan mencegah inflamasi dalam tubuh, pegagan juga dapat meningkatkan fungsi dan elastisitas pembuluh darah, yang kemudian bermanfaat bagi peredaran darah. Hal ini tentunya baik bagi kesehatan kulit dan dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Mulai dari pembentukan selulit, varises, hingga jerawat dan bekas luka, konsumsi rutin suplemen pegagan dapat membantu memperbaiki keadaan tersebut.

OK
OK