DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 2 April 2021
Oleh: Natasha Tanga

5 Langkah Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

BACA JURNAL

Sebagai salah satu organ penting dalam tubuh, ginjal berperan sebagai filter darah dan menghindarkan anda dari penumpukan racun di dalam tubuh. Meskipun ukurannya kecil, ginjal juga dapat membantu menstabilkan level elektrolit dalam tubuh, meningkatkan produksi hormon yang membuat sel darah merah, serta meregulasi tekanan darah anda. Tak ayal jika orang-orang yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi berpotensi besar mengalami penyakit ginjal. Agar anda dapat terhindar dari hal-hal ini, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal anda.

1. Konsumsi air yang cukup

Air merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan, termasuk menjaga kelancaran transportasi nutrisi ke seluruh tubuh dan fungsi organ-organ anda. Air juga diperlukan untuk mendukung fungsi ginjal, menyaring garam dan membuang racun dari dalam tubuh. Beberapa ahli kesehatan menganjurkan konsumsi air sebanyak 1,5 hingga 2 liter setiap harinya, tentunya mengacu pada iklim, jenis kelamin, serta kondisi kesehatan anda. Meski begitu, konsumsi air melebihi anjuran belum terbukti memberikan manfaat kesehatan yang lebih.

Salah satu cara untuk menentukan apakah anda mengonsumsi cukup air, adalah dengan memperhatikan warna urin anda. Warna urin yang tidak umum mungkin dapat dijumpai apabila anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Namun, dalam keadaan normal, sebaiknya urin berwarna bening dan sedikit kekuningan. Warna urin yang lebih pekat dapat mengindikasi kurangnya cairan dalam tubuh.

2. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Kelancaran fungsi organ tubuh juga dipengaruhi oleh makanan yang anda konsumsi. Makanan yang bernutrisi tentunya dapat menjaga kesehatan tubuh anda. Ketidakseimbangan nutrisi yang didapatkan dapat mempengaruhi kesehatan. Misalnya jika anda mengonsumsi sodium dalam jumlah banyak, dapat meningkatkan resiko kenaikan tekanan darah. Konsumsi karbohidrat sederhana dan makanan manis secara berlebihan, juga dapat memicu potensi diabetes tipe 2.

Banyak permasalahan ginjal yang berakar dari kondisi yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu, sebaiknya anda membatasi konsumsi jenis makanan tersebut. Perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, protein, serta biji-bijian agar anda dapat terhindar dari gangguan ginjal dan menjaga berat badan agar tetap sehat. Selain itu, diet seimbang juga dapat membantu mengurangi akumulasi toksin dalam tubuh dan meningkatkan asupan vitamin dan mineral, agar organ-organ dapat berfungsi secara optimal.

3. Hindari konsumsi obat-obatan secara berlebihan

Hal-hal yang anda gunakan secara topikal pada kulit maupun obat-obatan yang anda konsumsi, semuanya akan diserap dan masuk ke dalam sistem penyaringan tubuh, termasuk ginjal anda. Oleh karena itu, selektiflah dalam memilih obat-obatan yang hendak anda konsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi obat dalam jangka wakti ekstensif dapat mengganggu fungsi ginjal. Bahkan, studi juga menunjukkan bahwa obat-obatan umum seperti ibuprofen ataupun obat penghilang sakit lainnya dapat merusak ginjal anda apabila dikonsumsi secara terus-menerus.

Beberapa jenis suplemen herbal dapat membantu kesehatan fungsi ginjal. Salah satunya adalah Relief Sari Meniran dari Herbana, yang teruji klinis dapat membantu mengurangi pembentukan batu ginjal, di samping fungsi utamanya untuk meningkatkan respon imun. Meski begitu, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen, terutama apabila penggunaannya dibarengi dengan konsumsi obat-obatan lain.

4. Rutin berolahraga

Sebagai perpanjangan dari usaha menjaga kesehatan tubuh dan fungsi organ, melakukan olahraga rutin dapat menjadi salah satu solusinya. Olahraga teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menjaga berat badan anda, sekaligus meregulasi tekanan darah. Seperti telah disebutkan sebelumnya, tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor pemicu gangguan ginjal apabila tidak dikontrol dengan baik. Oleh karena itu, rajinlah berolahraga demi menjaga kesehatan ginjal anda.

5. Hentikan kebiasaan yang kurang menyehatkan

Bagi beberapa orang, kebiasaan merokok ataupun minum minuman beralkohol merupakan kebiasaan yang sulit dihilangkan. Meski begitu, mengurangi ataupun berhenti total melakukan hal-hal ini dapat memiliki manfaat bagi kesehatan ginjal anda. Jika anda tidak serius mengontrol kebiasaan-kebiasaan ini, seperti mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama, dapat mengganggu kesehatan hati dan ginjal anda. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan gagal ginjal.

Kebiasaan merokok juga dapat membebani ginjal anda, karena rokok meningkatkan konsentrasi racun dalam tubuh. Merokok juga memiliki efek buruk bagi pembuluh darah dan mengganggu kelancaran jalan darah anda. Ginjal tidak akan dapat berfungsi optimal tanpa jalan darah yang lancar, seperti halnya organ-organ tubuh lainnya.

OK
OK