DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 6 March 2016
Oleh: Natasha Tanga

Manfaat Melakukan Detoks Teknologi

BACA JURNAL

Seiring perkembangan teknologi yang pesat, tentunya banyak dari kita yang menggunakan internet dan berpartisipasi dalam media sosial setiap harinya karena sebegitu besar pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari. Pernahkah anda berpikir dan melihat kembali bagaimana orang-orang hidup sebelum adanya kemudahan yang ditawarkan oleh internet? Kebanyakan dari kita, justru menganggap remeh kemudahan yang sekarang dapat kita peroleh dan tanpa sadar mempengaruhi fisik dan mental kita. Dalam jurnal minggu ini, kami akan membahas efek samping dari perkembangan teknologi serta manfaat yang dapat diperoleh dari detoks teknologi.

Mengapa kita dapat menjadi kecanduan teknologi?

Manusia adalah makhluk kebiasaan; artinya, ketika manusia menjadi terbiasa menggunakan suatu hal atau pola kelakuan, akan sulit untuk merubah kebiasaan tersebut dan kembali ke langkah pertama. Seiring perkembangan cepat teknologi dalam beberapa tahun terakhir, sedikit demi sedikit mereka diperkenalkan sebagai salah satu komponen penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Seringkali anda dapat melihat orang-orang yang kelihatan sibuk dengan gadget mereka, bahkan ketika mereka tidak memiliki pesan penting untuk dibalas. Dalam hal ini, gadget berubah fungsi menjadi bukan hanya alat telekomunikasi, akan tetapi menjadi suatu "zona nyaman" dimana individu dapat menghindari interaksi antar manusia.

Manfaat kesehatan apa yang dapat diperoleh jika kita tidak menggunakan gadget-gadget ini?

Sadar atau tidak, ketergantungan akan gadget dan internet ini tidak lepas dari pengaruh fisik dan psikis yang dapat terjadi kepada setiap penggunanya. Riset menyatakan bahwa individu-individu yang menggunakan gadget & internet selama 6 jam setiap harinya mengalami peningkatan detak jantung, tekanan darah, serta kegelisahan ketika tidak menggunakan gadget mereka. Lebih daripada itu, resiko depresi, rasa kesepian dan kegelisahan juga meningkat ketika individu terbiasa menggunakan media sosial daripada berinteraksi dengan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar.

Maka dari itu, untuk mencegah resiko tersebut, bijaklah dalam mengatur waktu penggunaan gadget dan internet. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari detoks teknologi:

1. Menjadi lebih peka terhadap momen saat ini

Sebagai efek samping dari era digital, banyak pengguna teknologi yang menunjukkan tendensi kegelisahan dan melupakan kehidupan yang sedang berjalan saat ini. Padahal, hal tersebut sangat penting untuk memiliki ketenangan serta kondisi psikis yang sehat, daripada cepat terpengaruh apa yang dilihat di media sosial. Dengan melakukan detoks ini, anda akan menjadi lebih apresiatif terhadap kehidupan di sekitar anda dan fokus kepada masa sekarang. Riset membuktikan bahwa hal ini dapat mengurangi tingkat stress, menurunkan tekanan darah, serta kesehatan psikis yang lebih baik.

2. Memperkuat daya pikir anda

Banyaknya informaasi yang diperoleh dari internet menyebabkan kerja otak yang malah menjadi tidak produktif. Tentu saja, suplemen otak, seperti Relief Sari Kunyit dari Herbana sangat diperlukan untuk kinerja otak, akan tetapi memelihara kesehatan otak dengan melakukan detoks digital juga penting untuk meningkatkan kreativitas anda dan membuahkan suatu karya yang inovatif.

3. Terhindar dari sindrom multitasking

Berbeda dari apa yang dipercaya khalayak ramai, multitasking atau mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus, sebenarnya merupakan kebiasaan kontra produktif yang tidak akan menguntungkan anda. Otak tidak dirancang untuk memiliki kapasitas mental dimana anda dapat membalas pesan singkat sambil berbicara dengan orang lain. Seringkali jika hal tersebut terjadi, anda tidak berkonsentrasi terhadap topik yang dibicarakan atau anda tidak sadar apa yang anda ketik masuk akal ataupun tidak. Maka dari itu, sangat penting untuk memfokuskan diri pada satu hal saja dan tidak membingungkan pikiran anda

4. Membangun tingkat produktifitas

Berhubungan dengan poin nomor 3, tidak menggunakan gadget anda atau menonton TV dapat membuat anda lebih produktif dari yang anda bayangkan. Hindari segala kemungkinan distraksi, matikan notifikasi dari gadget anda, dan berfokuslah pada pekerjaan anda saat itu. Bukan tidak mungkin, anda dapat selesai lebih cepat dari biasanya dan masih memiliki waktu senggang untuk melakukan hal lainnya!

5. Kualitas tidur yang lebih baik

Layar pada gadget, laptop, dan TV memiliki pengaruh dalam kemampuan kita untuk tertidur. Hormon melatonin yang memiliki fungsi membuat kita terlelap, seringkali terganggu produksinya apabila kita menggunakan gadget sebelum tidur. Oleh karena itu, kurangilah penggunaan gadget di malam hari dan rasakan perbedaan kualitas istirahat malam anda.

OK
OK