DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 20 March 2018
Oleh: Natasha Tanga

5 Langkah Mudah untuk Mengurangi Nyeri saat Haid

BACA JURNAL

Bertepatan dengan Hari Wanita Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2018 kemarin, jurnal Herbana pada bulan ini akan membahas seputar kesehatan wanita. Minggu ini, kami akan membahas tentang suatu hal yang tidak asing dialami oleh wanita saat haid. Berikut ini, kami telah menuliskan beberapa tips mudah yang dapat diterapkan ketika mengalami nyeri saat haid:

1. Lakukan olahraga ringan

Kami mengerti sakit yang dirasakan ketika anda mengalami jatuh tempo bulanan; meski tips ini akan sedikit terdengar kontradiktif, akan tetapi olahraga merupakan salah satu solusi untuk mengatasi nyeri saat haid. Olahraga ringan seperti jalan cepat maupun yoga, misalnya, dapat membantu mengurangi durasi dan intensitas rasa sakit yang anda alami. Ketika anda berolahraga, tubuh lebih banyak memompa darah, sehingga memicu produksi endorfin dan mengurangi rasa sakit. Berolahragalah secara rutin, sebanyak 3-4 kali seminggu untuk mengatasi nyeri haid anda.

2. Menggunakan kompres panas pada daerah nyeri 

Salah satu hal yang paling mudah dilakukan untuk mengurangi nyeri haid adalah dengan menggunakan kompres panas. Panas dapat merelaksasi otot yang berkontraksi di dalam uterus, sehingga mengurangi nyeri yang anda alami. Gunakanlah heating pad, botol plastik tahan panas ataupun botol kaca untuk mengompres daerah nyeri, dan jika dilakukan bersamaan dengan konsumsi ibuprofen, maka hasilnya akan jauh lebih efektif dalam menghilangkan nyeri.

3. Mengonsumsi jahe

Riset membuktikan bahwa jahe merupakan salah satu pilihan efektif dalam mengurangi inflamasi dan nyeri, termasuk nyeri saat haid. Mengonsumsi 2-3 cangkir teh jahe setiap harinya dapat membantu mengurangi rasa sakit tersebut. Apabila anda termasuk individu yang aktif dan cenderung memilih sesuatu yang lebih praktis, anda dapat mencoba suplemen Relief Sari Jahe Merah dari Herbana sebagai pengganti teh jahe.

Meskipun jahe didaulat sebagai bahan alami, ia tentu saja memiliki efek samping yang mungkin dapat terjadi apabila anda memiliki kondisi klinis. Oleh sebab itu, kami menganjurkan anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari komplikasi dengan penyakit lain yang anda miliki.

4. Makanlah makanan sehat & bergizi 

Seperti layaknya tips lain yang telah kami bahas pada jurnal-jurnal sebelumnya, perlu diingat pentingnya makanan terhadap kesehatan anda, termasuk saat datang bulan. Jika anda termasuk orang yang sering mengalami nyeri saat haid, sebaiknya anda menghindari konsumsi makanan berlemak seperti donat, kentang goreng, dan penganan goreng lainnya. Di sisi lain, perbanyaklah konsumsi karbohidrat berserat tinggi seperti nasi merah dan oatmeal, serta sayuran seperti bayam, brokoli, dan wortel.

5. Tidur & istirahat cukup  

Seperti yang kita semua ketahui, mendapatkan istirahat cukup sangat penting bagi kesehatan. Terlebih lagi saat datang bulan, karena gangguan tidur maupun istirahat yang dialami dapat mengganggu siklus alami, stabilitas hormonal dan dapat menyebabkan keletihan, kegelisahan, serta kram perut. Relaksasi merupakan faktor penting yang sering terlupakan dalam mengatasi nyeri haid.

Sebagai kesimpulan: nyeri saat datang bulan merupakan kejadian yang umum dialami oleh wanita. Akan tetapi, apabila gejala tersebut anda alami secara terus-menerus, ada kemungkinan bahwa anda menderita suatu kondisi klinis. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter ataupun tenaga medis berpengalaman lainnya agar anda dapat mengetahui penyakit yang mungkin anda alami, yang berhubungan dengan sistem reproduksi anda.

OK
OK