DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 1 November 2019
Oleh: Natasha Tanga

5 Manfaat Mengonsumsi Makanan Fermentasi

BACA JURNAL

Hubungan antara kesehatan pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan memang erat, karena makanan yang anda konsumsi dapat menentukan banyak hal, termasuk daya tahan tubuh dan mood anda. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan yang akan anda konsumsi. Beberapa jenis makanan memang dikenal dapat memelihara kesehatan anda, seperti makanan fermentasi. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa manfaat makanan fermentasi bagi kesehatan anda.

1. Memperbaiki kerja pencernaan

Mengonsumsi makanan fermentasi tentunya memberikan asupan bakteri baik bagi saluran pencernaan anda. Selain itu, konsumsi rutin dapat membantu menyeimbangkan kadar bakteri baik dan bakteri jahat pada sistem pencernaan anda dan membuatnya bekerja lebih optimal. Hal ini membantu anda mencerna makanan dengan baik dan nutrisi dari makanan dapat anda serap secara optimal.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Kesehatan pencernaan memiliki pengaruh besar bagi tingkat imunitas, karena dinding usus berperan besar untuk menjaga daya tahan tubuh. Apabila anda memiliki pola makan yang kurang baik, misalnya sering mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi, anda akan lebih rentan terkena inflamasi karena tingginya kadar bakteri buruk dalam pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan fermentasi yang kaya akan probiotik dapat membantu menambahkan jumlah bakteri baik dan menyeimbangkan flora pada saluran pencernaan anda.

3. Kaya akan nutrisi

Diperkaya dengan rangkaian vitamin dan mineral, makanan fermentasi kaya akan vitamin B, asam lemak omega-3, serta berbagai antioksidan. Makanan ini juga membantu memproduksi enzim yang berguna untuk pencernaan, laktase, serta asam laktat. Selain berguna bagi anda yang berniat untuk mengurangi berat badan, para ahli juga menyatakan bahwa makanan fermentasi dapat membantu melawan bakteri jahat serta pembentukan sel-sel kanker.

4. Membantu menurunkan berat badan

Makanan fermentasi membantu menurunkan berat badan karena kandungannya yang bersahabat untuk pencernaan. Selain itu, kebanyakan makanan fermentasi terbuat dari sayur-sayuran yang tentu kaya akan serat. Sebagai pembersih alami pencernaan, serat berperan penting dalam membantu penyerapan nutrisi sari makanan dan melancarkan pencernaan. Serat juga membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

5. Membantu mengurangi konsumsi gula

Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi. Hal ini dipicu karena makanan tersebut menjadi pakan bagi bakteri buruk yang terdapat pada saluran pencernaan.

Sebaliknya, dengan menambahkan makanan fermentasi ke dalam menu anda sehari-hari, dapat membantu anda mengurangi konsumsi gula berlebih. Anda menjadi terbiasa dengan rasa asam/pahit yang terkandung pada makanan fermentasi. Selain itu, kandungan lactobacillus pada makanan fermentasi juga dapat mengurangi bakteri jahat dan menambahkan asam laktat ke dalam saluran pencernaan, yang baik bagi penyerapan nutrisi.

OK
OK