DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 15 June 2018
Oleh: Natasha Tanga

Langkah Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Saat Lebaran

BACA JURNAL

Setelah sebulan berpuasa, hari yang ditunggu-tunggu Umat Muslim akhirnya datang juga. Saat Lebaran merupakan sesuatu yang istimewa; berkumpulnya sanak keluarga serta jamuan makan yang terasa tak ada habisnya, menjadi kegiatan yang umum terjadi. Meski begitu, penting untuk diingat bahwa menjaga nafsu makan pada saat ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu, pada jurnal minggu ini, kami akan membahas langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan saat berlebaran!

1. Pilihlah makanan secara bijak

Kue-kue dan kukis lebaran memang sudah tidak asing lagi disajikan di rumah-rumah keluarga. Namun, penting untuk diingat bahwa cemilan ini bermakna kurang baik bagi mereka yang tengah menjaga berat badan. Lalu, sekiranya bagaimanakah langkah yang dapat diambil untuk tetap menikmati Lebaran?

Salah satunya adalah dengan tidak mengonsumsi terlalu banyak kue-kue dan camilan Lebaran. Akan lebih baik untuk menyimpan ruang dalam perut untuk berbagai macam makanan lain. Konsumsilah makanan yang memang anda inginkan dan bukan hanya untuk merasa kenyang.

2. Pelajarilah macam-macam hidangan yang disajikan sebelum mengonsumsinya

Merupakan suatu pilihan bijak untuk merencanakan makanan yang ingin anda konsumsi dan seberapa banyak anda berencana untuk mengonsumsinya. Selain itu, berkelilinglah dahulu sebelum menyantap makanan agar anda dapat memilih dengan bijak dan tidak asal mengonsumsi makanan yang belum tentu anda inginkan. Dengan begini, anda dapat mengontrol jenis makanan yang anda makan dan mengurangi konsumsi makanan yang anda kurang suka. Apabila anda ingin mencicipi penganan yang disediakan, alangkah baiknya untuk mengambil sedikit demi sedikit terlebih dahulu.

3. Kontrol porsi makan anda

Seperti hari-hari lainnya, jangan makan hingga anda merasa kekenyangan. Hal ini justru akan membuat anda merasa tidak nyaman dan berpengaruh kurang baik bagi kesehatan. 

Dengan memperhatikan porsi makanan anda, bukan berarti anda tidak dapat menikmati jamuan makan saat lebaran. Kuncinya ada pada keseimbangan; misalnya, anda dapat memakan porsi besar makanan sehat dengan porsi kecil makanan tinggi kalori. Selain itu, tanyakanlah apakah anda boleh membawa makanan pulang, agar anda tidak tergoda untuk makan berlebihan

4. Jangan makan berlebihan

Ketika anda datang ke jamuan makan dengan rasa lapar, kemungkinan anda untuk menyantap makanan secara berlebihan tentulah makin besar. Usahakan sebelum datang ke jamuan makan, anda mengonsumsi cemilan ringan, seperti buah-buahan maupun sup sayuran agar anda tidak datang dengan perut yang benar-benar kosong. Selain itu, kandungan serat pada buah dan sayuran dapat mengisi perut anda dan mengurangi resiko makan berlebihan.

5. Susunlah strategi makan anda 

Menyambung poin ke-4, protein merupakan pilihan terbaik anda untuk mencapai rasa kenyang yang lebih lama serta mengurangi kandungan lemak. Dengan memilih protein sebelum mengonsumsi karbohidrat maupun makanan lainnya, anda akan lebih merasa kenyang dan tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori maupun tinggi lemak yang seringkali terhidang pada jamuan makan.

Selain itu, baik adanya untuk tetap mengonsumsi sayuran yang terhidang agar kesehatan anda tetap terjaga. Serat yang terkandung dalam sayuran juga dapat membuat anda merasa cepat kenyang dan membantu sistem pencernaan.

6. Kurangi minuman berkalori tinggi

Ketika kita mengonsumsi minuman berkalori tinggi, seringkali kita tidak menyadarinya karena tidak merasa kenyang. Ini sangatlah berbahaya apabila anda sedang menjalani diet ataupun menjaga berat badan. Minuman seperti soda atapun minuman manis lainnya jatuh ke dalam kategori kalori kosong, dimana kandungan kalorinya setara dengan makanan ringan, namun tidak membuat anda merasa kenyang. Oleh karena itu, minumlah hanya air putih saat berada di jamuan makan.

7. Jangan lupa untuk berolahraga 

Dengan berakhirnya bulan puasa, maka tidak ada alasan bagi anda untuk tidak melakukan aktifitas fisik. Olahraga sangatlah penting untuk membakar kalori berlebih dari makanan yang anda konsumsi, dan juga menjaga kesehatan anda. Pilihlah kegiatan fisik yang anda sukai, mulai dari kegiatan ringan seperti jogging, bersepeda, hiking, hingga kegiatan yang lebih intens seperti latihan beban maupun panjat tebing.

OK
OK