DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 12 February 2018
Oleh: Natasha Tanga

Pengaruh Antioksidan Terhadap Penundaan Proses Penuaan Dini

BACA JURNAL

Ketika kita membahas tentang kesehatan kulit, makanan yang banyak mengandung antioksidan tentu dijunjung tinggi sebagai salah satu sumber terbaik untuk memperlambat penuaan dini. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan serta suplemen alami seperti Relief Sari Kulit Manggis dan Relief Sari Kunyit terbukti membantu memperbaiki kesehatan kulit. Pada jurnal minggu ini, kami akan menggali lebih dalam tentang antioksidan serta pengaruhnya terhadap kulit! 

  

Apa itu antioksidan?

Antioksidan adalah substansi yang terkandung dalam bahan makanan seperti tumbuhan, buah & sayuran, teh, dan lain-lain, serta dapat juga dibuat secara sintetis untuk keperluan medis. Terdapat dalam bentuk fitokimia, vitamin dan mineral, antioksidan berperan untuk mengurangi dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Meskipun tugas utama antioksidan adalah untuk melindungi kerusakan sel, tidak semua jenis antioksidan memiliki peran yang sama. Antioksidan yang terkandung dalam sel-sel dan organ tubuh bekerja menurut fungsinya masing-masing. Maka dari itu, tidak mungkin menyamaratakan fungsi setiap antioksidan yang terkandung pada sel-sel dan organ tubuh yang berbeda. Seperti halnya tubuh memerlukan nutrisi dan varian vitamin agar tubuh befungsi dengan baik, sama halnya dengan antioksidan. Maka dari itu, variasi antioksidan yang diperoleh tubuh dari bermacam-macam makanan akan lebih bermanfaat bagi kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Apa saja contoh antioksidan yang mampu memperlambat penuaan dini?

1. Vitamin E

Antioksidan ini sudah terdapat pada kulit dan mudah diperoleh dari makanan bergizi seperti buah & sayur-sayuran, minyak bunga matahari, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk olahan susu. Vitamin E membantu produksi kolagen yang penting untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan Vitamin E tinggi untuk memperbaiki kondisi kulit anda.

2. Vitamin C

Kandungan Vitamin C yang baik untuk mengurangi tanda-tanda penuaaan banyak terdapat pada sayur-sayuran serta buah-buahan seperti jeruk. Vitamin C juga dapat membantu kelembaban serta mengurangi rona kemerahan pada kulit. 

3. Xanthones

Sebagai salah satu komponen utama yang terdapat pada manggis, riset membuktikan bahwa xanthones dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh serta mematikannya. Antioksidan ini cukup berpengaruh dalam perkembangan sel kanker dalam tubuh, membuatnya menjadi salah satu antioksidan yang berperan penting dalam membasmi kanker tanpa efek samping yang signifikan. Tentu saja, hal ini masih diteliti lebih jauh oleh pakar kesehatan dan belum ada bukti konkrit untuk menyebut xanthones sebagai obat kanker.

Selain itu, konsumsi kulit manggis dalam bentuk suplemen juga dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung karena kandungan antioksidan, anti inflamasi, serta kandungan relaksasi bagi saluran pembuluh darah.

4. Lycopene

Kandungan lycopene yang terdapat dalam tomat sangat berguna untuk memperbaiki tekstur kulit karena lycopene membantu produksi kolagen dan mengurangi kerusakan sel kulit. Untuk mendapatkan khasiat penuh, perbanyak konsumsi tomat serta suplemen Omega-3

5. Curcumin

Beberapa riset telah membuktikan bahwa kandungan curcumin yang terdapat pada kunyit mengandung antioksidan dan anti-inflamasi dan berfungsi untuk mengurangi penuaan dini serta penyakit yang memiliki kaitan dengan usia.

Curcumin juga dapat mendukung produksi kolagen serta menangkal radikal bebas. Berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kemerahan, kulit kasar dan iritasi dapat diatasi karena curcumin memiliki kandungan yang dapat memperbaiki jaringan kulit dan menyokong peredaran darah.

Fungsi lain dari pengunaan kunyit secara topikal pada kulit maupun internal, ialah mengurangi kerutan, bintik hitam, dan hiperpigmentasi. Selain itu, dapat pula mengatasi gejala eksim, psoriasis, rosacea dan penyakit kulit lainnya.

OK
OK