DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 22 May 2018
Oleh: Natasha Tanga

6 Tips untuk Memelihara Pencernaan saat Ramadhan

BACA JURNAL

Pencernaan adalah sebuah sistem tubuh yang berfungsi untuk mencerna makanan yang kita konsumsi, terutama saat Ramadhan. Memasuki minggu kedua bulan suci, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat berguna untuk melancarkan puasa anda!

1. Jangan makan berlebihan

Kebanyakan masalah kesehatan yang terjadi saat bulan puasa disebabkan oleh konsumsi makanan berlebih saat berbuka. Padahal, hal tersebut dapat menyebabkan perut kembung dan masalah pencernaan lainnya yang dapat mengganggu kelancaran berpuasa.

Penting untuk disadari bahwa sudah seharusnya makanan dikonsumsi dalam batasan normal, apalagi mengingat waktu perut kosong yang cukup lama. Selain berat badan yang naik, konsumsi makanan berlebih juga dapat menyebabkan diabetes serta penyakit jantung jika berlangsung dalam waktu yang berkelanjutan. Akan tetapi, hal yang paling sering dialami ketika makan berlebih adalah sakit perut. Hal ini terjadi ketika orang mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah besar setelah mengosongkan perut selama kurang lebih 14 jam.

Oleh karena itu, hal yang dapat dilakukan untuk menghindari kelebihan konsumsi makanan adalah dengan merencanakan menu berbuka jauh-jauh hari, memastikan bahwa makanan tersebut tidak membuat kerja pencernaan terlalu berat, dan jangan lupa dibarengi dengan meminum air putih.

2. Hindari makanan berminyak, berlemak, dan terlalu asin

Mengonsumsi gorengan saat perut kosong dapat menyebabkan masalah pencernaan, salah satunya perut kembung dan kram. Selain itu, gorengan juga tinggi akan kalori dan kurang mengandung gizi yang berguna bagi tubuh, sehingga dapat menyebabkan keletihan di bulan Ramadhan.

Jika anda mengonsumsi makanan asin, ketahuilah bahwa makanan jenis ini menyebabkan rasa haus yang konstan serta dapat menyebabkan dehidrasi. Jadi, kurangilah makanan jenis ini pada bulan puasa.

3. Konsumsilah sayur-sayuran & buah-buahan

Dikarenakan perubahan pola makan pada bulan Ramadhan, makanan kaya serat menjadi salah satu pilihan yang dianjurkan agar pencernaan tetap terjaga kesehatannya. Selain itu, serat juga membuat anda merasa kenyang lebih lama dan membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Saat sahur, sayuran yang memiliki kandungan air cukup tinggi dianjurkan untuk dikonsumsi, seperi selada dan mentimun. Sayuran jenis ini membantu tubuh tetap terhidrasi dalam jangka waktu yang lama, juga mengandung vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh. 

Saat berbuka puasa, dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan sebelum makan-makanan berat. Hal ini dapat membantu tubuh membuang sisa racun serta penyerapan vitamin dan mineral dari buah-buahan tersebut lebih optimal ketimbang mengonsumsinya sebagai pencuci mulut. Jangan lupa bahwa mengonsumsi buah jauh lebih baik daripada meminum jus buah, karena serat dalam buah tidak terbuang dan gula yang dikonsumsi juga dalam batasan wajar. 

4. Jauhilah makanan dan minuman yang mengandung gula olahan

Terutama saat sahur, kurangilah konsumsi gula maupun makanan bertepung lainnya. Karena dibuat dari karbohidrat non-kompleks, makanan tersebut tidak akan membuat anda kenyang dalam waktu yang lama. Selain itu, kandungan gizinya juga cukup rendah. Sama halnya dengan makanan, minuman yang mengandung gula seperti sirup maupun minuman bersoda juga patut dihindari karena dapat mengganggu penyerapan air dalam tubuh.

Di sisi lain, kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat bulan puasa karena efektif untuk meningkatkan gula darah. Ia merupakan alternatif yang lebih sehat ketimbang kue-kue maupun makanan manis lainnya.

5. Minumlah banyak air

Mengingat kita sudah memasuki musim panas dan cenderung lembab, sangat penting untuk mengonsumsi air putih pada saat sahur dan berbuka. Kekurangan cairan dapat berpengaruh buruk bagi tubuh, misalnya dehidrasi, konstipasi, serta beragam masalah pencernaan lainnya. Jika anda merasa kembung ataupun bosan untuk meminum banyak air, cobalah untuk mengonsumsi sup maupun buah-buahan seperti pir dan semangka yang memiliki kandungan air tinggi.

Selain itu, kurangi konsumsi kopi dan teh. Kandungan kafein di dalam kopi dapat menyebabkan insomnia serta rasa gelisah di malam hari. Kopi juga membuat anda lebih cepat haus dan membuat tenggorokan terasa kering lebih cepat.

6. Konsumsi suplemen alami untuk memelihara pencernaan

Untuk memiliki pencernaan yang sehat pada bulan Ramadan ini, jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen alami seperti Relief Sari Jahe Merah dari Herbana, yang berfungsi untuk mengurangi rasa kembung. Selain itu, Relief Sari Kunyit kami juga berguna untuk meregulasi asam lambung agar tidak mengganggu puasa anda.

OK
OK