DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 18 April 2018
Oleh: Natasha Tanga

8 Tips untuk Menjaga Keseimbangan Gula Darah

BACA JURNAL

Tentu banyak di antara anda yang menyukai makanan manis; gula dapat ditemukan dalam berbagai macam penganan pencuci mulut, snack, serta minuman. Akan tetapi, tahukah anda, terlalu banyak mengonsumsi gula dapat berakibat buruk bagi kesehatan anda? Sebagai kelanjutan dari jurnal Herbana minggu lalu, kami akan membahas beberapa langkah mudah untuk menyeimbangkan gula darah anda untuk hidup yang lebih sehat.

1. Fokus mengonsumsi karbohidrat kompleks

Penting untuk disadari bahwa karbohidrat bukanlah hal yang buruk bagi kesehatan karena pentingnya peran mereka untuk memberi energi pada tubuh serta otak. Namun, jenis karbohidrat yang baik bagi tubuh adalah karbohidrat kompleks karena sifatnya yang mengandung banyak serat dan dicerna lebih lama oleh tubuh, membuat anda tidak cepat lapar dan melepaskan energi secara konstan. Contoh karbohidrat kompleks yaitu beras merah, quinoa, kacang-kacangan, serta umbi-umbian seperti ubi dan squash.

2. Perbanyak konsumsi protein

Ketika anda mengonsumsi santapan tinggi karbohidrat, pencernaan anda dengan mudah mengubah bahan makanan tersebut menjadi glukosa. Hal ini rentan menyebabkan level gula darah naik secara tiba-tiba, membuat tubuh bekerja keras memproduksi insulin untuk menetralisir kelebihan gula dalam darah tersebut. Hal termudah untuk menghindari naik-turun drastis gula darah seperti skenario di atas adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan menggantinya dengan protein rendah lemak. Dengan sifatnya yang lebih lama dicerna tubuh, protein membuat level gula darah dalam tubuh lebih stabil untuk waktu lama. Ikan, unggas, telur, tahu, tempe, serta kacang-kacangan merupakan beberapa sumber protein yang baik untuk dikonsumsi.

3. Jangan melupakan konsumsi lemak baik

Pankreas berperan menyeimbangkan level gula darah menggunakan hormon insulin dan glukagon. Insulin bekerja memberi sinyal pada tubuh untuk menyerap kelebihan glukosa dalam darah dan menyimpannya sebagai glikogen untuk digunakan pada kemudian hari. Sedangkan, peran glukagon adalah untuk melepaskan glikogen ke dalam darah dan digunakan kembali sebagai sumber energi.  

Seperti hormon pada umumnya, lemak dibutuhkan untuk memproduksi insulin dan glukagon. Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi lemak baik seperti alpukat, mentega, dan minyak zaitun agar gula darah tetap stabil.

4. Pilihlah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah

Makanan jenis ini memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap gula darah. Selain kaya akan serat, makanan dengan indeks glikemik rendah juga melepaskan glukosa perlahan secara konstan. Ubi manis, apel hijau, buah beri, kacang-kacangan, dan oats merupakan beberapa contohnya.

5. Selalu sempatkan diri untuk makan pagi 

Banyak orang yang menganggap bahwa melewatkan makan pagi adalah sebuah hal yang wajar untuk menurunkan berat badan. Nyatanya, tanpa kalori yang didapatkan dengan makan pagi, tubuh yang membutuhkan energi malah dapat beralih kepada pembakaran dari otot. Maka dari itu, usahakanlah untuk selalu makan pagi agar menjaga gula darah tetap stabil.

6. Mengonsumsi kayu manis (cinnamon)

Sebagai salah satu tanaman herba yang digunakan bangsa Cina dan sistem kesehatan Ayurveda, kayu manis sangat berguna untuk menurunkan kandungan gula dalam darah. Kayu manis mengandung polifenol yang dapat menjaga sensitivitas insulin. Selain itu, kayu manis juga dapat mengurangi tingkat trigliserida dan kolesterol bagi penderita diabetes.

Relief Sari Kayu Manis dari Herbana siap menjawab kebutuhan suplemen kesehatan di tengah aktifitas anda. Dibuat dari ekstrak herba dan bahan-bahan alami lainnya, rasakan sendiri khasiat kayu manis yang dapat menyeimbangkan gula darah anda. 

7. Disiplinkan diri anda untuk berolahraga

Jadikan olahraga bagian dari gaya hidup anda. Berolahragalah setidaknya 3 kali dalam seminggu, mengkombinasikan antara  olahraga cardio dan latihan kekuatan. Gaya hidup aktif tidak hanya bermanfaat bagi gula darah anda, tapi juga dapat memperbaiki kesehatan secara menyeluruh.

8. Beristirahat cukup

Mendapatkan tidur malam yang cukup merupakan suatu hal yang penting bagi kesehatan, termasuk untuk menyeimbangkan gula dalam darah. Biasakanlah untuk beristirahat sekitar 7 - 9 jam setiap malam.

OK
OK