DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 25 September 2018
Oleh: Natasha Tanga

8 Alasan Mengapa Anda Harus Minum Air Secara Rutin

BACA JURNAL

Tubuh manusia terdiri dari dari setidaknya 60% air, oleh sebab itu meminum 8 gelas air sehari merupakan kewajiban pokok setiap kita. Sel-sel tubuh tidak dapat bekerja dengan baik tanpa adanya air yang cukup, serta mengonsumsi air bebas fluoride, kalsium berlebih, serta mineral berbahaya lainnya merupakan hal yang dapat ditempuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas tentang beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh dengan meminum air secara rutin.

1. Menyeimbangkan temperatur tubuh

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, dan secara alami berperan untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh. Mengonsumsi setidaknya 8 gelas air sehari dapat membantu menyeimbangkannya. Selain itu, keringat yang dikeluarkan tubuh juga berperan mendinginkan suhu tubuh, dan konsumsi air tentunya menjaga level energi tubuh akibat perspirasi.

2. Membuang zat racun dari dalam tubuh

Air berperan membawa oksigen, nutrisi, serta hormon ke segala penjuru tubuh. Selain itu, ia juga berperan dalam pembuangan racun, sel-sel mati, dan zat buangan lainnya. Protein dan enzim yang diperlukan tubuh untuk melakukan berbagai fungsi tubuh juga bergantung pada asupan air. Oleh sebab itu, sering minum air berarti semakin sering pula anda pergi ke kamar kecil dan membuang zat-zat yang tidak lagi diperlukan tubuh.

3. Membantu mencegah pembentukan batu ginjal

Air juga memiliki potensi untuk melarutkan batu ginjal. Kemampuan air untuk mengencerkan kelebihan kimia, mineral, serta garam dalam tubuh yang berpotensi membentuk batu ginjal dapat membantu mencegah terjadinya penyakit ginjal yang cukup umum ini.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Sistem pencernaan yang dipelihara dengan baik akan membuat tubuh lebih sehat. Jika anda merupakan salah satu orang yang jarang minum air, kemungkinan besar anda sering terkena masalah pencernaan, seperti sembelit maupun diare. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka dapat mengakibatkan masalah yang lebih serius, yakni luka pada perut dalam. Oleh karena itu, mengonsumsi 8 gelas air sehari dapat membantu melancarkan pencernaan dan pergerakan usus. Meski begitu, jangan minum saat anda makan. Upayakan untuk minum sebelum atau sesudah makan, dengan jarak kurang lebih 45 menit.

5. Membantu mempercepat metabolisme tubuh

Air dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh, salah satunya dapat berpengaruh terhadap berat badan. Meminum air es juga dapat memepercepat metabolisme karena faktor dingin dari es membuat tubuh harus bekerja menormalkan suhu tersebut, sehingga membakar kalori lebih banyak.

6. Menjaga kesehatan kardiovaskuler

Masalah peredaran darah dewasa ini sudah umum dialami oleh berbagai kalangan, terlepas dari usia. Riset menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi air secara rutin serta rajin berolahraga, memiliki potensi penyakit jantung yang lebih kecil dibandingkan orang lainnya. Konsumsi air membantu mempertahankan kekentalan darah, plasma, serta distribusi fibrinogen. Oleh sebab itu, minumlah banyak air agar dapat terhindar dari ancaman penyakit kardiovaskuler.

7. Memperbaiki kinerja otak

Riset menunjukkan bahwa tubuh yang terhidrasi dengan baik, dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih kompleks dibandingkan tubuh yang dehidrasi. Selain itu, minum air juga dapat membantu memperbaiki mood, memperkuat ingatan, mengurangi frekuensi sakit kepala, serta memperbaiki fungsi otak. Jika tubuh kehilangan banyak cairan, hal tersebut dapat mengakibatkan kegelisahan serta rasa letih pada tubuh.

8. Menjaga kesehatan sendi dan otot

Ada beberapa penelitian yang menyelidiki keterkaitan antara kesehatan sendi tulang dan konsumsi air. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi air secara rutin dapat melubrikasi sendi dan otot, mengurangi inflamasi, meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan sendi, membuang racun di sekitar sendi dan otot, serta menjaga agar sendi tidak kaku.

OK
OK