DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 12 September 2018
Oleh: Natasha Tanga

7 Langkah Mudah Untuk Menangani Rasa Letih pada Tubuh

BACA JURNAL

Bukan sebuah rahasia apabila hidup di perkotaan membuat anda merasa letih dan capek lebih cepat dibandingkan tinggal di pinggiran kota maupun kota kecil. Kemacetan dan keramaian tentu berkontribusi dalam fenomena ini. Meskipun menjadi sebuah masalah umum, keletihan merupakan sebuah kondisi yang harus ditangani dengan benar karena tendensinya yang tidak menghilang meskipun dengan istirahat. Biasanya, akumulasi kebiasaan yang kurang sehat menjadi salah satu penyebab utama dan dapat mempengaruhi performa kerja. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas solusi yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan keletihan dan dapat kembali beraktifitas dengan penuh energi.

1. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang

Makanan bergizi seimbang memiliki pengaruh besar terhadap apa yang anda rasakan secara fisik. Keletihan dan rasa malas bergerak akan anda rasakan ketika anda memiliki pola konsumsi makan yang kurang baik. Misalnya, tidak sarapan dapat membuat efek yang kurang baik bagi tubuh karena kekurangan bahan bakan hingga jam makan siang tiba. Selain itu, konsumsilah karbohidrat secara cukup dan tidak berlebih, agar kadar gula darah tetap seimbang dan anda tidak merasa letih dan mengantuk setelah makan siang.

2. Berolahraga untuk meningkatkan energi

Aktifitas fisik seringkali menjadi pilihan untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan mengurangi keletihan. Tubuh yang kurang fit lebih mudah merasa capek dan cenderung menjadi malas untuk berolahraga. Dengan memulai kebiasaan berolahraga, dapat membantu anda untuk menjadi lebih aktif dan bertenaga untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Misalnya, mulailah dengan menggunakan tangga ketika berada di kantor. Selain itu, olahraga seperti lari, renang serta gym juga dapat anda lakukan secara rutin.

3. Peroleh tidur yang cukup

Tubuh memerlukan istirahat malam yang cukup untuk merestorasi ulang sel-sel di dalam tubuh, oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan setidaknya tidur selama 8 jam sehari. Jika anda mengalami kesulitan untuk tertidur, cobalah untuk memperbaiki lingkungan tidur anda. Pastikan kamar tidur anda hening dan nyaman, serta hindari penggunaan gadget sebelum tidur.

4. Kurangi konsumsi kafein

Kopi pasti menjadi salah satu jawaban bagi kebanyakan orang untuk memberikan energi instan di pagi hari. Akan tetapi, konsumsi kopi pada sore menjelang malam hari perlu disiasati kembali karena dapat mengganggu pola tidur anda. Kafein yang dikandung kopi dan teh dapat menyebabkan kegelisahan dan kesulitan tidur di malam hari, yang akan berpengaruh pada tingkat energi anda pada keesokan harinya.

5. Hindari stress sebisa mungkin

Stress merupakan salah satu alasan utama orang-orang merasa letih. Oleh karena itu, menghindari stress sering kali menjadi jawaban dalam mengatasi keletihan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stress, seperti mengidentifikasi terlebih dahulu tentang hal yang membuat anda stress. Selain itu, lihatlah opsi yang anda miliki untuk mengatasi stress tersebut. Teknik relaksasi yang dapat anda lakukan pada waktu senggang, misalnya dengan pergi ke spa, mandi air hangat, maupun mendengarkan musik yang menenangkan.

6. Minum banyak air

Mengonsumsi air secara konstan sepanjang hari juga dapat menghindarkan anda dari kelelahan. Jumlah yang direkomendasikan adalah 2 liter per hari, namun ini juga tergantung kepada lingkungan pekerjaan maupun aktifitas fisik yang anda lakukan selama sehari penuh. Kekurangan minum air dapat berpengaruh kurang baik bagi kinerja otak serta fisik anda. Pastikan anda memiliki akses mudah untuk selalu rehidrasi dengan menyimpan botol minum didekat anda.

7. Mengurangi konsumsi alkohol

Meskipun alkohol memiliki reputasi sebagai relaksan cair, ia juga memiliki efek yang dapat menyebabkan anda merasa lebih letih dari biasanya. Alkohol menekan kerja syaraf pusat dan bekerja sebagai sedatif dalam tubuh, maka dari itu ia juga dapat mempengaruhi pola tidur apabila diminum sebelum istirahat malam. Pengaruh ini juga tetap berada dalam tubuh hingga keesokan paginya, dimana anda mungkin akan merasa hangover dan lebih lelah dari biasanya.

OK
OK