DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 5 November 2018
Oleh: Natasha Tanga

5 Alasan Mengapa Tidur Larut Malam Memiliki Efek Buruk Bagi Kesehatan

BACA JURNAL

Dewasa ini, banyak sekali dari kita yang memiliki jadwal padat dan pekerjaan yang tak kunjung selesai. Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, misalnya saja kemacetan, deadline, serta tumpukan pekerjaan yang tertunda. Poin-poin tersebut seringkali membuat anda stress dan berpengaruh terhadap manajemen waktu, khususnya waktu untuk beristirahat. Tahukah anda pentingnya waktu tidur bagi kesehatan tubuh? Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa alasan mengapa beristirahat tidak terlalu larut kurang baik bagi kesehatan anda dan bagaimana cara menanganinya!

1. Membuat kebiasaan makan tidak teratur dan mempengaruhi kadar gula darah

Logis bila anda merasa lapar saat anda terjaga hingga larut malam. Tentu saja, kebiasaan begadang membuat anda ingin ngemil dan akhirnya berujung pada konsumsi makanan yang kurang sehat; sebut saja mie instan dan junk food lainnya.

Hal diatas juga mempengaruhi kadar gula dalam darah. Konsumsi makanan pada larut malam dapat membuat seseorang meningkat kadar gula darahnya, dan dapat berujung pada kondisi kesehatan seperti kelelahan, sakit kepala, hingga penyakit kardiovaskuler dan kerusakan ginjal.

2. Mempengaruhi kerja otak

Apakah anda sering mengalami sakit kepala ketika tidur larut malam. Itu tandanya anda kurang istirahat dan harus memperbaiki kebiasaan tidur anda.

Tidur terlalu larut dapat mempengaruhi level konsentrasi anda dan membuat anda tidka maksimal dalam bekerja. Selain itu, ia juga mempengaruhi mood anda dan membuat anda sulit fokus dalam mengerjakan suatu hal. Ini terjadi karena kurang istirahat dapat membuat produksi hormon dalam otak, seperti serotonin, dopamin, dan kortisol menjadi terbengkalai dan mempengaruhi pikiran, mood, serta tingkat energi anda. Oleh karena itu, lebih baik adanya apabila anda merawat tubuh dengan beristirahat pada waktunya dan membuatnya beroperasi lebih optimal keesokan harinya.

3. Dalam jangka panjang, dapat menyebabkan penyakit jantung

Kekurangan waktu tidur dapat meningkatkan resiko anda terserang penyakit kardiovaskuler. Riset menunjukkan bahwa individu yang tidur kurang dari 7 jam setiap harinya meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung hingga 3 kali lipat.

Selain itu, apabila anda hanya bergadang pada akhir pekan, kebiasaan itu hanya akan memperburuk kesehatan anda dan juga meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Sebuah studi menunjukkan bahwa ketidakteraturan pola istirahat malam dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung hingga 11 persen.

4. Dapat membuat sistem imun anda melemah

Tahukah anda bahwa sistem kekebalan tubuh sangat bergantung kepada jumlah waktu tidur yang kita dapatkan setiap malam? Saat tidur, tubuh memperbaharui sistem imun tubuh dengan memproduksi hormon, protein dan substansi yang diperlukan untuk melawan penyakit. Apabila anda kekurangan tidur, maka substansi ini juga akan berkurang dan membuat kita lebih mudah terserang bakteri dan virus penyebab penyakit. Hal ini juga dapat menjadi alasan mengapa kita membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh apabila kurang beristirahat.

5. Dapat menyebabkan stress

Jika akhir-akhir ini anda merasa lebih stress dari biasanya, cobalah menilik kebiasaan tidur anda. Gejala stress biasanya terpengaruh oleh berapa lama waktu yang anda dapatkan untuk beristirahat setiap malam; semakin pendek waktu tidur anda, maka semakin buruk juga kesehatan emosi anda. Sebelum beralih kepada pil tidur untuk menjawab permasalahan tidur dan memperparah kesehatan emosi anda, ada baiknya apabila anda membaca tips yang kami paparkan berikut ini.

Apa yang harus anda lakukan untuk mencegah kebiasaan tidur terlalu larut?

Banyak hal yang dapat anda lakukan untuk menghindari kebiasaan ini, misalnya seperti tidak berolahraga sebelum tidur, menghindari konsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur, mengurangi penggunaan alat elektronik, serta membuat kondisi kondusif untuk beristirahat dengan menghindari lampu terang dan menyejukkan ruangan.

Apabila tips diatas telah dicoba dan tidak juga berhasil mengurangi kebiasaan begadang, kemungkinan besar pemicunya adalah stress yang bergelut dalam pikiran anda. Kebanyakan orang mencari solusi dengan mengonsumsi pil tidur, akan tetapi, pernahkah anda berpikir bahwa obat-obatan ini tidak menyelesaikan inti permasalahan dari gangguan tidur yang anda alami?

Sebagai produsen suplemen herbal terkemuka di Indonesia, Herbana berusaha menjawab permasalahan yang umum dialami khalayak ramai. Salah satunya melalui produk baru kami yang dibuat dari ekstrak tumbuhan alami dan khasiatnya tidak memiliki efek samping yang berarti. Dengan Balance Madia Good Night, kami mencoba untuk mencari solusi efektif bagi masalah gangguan tidur yang sering dialami kaum urban. Cobalah produk terbaru kami dan rasakan perubahan berarti bagi kesehatan anda!

OK
OK