DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 25 August 2018
Oleh: Natasha Tanga

7 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

BACA JURNAL

Jika anda merupakan salah satu penduduk kota-kota besar di Indonesia, macet merupakan pemandangan yang boleh dikatakan wajar. Seringkali pemerintah daerah menganjurkan alternatif untuk mengatasi kemacetan seperti dengan menggunakan transportasi umum dan berjalan kaki, akan tetapi permasalahan yang seringkali dialami oleh khalayak ramai adalah kurangnya infrastruktur yang memadai hingga suhu udara yang panas. Dalam jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan berjalan kaki.

1. Menjaga kesehatan jantung

Sudah menjadi sebuah rahasia umum apabila obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga berbagai penyakit kardiovaskuler lainnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak aktif. Berjalan kaki dapat menjadi salah satu solusi, oleh karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan jantung. Ketika jantung memompa darah lebih banyak, maka semakin banyak pula oksigen yang tersebar dalam sistem tubuh. Selain itu, olahraga ringan seperti berjalan kaki juga membuat otot jantung tetap aktif dan sehat.

2. Mengatur tekanan darah

Riset menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat menurunkan tekanan darah bagi orang-orang yang memiliki kecenderungan hipertensi. Rutin berjalan kaki juga memiliki pengaruh tersebut. Ketika aktifitas jantung naik akibat olahraga, aliran darah dalam tubuh menjadi semakin lancar dan transportasi oksigen dalam tubuh merata untuk kerja otot. Selain itu, saluran pembuluh darah juga menjadi rileks karena adanya aliran darah yang konstan dan menurunkan resiko stroke.

3. Menurunkan berat badan

Jika anda ingin menurunkan berat badan, bukan berarti anda harus serta-merta berolahraga secara intens ataupun membayar mahal hanya untuk menjadi member gym. Alternatif mudah yang dapat anda lakukan adalah dengan rutin berjalan kaki di pagi hari sebelum berangkat kerja, setidaknya selama 30 menit. Semakin cepat anda berjalan, semakin banyak pula kalori yang dibakar oleh tubuh. Gabungkan kebiasaan ini dengan konsumsi makanan sehat dan anda telah berada di jalan yang benar menuju berat badan ideal.

4. Sebagai terapi untuk penderita diabetes

Seperti telah dibahas pada poin sebelumnya, kelebihan berat badan dan diabetes berhubungan erat. Hal ini ditandai dengan seiring menurunnya berat badan, maka resiko diabetes juga berkurang. Berjalan kaki meningkatkan sensitivitas insulin, terutama pada individu yang mengidap diabetes tipe 1, serta menurunkan gula darah pada pengidap diabetes tipe 2.

5. Mempersiapkan fisik untuk melakukan berbagai macam olahraga

Jika anda berencana untuk memulai rutinitas olahraga baru, tentu akan menyebabkan keletihan apabila anda tidak melakukan persiapan yang matang. Cobalah untuk melatih diri untuk berjalan cepat, kemudian menambahkan kecepatan sedikit demi sedikit. Jika gaya hidup anda tidak mengharuskan anda untuk rutin bergerak, berjalan kaki pun juga memerlukan latihan agar anda merasa terbiasa. Anda mungkin dapat merasa letih pada minggu pertama maupun kedua, akan tetapi jika diteruskan, energi akan meningkat seiring dengan rutinitas berjalan kaki anda.

6. Membantu mempercepat pemulihan fisik.

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang paling mudah, murah, dan beresiko rendah ketika anda baru saja pulih dari masalah persendian, nyeri punggung, atau cedera bagian tubuh lainnya. Berjalan kaki menstimulasi dan melancarkan peredaran darah, selain itu juga mengoptimalkan fungsi jantung. Penting untuk diingat, dalam hal ini berjalan kaki patut digunakan sebagai terapi dan bukan untuk mengetes kebugaran anda. Oleh karena itu, anda sebaiknya peka terhadap kecepatan berjalan serta titik-titik nyeri pada tubuh. Disamping itu, berjalan kaki dan olahraga ringan lainnya juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu agar tidak terserang penyakit.

7. Mengurangi stress

Ketika anda berada dibawah tekanan pekerjaan maupun hal lainnya, berdiam diri di dalam ruangan seringkali malah membuat anda lebih tegang dan tidak dapat rileks. Penting untuk menyegarkan diri dan pikiran, salah satunya dengan cara berjalan kaki dan menghirup udara luar agar pikiran anda tidak kalut terus-menerus. Mengalihkan pikiran anda dari stress dengan olahraga dan berjalan kaki dapat membuat anda dapat berpikir lebih jernih dan tidak larut dalam stress.

OK
OK