DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 4 November 2018
Oleh: Natasha Tanga

7 Cara untuk Mengatasi Rasa Pegal dan Nyeri Otot

BACA JURNAL

Rasa pegal, kram dan nyeri otot merupakan hal yang biasa dialami khalayak ramai, baik tua maupun muda. Meski begitu, hal ini cukup menjadi sesuatu yang cukup mengganggu mobilitas serta kegiatan sehari-hari. Beragam penyebab yang dapat menjadi pemicu nyeri otot, diantaranya olahraga, kelainan pada bentuk kaki (flat foot), keletihan, serta hal-hal yang lebih serius seperti cedera. Selain faktor cedera yang memang harus ditangani oleh tim medis, pada jurnal minggu ini kami akan membahas beberapa cara menangani rasa pegal dan nyeri pada otot.

1. Mandi dengan air hangat

Salah satu langkah mudah untuk mengurangi rasa kram, pegal, maupun nyeri pada otot adalah dengan mandi air hangat sebelum tidur. Langkah sederhana ini berkhasiat untuk mengendurkan otot-otot yang tegang, serta memberi rasa rileks pada tubuh secara keseluruhan.

2. Berolahraga ringan

Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging aman untuk dilakukan sehari setelah olahraga berat. Rasa pegal yang mungkin anda alami yang disebabkan oleh penumpukan asam laktat pada otot dapat diatasi dengan melakukan kegiatan olahraga ringan. Hal ini jauh lebih bermanfaat untuk menangani rasa sakit ketimbang tidak melakukan kegiatan apapun. Namun, penting untuk diingat agar anda tidak memaksakan diri ketika lelah.

Selain itu, gaya hidup yang kurang aktif berpengaruh kurang baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan melemahnya otot. Apabila anda tidak melatih otot secara rutin, mereka akan kehilangan daya tahan serta kekuatannya. Hal ini membuat anda harus berusaha lebih keras untuk melakukan aktifitas sehari-hari dan lebih rentan cedera apabila harus bekerja lebih keras menggunakan otot.

3. Kurangi merokok dan konsumsi alkohol

Oksigen merupakan salah satu faktor penting dalam penggunaan otot. Konsumsi tembakau dan nikotin yang terdapat dalam rokok mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam otot, sehingga membuat rasa pegal dan nyeri semakin kentara. Selain itu, konsumsi alkohol juga memiliki dampak negatif untuk kesehatan otot karena pengaruhnya terhadap syaraf serta reaksi yang kurang baik terhadap pengobatan.

4. Konsumsi makanan sehat untuk mengurangi inflamasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan yang mengandung gula serta lemak jenuh seringkali terasa enak di lidah, namun tidak memberikan tubuh bahan bakar yang cukup untuk bekerja secara efektif. Dengan bahan bakar yang benar, tubuh bekerja lebiih efektif fdan juga terhindar dari keluhan nyeri maupun pegal. Oleh sebab itu, konsumsi makanan sehat menjadi salah satu jalan keluar untuk mengatasi nyeri otot. Selain itu, konsumsi protein dan lemak baik membantu anda membangun kekuatan tubuh dan membuat anda terhindar dari banyak penyakit.

5. Peroleh tidur yang cukup

Tidur selama 8 jam sehari penting untuk proses perbaikan tubuh. Dalam jangka waktu tersebut, oksigen lebih cepat masuk dan terserap oleh otot dan memperbaiki sel-sel serta jaringan yang rusak. Selain itu, tidur dan bangun pada waktu yang konsisten juga membantu ritme tubuh anda menjadi lebih seimbang.

6. Minum banyak air

Banyak orang yang tidak terlalu mempedulikan jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui keringat dan urin. Padahal, bila tidak diperhatikan, tubuh rentan terkena dehidrasi secara tidak disadari dan membuat tubuh bekerja lebih lambat. Ketika dehidrasi, tubuh mulai mencari sumber cairan, salah satunya pada otot. Kemudian, anda dapat merasa lebih letih dan pegal karena asam yang terkandung dan terkumpul dalam otot. Rasa pegal tersebut biasanya sulit hilang, oleh karena itu penting bagi anda untuk mengonsumsi air secara konsisten setiap hari.

7. Mengonsumsi obat-obatan alami

Solusi lain yang dapat anda pilih untuk mengurangi rasa pegal dan nyeri otot adalah dengan menggunakan obat-obatan. Banyak orang berusia lanjut yang mengonsumsi obat, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang berusia muda juga menempuh cara ini. Salah satu resiko yang seringkali datang dengan konsumsi obat-obatan adalah zat kimia yang terkandung pada bahan-bahan pembuatan obat. Oleh karena itu, banyak juga orang yang tidak mau menempuh cara ini.

Akan tetapi, kami memiliki jawaban yang lebih baik. Muscle Ease, salah satu varian dari rangkaian Balance Madia kami dapat menjadi solusi alami bagi anda. Dibuat dari jahe, kunyit, serta ginseng, formulasi herbal yang terkandung dalam obat ini aman untuk dikonsumsi kapanpun anda merasakan pegal maupun nyeri otot!

OK
OK