DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% UNTUK PEMBELIAN MINIMUM 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 7 August 2020
Oleh: Natasha Tanga

7 Kebiasaan Sehat Untuk Membangun Imunitas Tubuh

BACA JURNAL

Menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima sudah selayaknya menjadi prioritas anda, terutama saat pandemi. Meskipun tidak ada cara untuk mendapatkan kesehatan secara instan, tentunya ada beberapa kebiasaan yang dapat anda lakukan dalam gaya hidup untuk menjaga imunitas tubuh. Pada jurnal minggu ini, kami akan memberikan beberapa tips mudah yang dapat anda lakukan agar terhindar dari penyakit dan juga dapat melindungi kesehatan jangka panjang.

1. Perhatikan kebiasaan makan anda

Makan tiga kali sehari merupakan rutinitas bagi kebanyakan orang. Namun, beberapa orang terkadang melupakan sarapan, baik karena himpitan waktu maupun alasan diet. Padahal, sarapan merupakan salah satu asupan penting bagi tubuh dan menentukan tingkat energi anda hari itu. Berdasarkan penelitan, kebiasaan melewatkan sarapan juga dapat meningkatkan resiko hipertensi, gangguan metabolisme tubuh, serta menurunkan imunitas.

Selain itu, kebiasaan mengonsumsi cemilan justru dapat membantu mengontrol gula darah, mengurangi nafsu makan, sekaligus menjaga daya tahan tubuh. Tentunya hal ini tergantung pada jumlah porsi dan jenis makanan yang anda konsumsi sebagai cemilan. Misalnya bahan makanan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan yogurt.

2. Konsumsi protein yang cukup

Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh dan jaringan seperti kulit, menjaga massa otot, serta mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Riset telah menunjukkan bahwa kekurangan protein dapat menurunkan imunitas, karena nutrisi yang terkandung pada protein (asam amino) dibutuhkan tubuh untuk memproduksi antibodi. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan kaya protein, seperti daging merah, daging unggas, ikan, serta kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral

Seperti halnya protein, kekurangan vitamin dan mineral juga menjadi salah satu fakktor turunnya daya tahan tubuh. Beberapa vitamin penting yang diperlukan tubuh antara lain vitamin A, C, dan E. Vitamin A berperan dalam pembentukan sel darah putih yang berfungsi untuk melawan penyakit sebelum menginfeksi tubuh, vitamin C yang melindungi dari efek samping radikal bebas dan menyempurnakan penyerapan zat besi dalam tubuh, serta vitamin E yang berperan sebagai antioksidan, melindungi sel-sel dari radikal bebas, dan melancarkan jalan darah. 

4. Kurangi atau hindari konsumsi alkohol

Bagi sebagian orang, konsumsi alkohol telah menjadi gaya hidup. Meski begitu, membatasi konsumsi ataupun sama sekali menghindari alkohol merupakan kebiasaan baik untuk membangun daya tahan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol secara berlebihan mempengaruhi kerja sel dendritik, yang memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari penyusup. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa konsumsi alkohol berhubungan erat dengan peningkatan resiko infeksi virus ataupun bakteri.

5. Rutin minum air

Cuaca Indonesia yang panas dan lembab membuat kita harus mengonsumsi air secara cukup agar tidak dehidrasi. Selain dari menjaga konsentrasi, ternyata konsumsi air yang cukup memiliki efek yang baik bagi imunitas. Hal ini berkaitan erat dengan fungsi air dalam menjaga metabolisme tubuh, dimana air dapat membantu membuang toksin dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

6. Penanganan stress

Meskipun poin ini terkadang sulit dihindari, manajemen stress penting dilakukan agar kesehatan dan daya tahan tubuh anda tidak terganggu. Ketika stress, tubuh memproduksi hormon kortisol yang berfungsi mengaktifkan respon imun. Namun, apabila stress berlangsung terus-menerus (kronis), terjadi resistensi dalam tubuh dan hormon kortisol tidak lagi dapat mengaktifkan sistem imun, membuat anda lebih rentan terkena penyakit.

7. Berolahraga secara teratur

Terakhir, aktifitas fisik memiliki manfaat penting dalam membangun daya tahan tubuh, asal dilakukan secara berkala dan tidak berlebihan. Riset menunjukkan bahwa imunitas justru dapat menurun akibat olahraga berat ataupun lebih dari takarannya. Berolahragalah setidaknya 30 menit setiap hari agar metabolisme tubuh tetap terjaga dan sirkulasi tetap lancar, khususnya sirkulasi sel darah. Selain itu, olahraga rutin juga dapat membantu mengurangi tingkat stress. Alangkah baiknya apabila anda juga berolahraga di luar ruangan. Selain pertukaran udara yang lebih baik, anda juga terekspos sinar matahari yang kaya vitamin D, membuat daya tahan tubuh anda lebih kuat dan resiko sakit berkurang.

OK
OK