DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 18 October 2019
Oleh: Natasha Tanga

7 Kebiasaan yang Dapat Membantu Meningkatkan Energi Anda

BACA JURNAL

Sesekali merasa lelah dan tak bertenaga merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, apabila anda sering merasa lelah, bisa jadi hal ini merupakan tanda bahwa anda perlu merubah gaya hidup anda. Menelaah kebiasaan anda sehari-hari diperlukan untuk mengetahui penyebab anda selalu merasa lelah. Pada jurnal kali ini, kami akan memberikan beberapa kebiasaan sederhana yang dapat dilakukan untuk memperbaiki tingkat energi anda.

1. Peroleh tidur yang cukup

Saat anda tidur, tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak serta membuang racun yang telah terkumpul saat anda beraktifitas. Oleh karena itu, ketika mengalami kekurangan tidur, bukan menjadi suatu hal yang aneh apabila anda merasa lebih lelah dan kurang produktif pada hari berikutnya. Padahal kekurangan tidur dapat mengganggu mood anda, mengurangi konsentrasi dan daya ingat, serta serentetan masalah lainnya, seperti kenaikan berat badan, gangguan kelenjar adrenal, resistensi insulin, bahkan ancaman kematian. Oleh karena itu, pastikan anda mendapatkan tidur yang cukup, setidaknya 8 jam sehari, agar anda mendapatkan energi yang diperlukan untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

2. Minum air secara rutin

Air merupakan substansi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk fungsi metabolisme tubuh. Air memiliki banyak fungsi, termasuk menjadi alat distribusi nutrisi ke seluruh tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kestabilan temperatur tubuh, melancarkan detoksifikasi, melindungi persendian, memperbaiki konsentrasi, termasuk juga menjaga kestabilan energi.

3. Mengonsumsi makanan mengenyangkan yang kaya nutrisi

Menjaga kestabilan gula darah merupakan hal yang penting untuk dipahami apabila anda ingin memperbaiki tingkat energi dalam tubuh. Seringkali, ketidakstabilan glukosa dalam darah menjadi penyebab anda mengonsumsi snack ataupun makanan penuh gula lainnya. Oleh karena itu, pastikan anda mengonsumsi makanan yang bernutrisi saat makan siang. Atur porsi anda agar sayuran dan protein lebih banyak ketimbang karbohidrat. Dengan melakukan ini, respons insulin akan berkurang, menjadikan proses pencernaan tubuh lebih optimal dan kadar gula darah lebih stabil. Selain itu, anda juga akan cenderung tidak menginginkan makan makanan ringan atau makanan manis lainnya, membuat gula darah tetap terkontrol.

4. Kurangi konsumsi gula dan makanan olahan

Ketika anda merasa lelah, hal pertama yang timbul di pikiran adalah untuk makan, bahkan terkadang mengonsumsi makanan yang kaya akan gula. Meskipun tubuh memerlukan glukosa untuk bekerja dengan baik, mengonsumsi terlalu banyak gula dapat mengacaukan tingkat energi anda. Makanan olahan dan makanan yang kaya gula termasuk dalam simple carbohydrates, yang cepat dicerna oleh tubuh dan cepat memberikan tenaga, namun juga cepat menaikan level gula dalam darah dan penurunan energi yang signifikan. Oleh karena itu, perhatikan konsumsi gula anda sehari-hari agar tidak mengganggu energi dan kerja tubuh.

5. Berolahraga secara teratur

Meskipun anda seringkali memilih untuk tidak melakukan apapun ketika merasa lelah, berolahraga justru dapat meningkatkan energi anda. Riset telah menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan tenaga secara efektif dan melawan gejala kelelahan. Dengan menyisihkan waktu 15-30 menit untuk berolahraga setiap harinya, cukup bagi tubuh untuk mendapatkan oksigen, meningkatkan metabolisme dan kerja otak. Selain itu, olahraga juga melancarkan sistem limpa dalam membuang toksin dari dalam tubuh, yang penting bagi kesehatan pikiran serta meningkatkan sensivitas insulin.

6. Beraktifitas diluar ruangan

Apabila anda sehari-hari bekerja dalam ruangan, sempatkan waktu pada akhir minggu atau waktu lainnya untuk beraktifitas di luar ruangan dan terkena matahari. Terekspos matahari memberikan tubuh vitamin D, yang mana merupakan vitamin penting bagi kesehatan tulang serta meningkatkan stamina tubuh.

7. Mengonsumsi suplemen

Seberapa baik tubuh bekerja juga tergantung pada mikronutrien yang kita dapatkan dari makanan. Apabila anda mengalami rasa lelah yang berkelanjutan, penting untuk mengamati vitamin dan mineral yang mungkin kurang anda peroleh. Biasanya, kekurangan zinc, rangkaian vitamin B, yodium, serta vitamin D dapat mengganggu energi anda.

Oleh karena itu, mengonsumsi suplemen dapat membantu anda mengatasi kekurangan vitamin dan mineral, serta membantu mengatasi permasalahan tubuh lainnya yang dapat berpengaruh pada tingkat energi. Seperti keseimbangan gula darah yang dapat diatasi dengan mengonsumsi Relief Sari Kayu Manis dari Herbana. Ekstrak tumbuhan alami yang terkandung pada suplemen ini aman dikonsumsi setiap hari, tanpa efek samping yang berarti.

OK
OK