DAPATKAN DISKON 20% DENGAN PEMBELIAN MINIMAL IDR 350K

EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 24 January 2020
Oleh: Natasha Tanga

7 Cara untuk Membuat Anda Merasa Kenyang Lebih Lama

BACA JURNAL

Mengonsumsi makanan ringan merupakan kebiasaan yang sering dilakukan di antara waktu makan besar. Biasanya, kebiasaan ini dilakukan oleh mereka yang merasa lapar maupun bosan dan makan hanya untuk sekedar melewatkan waktu. Meski begitu, porsi snack harus tetap dibatasi, terutama apabila anda mengonsumsi snack yang rendah nutrisi, agar anda tidak mengalami kenaikan berat badan dan menjaga kesehatan. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghindari kebiasaan snacking dan tetap kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

1. Minum air secara teratur

Beberapa orang memilih untuk minum air terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan mereka agar lebih cepat merasa kenyang. Hal ini tentunya dapat dilakukan, namun pastikan anda minum setidaknya 10-15 menit sebelum makan. Selain itu, anda juga dapat minum air ketika rasa lapar melanda karena terkadang otak memberi sinyal lapar ketika anda sebenarnya haus ataupun kurang mengonsumsi cairan. 

2. Konsumsi karbohidrat yang cukup pada setiap waktu makan

Beberapa orang mungkin terbiasa makan dengan porsi yang sedikit, namun hal ini juga membuat mereka cepat lapar dan beralih mengonsumsi snack. Oleh karena itu, pastikan anda selalu mengonsumsi karbohidrat yang cukup setiap kali makan. Karbohidrat penting untuk dikonsumsi, terutama sebagai bahan bakar bagi otak agar dapat bekerja dengan baik dan membuat tubuh tetap berenergi. Oleh karena itu, wajar jika seseorang yang kurang mengonsumsi karbohidrat mengompensasi kekurangan tersebut dengan makan makanan ringan.

3. Jangan lupa untuk mengonsumsi protein

Di sisi lain, mengonsumsi karbohidrat di mayoritas porsi makan anda tentu saja tidak cukup, karena karbohidrat dicerna secara cepat oleh tubuh dan membuat anda cepat merasa lapar. Oleh karena itu, pastikan anda juga mengonsumsi protein setiap kali makan, seperti daging merah, ikan, ayam, atau telur, agar anda merasa kenyang lebih lama.

4. Konsumsi lemak sehat

Komponen lain yang penting agar anda tidak cepat merasa lapar adalah mengonsumsi lemak. Tentunya lemak sehat yang diutamakan, mengingat lemak ini memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan. Sebagai contoh, konsumsilah lemak yang berasal dari alpukat, kelapa, almond, dan minyak zaitun. Mendapatkan asupan lemak sehat setiap hari penting agar anda merasa kenyang dengan cara yang sehat.

5. Pilihlah makanan ringan yang bergizi

Konsumsi makanan ringan tentu saja tidak dilarang, namun hendaknya anda bijak dalam memilih makanan tersebut. Sayuran dan buah-buahan menjadi kandidat yang tepat untuk mengisi perut di antara waktu makan. Kandungan nutrisi, serat, serta air di dalamnya tidak hanya dapat menahan lapar, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

6. Miliki jadwal makan yang teratur

Akibat kesibukan sehari-hari, banyak orang yang memiliki jadwal makan yang berantakan. Hal ini disayangkan karena jadwal makan yang teratur tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sedang menjalankan diet dan memantau asupan kalori, tetapi juga dapat membantu menertibkan pola makan, membuat metabolisme tubuh tetap lancar dan mengurangi keinginan untuk snacking.

7. Sibukkan diri anda

Seperti telah disebutkan sebelumnya, terkadang kebiasaan snacking terjadi bukan hanya karena merasa lapar, tetapi karena anda merasa bosan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyibukkan diri dan melakukan berbagai hal yang dapat menyita perhatian dan waktu anda, agar keinginan snacking hilang. Riset juga telah menunjukkan bahwa kegiatan seperti berolahraga ringan juga dapat membantu mengurangi keinginan snacking dan menjaga kalori yang masuk dalam tubuh tetap terkontrol dengan baik.

OK
OK