DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Kesehatan 31 December 2021
Oleh: Natasha

5 Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Produktivitas di Tahun Baru Ini

BACA JURNAL

Menyambut tahun baru, tentunya banyak perubahan yang dapat anda lakukan demi memperbaiki kehidupan. Mulai dari segi kesehatan, pekerjaan, maupun hubungan antar sesama, pastikan bahwa perubahan yang anda ingin capai memiliki pengaruh yang positif bagi kehidupan anda. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas anda di tahun yang baru ini, sekaligus manfaat yang diberikannya bagi kesehatan anda.

1. Hindari tidur terlalu malam dan biasakan bangun pagi

Seperti hal-hal lainnya, persiapan yang baik dan matang penting adanya agar anda dapat memiliki performa maksimal. Sama halnya dengan kebiasaan tidur yang anda lakukan di malam hari, akan menentukan tingkat energi yang akan anda dapatkan di pagi hari. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mendapatkan istirahat cukup, salah satunya dengan mengatur waktu tidur malam dan bangun pagi pada kisaran waktu yang selalu sama setiap harinya. Memiliki jadwal tetap untuk tidur dan bangun di pagi hari dapat membantu ritme sirkadian anda tetap stabil dan tidak menimbulkan gangguan tidur. Anda juga dapat mengurangi konsumsi kafein dan hindari melakukan olahraga ataupun bekerja sebelum tidur untuk memperkecil kemungkinan terjadinya insomnia.

2. Ciptakan suasana kerja yang kondusif

Seringkali, pekerjaan yang mudah terasa berat apabila anda tidak didukung fasilitas ataupun suasana yang mendukung. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal seperti ini, misalnya dengan membuat area khusus untuk bekerja agar dapat lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Menjaga area kerja ini tetap rapi dan bersih juga dapat mempengaruhi konsentrasi dan meminimalisir distraksi yang dapat terjadi. Area kerja ini sebaiknya anda tempatkan pada ruangan yang memiliki penerangan baik, serta suhu yang nyaman dan cenderung hening, agar anda lebih mudah untuk berkonsentrasi.

3. Hindari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi

Seperti telah disebutkan sebelumnya, distraksi dalam berbagai macam bentuk dapat mengganggu konsentrasi anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Tentunya hal ini berbeda-beda bagi setiap orang, namun ada beberapa faktor yang membuat anda kehilangan fokus dan sulit untuk bekerja dengan efektif. Misalnya saja gangguan dari segi suara, hingga internet dan media sosial.

Oleh karena itu, membatasi akses terhadap hal-hal ini penting untuk dilakukan saat waktu bekerja agar konsentrasi tetap terjaga. Anda dapat mematikan gawai saat bekerja, ataupun memblok sementara situs-situs media sosial yang cenderung anda akses setiap harinya.

4. Rencanakan hari anda

Meskipun anda merupakan seseorang yang lebih menyukai spontanitas, bukan berarti anda tidak dapat memiliki sedikit struktur dalam kehidupan sehari-hari. Mengatur waktu dan menyusun jadwal harian misalnya, dapat memberikan anda gambaran alokasi waktu bekerja, istirahat, serta kegiatan lainnya. Hal ini sebaiknya diterapkan agar anda bisa lebih fokus dan melakukan berbagai hal yang perlu diselesaikan setiap harinya. Jadwal harian juga membantu anda mengatur beban pekerjaan serta mendapatkan waktu istirahat, terutama saat anda bekerja di luar kantor.

5. Atur waktu untuk beristirahat

Terakhir, melakukan pekerjaan yang menumpuk tentunya kurang baik bagi tingkat produktivitas anda. Tingkat konsentrasi yang menurun serta performa yang kurang maksimal menjadi dua hal utama yang dapat terjadi apabila anda berusaha melakukan banyak hal sekaligus. Inilah mengapa pengaturan jadwal, seperti telah disebutkan pada poin sebelumnya, menjadi sangat penting, terutama jika anda ingin menyisihkan waktu untuk melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan.

Waktu beristirahat yang anda gunakan untuk berkumpul bersama keluarga, teman-teman, ataupun melakukan hal lain yang anda senangi memiliki manfaat yang baik bagi pikiran anda. Layaknya baterai yang telah diisi kembali, waktu istirahat juga memberikan anda pikiran yang lebih fokus dan jernih untuk menyelesaikan pekerjaan yang akan datang, sekaligus membuat emosi anda lebih stabil.

OK
OK