DAPATKAN POTONGAN HARGA 20% DENGAN MIN. PEMBELIAN 350K
EN   ID
Search Herbana
Keranjang (0) IDR 0
EN   ID
Health 4 June 2021
Oleh: Natasha Tanga

5 Kebiasaan yang Dapat Anda Lakukan untuk Meningkatkan Imunitas

BACA JURNAL

Sebagai sebuah sistem yang kompleks, tubuh memiliki mekanismenya sendiri dalam melindungi tubuh dari serangan penyakit. Sistem ini dikenal sebagai imunitas atau daya tahan tubuh, yang terdiri dari sel-sel serta protein yang memiliki kemampuan mendeteksi serta menyembuhkan infeksi di dalam tubuh. Seberapa baiknya tingkat imunitas anda tentu tergantung dari gaya hidup yang dijalani. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa kebiasaan yang dapat membantu anda meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

1. Mengurangi konsumsi alkohol dan berhenti merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan, dan beberapa riset telah menunjukkan bahwa kebiasaan ini dapat menurunkan daya tahan tubuh. Asap rokok, misalnya, memiliki efek buruk bagi kesehatan paru-paru karena memperbesar resiko inflamasi. Kandungan nikotin pada rokok tradisional maupun rokok elektronik juga dapat meningkatkan kortisol dalam tubuh serta mengurangi produksi antibodi, sehingga mengurangi kemampuan tubuh melawan serangan virus maupun bakteri.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol juga sebaiknya dikurangi, karena dapat mempengaruhi imunitas. Beberapa studi menunjukkan bahwa satu kali konsumsi alkohol dapat menurunkan imunitas hingga 24 jam, sehingga tubuh lebih rentan terserang infeksi dari virus maupun bakteri. Efek yang lebih buruk dialami oleh orang-orang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar atau jangka waktu yang lama, meski begitu alangkah baiknya untuk mengurangi atau sama sekali tidak mengonsumsi alkohol agar daya tahan tubuh selalu prima.

2. Mendapatkan tidur yang cukup

Tidur merupakan hal yang penting dilakukan agar tubuh dapat meregenerasi sel-sel dalam tubuh. Memperoleh waktu tidur yang cukup juga penting dalam meningkatkan imunitas. Riset menunjukkan bahwa tidur yang cukup dapat meningkatkan produksi sel T dan cytokine, yang penting dalam usaha melawan bakteri dan virus. Oleh karena itu, gangguan tidur seperti insomnia dapat menurunkan produksi sel-sel serta hormon ini, yang mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh.

3. Mengurangi konsumsi gula

Selain memproses seluruh makanan yang anda konsumsi, sistem pencernaan juga memeiliki peranan penting dalam menjaga data tahan tubuh. Itulah sebabnya mengapa diet anda mempengaruhi tinggi rendahnya imunitas. Sebagai contoh, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula dapat menurunkan daya tahan tubuh, karena makanan tersebut meningkatkan kadar gula dalam darah dan mempengaruhi performa sel darah putih dalam menangani bakteri penyusup. Konsumsi gula berlebih juga berarti kalori yang anda konsumsi lebih besar, dan apabila anda memiliki gaya hidup yang kurang aktif juga dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan membuat tubuh lebih rentan inflamasi.

Tentu saja, tidak semua gula memiliki pengaruh buruk bagi tubuh. Mengonsumsi gula alami yang berasal dari buah-buahan misalnya, baik untuk tubuh karena juga mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan. Kurangilah konsumsi makanan manis yang diproses, seperti kue-kue dan minuman ringan, karena kadar nutrisi yang dikandungnya cukup sedikit dan memiliki efek yang kurang baik bagi tubuh apabila dikonsumsi jangka panjang.

4. Membiasakan diri memiliki gaya hidup aktif

Di saat pandemi ini, banyak kegiatan sehari-hari yang dilakukan dari rumah. Meski begitu, olahraga hendaknya tetap dilakukan secara rutin demi menjaga kesehatan. Beberapa studi menunjukkan bahwa kurangnya gerak fisik dapat menurunkan kemampuan tubuh melawan penyakit. Dapat disimpulkan bahwa jarang melakukan olahraga dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan menurunnya imunitas dan memicu inflamasi dalam tubuh, yang juga dapat menyebabkan penyakit kronis.

Sisihkan waktu sejenak untuk berolahraga setiap hari, setidaknya 30 menit sehari. Berbagai pilihan berolahraga dapat anda lakukan, mulai dari jogging, bersepeda, berenang, hingga melakukan olahraga di rumah seperti latihan beban. Olahraga intensitas ringan hingga sedang memiliki manfaat baik bagi daya tahan tubuh anda, tetapi sebaliknya dengan olahraga intensitas berat yang dapat membuat tubuh kelelahan. Hal tersebut justru dapat menurunkan imunitas, terutama bila anda tidak terbiasa melakukannya.

5. Mengonsumsi suplemen untuk memperkuat daya tahan tubuh

Sebagai usaha meningkatkan imunitas, mengonsumsi suplemen alami juga dapat membantu melengkapi nutrisi yang anda perlukan untuk membangun proteksi terhadap serangan virus dan bakteri. Sebagai contoh, Relief Sari Kulit Manggis, Meniran, serta Jinten Hitam dari Herbana dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan dibuat dari 100% ekstrak tumbuhan alami. Jika anda memiliki gaya hidup aktif, anda juga bisa mengonsumsi Balance Madia Immunosupport dari Herbana. Campuran meniran, daun kelor, serta ekstrak kunyit di setiap kapsulnya membantu anda menjaga imunitas tubuh agar tetap berfungsi optimal.

OK
OK